Home » Blog » 8 Manfaat Apel Merah untuk Ibu Hamil Tetap Bugar

8 Manfaat Apel Merah untuk Ibu Hamil Tetap Bugar

manfaat apel merah untuk ibu hamil

Apel merah menjadi buah favorit segala usia. Rasanya lezat, mudah ditemukan dan kaya nutrisi untuk kesehatan. Satu buah apel merah mengandung vitamin A, C, E, K, folat, magnesium, kalium dan kalsium. Apel merah juga kaya serat, karbohidrat dan protein. 

Kandungan zat gizi pada apel merah cukup lengkap untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Apel merah cocok dikonsumsi oleh ibu hamil yang perlu asupan nutrisi lengkap setiap harinya. Ibu hamil biasanya mudah lapar karena harus membagi nutrisinya dengan bayi dalam kandungan. Apel merah cocok dijadikan camilan yang mengenyangkan dan sehat. 

Sahabat sehat, silakan simak lebih detail apa saja manfaat apel merah untuk ibu hamil!

Menyehatkan Pencernaan

Ibu hamil lebih rentan terkena gangguan pencernaan karena perubahan hormon dan membesarnya rahim. Ibu hamil memerlukan asupan serat dan vitamin yang cukup untuk menjaga kesehatan organ pencernaannya. Manfaat apel merah untuk ibu hamil salah satunya adalah sebagai sumber serat alami untuk menjaga kesehatan pencernaan. 

Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

Produksi sel darah merah pada masa kehamilan bisa menurun karena kurangnya asupan zat besi. Mengonsumsi apel merah yang kaya akan zat besi dapat menjaga tubuh agar tidak kekurangan sel darah merah. Kekurangan sel darah merah bisa menyebabkan ibu hamil mudah lemas hingga anemia.

Menjaga Ibu Hamil Tetap Berenegi

Cara agar ibu hamil tetap bugar dan berenergi dengan mencukupi asupan nutrisinya. Buah apel merah mengandung zat gula sederhana seperti glukosa, sukrosa, fruktosa.  Zat gula sederhana pada buah apel berguna untuk membantu tubuh menghasilkan energi yang cukup. 

Meredakan Rasa Mual

Ibu hamil mudah merasa mual, khususnya pada masa awal kehamilan. Rasa buah apel merah yang manis dan segar sangat berpengaruh dalam meredakan rasa mual pada masa kehamilan. 

Mencegah Gejala Diabetes

Ibu hamil cenderung suka camilan manis untuk meredakan rasa mual dan memperbaiki mood. Sayangnya, mengonsumsi makanan manis berisiko terkena diabetes. Oleh karena itu, ibu hamil perlu lebih cermat memilih camilan manis yang sehat dan tidak menyebabkan diabetes seperti apel merah.

Menjaga Kesehatan Mulut

Kandungan vitamin C pada buah apel ikut membantu menjaga kesehatan mulut. Sebagian ibu hamil mengalami meningkatnya sensitifitas pada mulut. Ibu hamil jadi mudah sariawan. Manfaat apel merah untuk ibu hamil di antaranya membantu ibu hamil terhindar dari sariawan, gusi berdarah dan bau mulut.

Mencegah kram kaki

Perubahan hormon dan perubahan berat padan saat hamil membuat ibu hamil kurang nyaman dalam beraktivitas. Ibu hamil yang kekurangan asupan mineral mudah mengalami kram kaki. Untuk mencegah hal ini, ibu hamil bisa mengonsumsi apel merah yang kaya mineral seperti kalium, kalsium dan magnesium. 

Menjaga Asupan Cairan Tubuh

Volume darah pada masa kehamilan bisa meningkat hingga 45%, sehingga ibu hamil butuh asupan cairan dan kalium yang lebih banyak. Apel termasuk buah dengan kadar air cukup tinggi dan kaya kalium. Manfaat apel merah untuk ibu hamil sangat penting dalam menjaga asupan cairan tubuh dan elektrolit.   

 

Manfaat apel merah untuk ibu hamil sangat beragam, Sahabat sehat. Apel merah membantu terpenuhinya asupan nutrisi selama masa kehamilan. Ibu hamil jadi lebih bugar dan terjaga daya tahan tubuhnya dengan rutin konsumsi apel merah. Apel merah fuji  sangat segar dan kaya vitamin, cocok dikonsumsi ibu hamil. Apel merah fuji bisa dimakan langsung, diolah jadi jus, smoothie atau salad buah. 

 

 

Photo by Matheus Cenali from Pexels