Home » Blog » 5 Manfaat Castor Oil, untuk Wajah Bengkak dan Kantung Mata

5 Manfaat Castor Oil, untuk Wajah Bengkak dan Kantung Mata

manfaat castor oil untuk wajahCastor oil atau minyak jarak merupakan salah satu jenis minyak nabati yang telah digunakan sejak zaman mesir kuno. Bahan dasar pembuatan Castor oil berasal dari biji tanaman Ricinus Communis.

Biji dari castor oil ini sebenarnya mengandung zat ricin yang merupakan jenis enzim beracun, namun bersamaan dengan proses ekstraksi minyak dari biji castor yang dipanaskan, enzim tersebut akan hilang dan castor oil menjadi aman untuk digunakan.

Saat ini castor oil banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kosmetik untuk kecantikan. Selain untuk bahan kosmetik, caster oil juga memiliki manfaat lain, berikut merupakan manfaat castor oil untuk wajah yakni:

Membantu Mengurangi Jerawat

Salah satu manfaat castor oil untuk wajah yakni membantu mengurangi jerawat. Jika Sahabat Sehat memiliki masalah kulit berjerawat,castor oil dapat menjadi alternatif solusi yang wajib untuk dicoba. Castor oil memiliki kemampuan untuk menyerap debu, kotoran dan minyak hingga ke lapisan dalam kulit, sehingga dapat mengurangi peradangan yang menimbulkan jerawat, selain itu castor oil juga diyakini mampu melawan pertumbuhan bakteri pada kulit.

Dijadikan Pelembap Alami 

Manfaat castor oil untuk kecantikan yang selanjutnya yakni dapat dijadikan sebagai pelambap alami wajah. Castor Oil merupakan minyak pelembap yang cocok untuk semua jenis kulit karena terbuat dari 100% Castor Oil murni.

Minyak ini dapat menghaluskan sekaligus melembapkan kulit, selain itu juga dapat digunakan sebagai face oil dan perawatan rambut. Castor oil memiliki kandungan asam risinoleat yang mana merupakan jenis asam lemak tak jenuh tunggal.

Caster oil biasanya mempunyai tingkat konsistensi yang tergolong kental dan seringkali dikolaborasikan dengan minyak ramah kulit lainnya, seperti: almond, minyak kelapa dan juga zaitun guna menjadi bahan pelembap yang menghidrasi.

Mengatasi Masalah Bibir Kering

Castor oil merupakan bahan yang sangat umum digunakan sebagai bahan lipstick dan lip gloss. Dengan menggunakan castor oil, bibir yang kering dapat terlihat lebih lembap dan berwarna.

Mengurangi Bengkak pada Wajah

Manfaat castor oil untuk wajah yang selanjutnya adalah dapat mengurangi bengkak pada wajah. Castor oil mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat berguna untuk mengurangi pembengkakan pada wajah. Kandungan asam ricinoleic yang dimiliki castor oil mampu mengurangi rasa sakit dan meredakan peradangan pada kulit.

Mengatasi Kantung Mata

Manfaat castor oil untuk kecantikan wajah berikutnya yakni mampu mengatasi kantung mata. Kondisi stress, diet dan kurang tidur dapat menjadi salah satu pemicu munculnya kantung mata pada wajah, lingkaran hitam yang satu ini bisa saja ditutupi dengan riasan make up tebal, namun untuk mendapatkan hasil yang lebih tahan lama.

Sahabat Sehat juga dapat memanfaatkan castor oil, bahan alami yang terkandung di dalam minyak ini mampu menyamarkan mata panda. Untuk cara menggunakannya sendiri, pertama tuangkan minyak dan gosoklah dengan jari kemudian oleskan castor oil pada bagian kantung mata, lalu pijatlah dengan perlahan selama satu atau dua menit.

Terakhir biarkan minyak selama semalam untuk memastikan castor oil terserap dengan baik ke dalam kulit, waktu yang disarankan untuk melakukan perawatan ini adalah saat malam hari sebelum tidur.

Nah, bagaimana Sahabat Sehat mulai tertarik untuk mencoba perawatan menggunakan castor oil ? tak perlu bingung untuk mendapatkannya, Sahabat Sehat dapat membeli Castor Oil NOW di Sesa.id

Referensi : Healthline

Photo by Pavel Danilyuk from Pexels