Home » Blog » 7 Manfaat Buah Blueberry bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Buah Blueberry bagi Kesehatan Tubuh

manfaat blueberry

Semua varian berry memang terkenal sangat kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral, terlebih buah blueberry. Buah berwarna biru keungu-unguan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Lantas, apa manfaat buah blueberry?

Manfaat Blueberry

Blueberry mengandung senyawa antioksidan, vitamin C, vitamin E, vitamin B6, dan vitamin K. Selain itu, blueberry juga terdiri dari karbohidrat kompleks dengan mineral yang beragam, seperti seng, mangan, tembaga, dan zat besi.

Maka dari itu, akan ada banyak sekali manfaat blueberry bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Menangkal Radikal Bebas

Sahabat Sehat pasti sudah tahu bahwa buah blueberry sangat kaya akan antioksidan. Salah satu antioksidan yang terkandung dalam buah asam manis ini adalah anthocyanin. Adapun, fungsi antioksidan ini adalah untuk menetralisir sekaligus menangkal radikal bebas.

Bila dihiraukan, radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini hingga penyakit berbahaya lainnya. Selain itu, blueberry juga mengandung antioksidan phytonutrient. Nantinya, kandungan ini akan menyerap radikal bebas serta membuangnya bersamaan dengan keringat dan kotoran. 

  • Mengatasi Obesitas

Hampir semua jenis buah mampu membantu melancarkan program diet Sahabat Sehat. Salah satu jenis buah yang cocok untuk dijadikan sebagai camilan diet adalah blueberry. Pasalnya, buah ini mengandung sedikit kalori dan kaya akan serat.

Selain itu, buah ini juga mengandung polyphenol yang mampu melancarkan pencernaan, sehingga mempercepat pembuangan sisa makanan. Namun, konsumsi blueberry harus dibarengi dengan olahraga dan istirahat yang teratur.

  • Menurunkan Kolesterol

Manfaat buah blueberry selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Menurut beberapa penelitian, buah ini mampu merangsang protein reseptor dalam sel. Protein inilah yang memiliki peran vital dalam menurunkan kolesterol.

Selain itu, buah ini juga mengandung pektin dalam jumlah tinggi. Adanya serat larut air ini berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat dan menggantikannya dengan high-density lipoprotein atau kolesterol baik.

  • Meredakan Nyeri Otot

Selanjutnya, konsumsi blueberry dapat meredakan nyeri otot. Setelah melakukan aktivitas olahraga, buah ini dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat untuk dikonsumsi.

Blueberry mampu memperbaiki jaringan dan mencegah peradangan pada otot. Selain itu, kandungan nutrisi pada blueberry juga mampu meningkatkan kekuatan otot dan meminimalisir rasa pegal.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Sebagian besar orang pasti pernah melupakan hal-hal tertentu, baik itu hal kecil maupun hal besar. Pada suatu penelitian, disebutkan bahwa orang-orang yang tidak mengonsumsi blueberry mengalami penurunan daya ingat hingga 20%.

Dijelaskan, blueberry mampu merangsang aliran darah dan oksigen ke otak. Jadi, pikiran akan tetap aktif dan akhirnya Sahabat Sehat mampu mengingat banyak hal.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Darah tinggi atau hipertensi banyak diderita masyarakat. Meskipun tidak terlalu mengganggu, tapi jika dibiarkan, hipertensi dapat memicu penyakit berbahaya lainnya, seperti stroke.

Dengan mengonsumsi blueberry secara rutin, fungsi pembuluh darah akan lebih optimal. Selain itu, tekanan darah sistolik juga dapat diturunkan secara berkala.

  • Meminimalisir Resiko Kanker

Banyaknya masyarakat yang terkena kanker membuat Sahabat Sehat harus selalu siaga. Buah blueberry sendiri memang mengandung banyak antioksidan, seperti lycopene, zeaxanthin, vitamin C, dan lutein.

Kandungan ini mampu menangkal radikal bebas yang terdapat pada asap rokok. Sebagaimana diketahui, radikal bebas dapat memicu stres oksidatif, radang otak, dan kerusakan sel.

Efek radikal bebas juga sangat membahayakan, yakni memicu pertumbuhan sel kanker pada paru-paru, esofagus, usus, dan pankreas. Dengan mengonsumsi buah ini, Sahabat Sehat bisa terlindungi dari kanker ganas yang menyebabkan kematian.

Selain itu, ada pula kandungan folat yang berperan dalam perbaikan dan sintesis DNA. Secara tidak langsung, pembentukan sel kanker akan terhambat akibat mutasi DNA.

Selain beberapa manfaat buah blueberry yang sudah disebutkan di atas, buah ini juga mampu meminimalisir resiko penyakit jantung, menjaga kesehatan kulit, dan meningkatkan kekebalan. Tentu saja manfaat itu bisa didapatkan jika Sahabat Sehat mengonsumsi blueberry Sesa yang segar dan bernutrisi.

 

Referensi: Hellosehat