Home » Blog » 6 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan dan Kesehatan

6 Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan dan Kesehatan

manfaat cuka apel

manfaat cuka apel – Sahabat sehat pastinya sudah tak asing lagi dengan cuka apel. Hal itu karena jenis cuka ini cukup sering untuk dipakai untuk pelengkap masakan. Namun selain itu, tahukah Sahabat Sehat jika cuka apel nyata menyimpan cukup banyak manfaat bagi kesehatan? 

Cuka apel merupakan produk fermentasi buah apel yang telah dihancurkan. Cuka apel mempunyai kandungan senyawa asam gallic, asam asetat, asam folat, katekin, biotin, pektin, fosfor dan kalium.

Selain itu, cuka apel juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, BI, B2 dan B6 serta vitamin C dan vitamin E. Cuka apel juga mengandung kalsium, potassium, serta magnesium. Berbagai komponen tersebut membuat cuka apel memiliki fungsi menjadi antibakteri dan antioksidan.

Maka dari itu, mari cari tahu tentang manfaat cuka apel. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

Membantu Atur Kadar Gula di dalam Darah

Manfaat cuka apel untuk kesehatan yang pertama adalah untuk membantu mengatur kadar gula yang ada di dalam darah. Untuk Sahabat Sehat yang mengidap sakit diabetes memang harus memperhatikan kadar gula di dalam darah. Cuka apel bisa untuk tingkatkan sensitivitas insulin, terutama saat Sahabat Sehat konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat. 

Cuka apel bekerja dengan cara memperlambat proses dari pelepasan gula pada makanan yang masuk ke darah. Itu bisa untuk mencegah kadar gula di dalam darah menjadi meningkat atau melonjak dengan tiba-tiba setelah Sahabat Sehat konsumsi makanan yang berkabohidrat tinggi. 

Membantu untuk Turunkan Berat Badan

Manfaat cuka apel selanjutnya adalah dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Sahabat Sehat bisa mengonsumsi cuka apel sebelum makan besar. Namun meski begitu, penurunan dari berat badan tersebut haruslah diimbangi dengan pola makan yang terjaga serta rutin untuk berolahraga. Maka dari itu, Sahabat Sehat tidak bisa serta merta menjadikan cuka apel sebagai makanan untuk membantu turunkan berat badan. 

Membantu Membasmi dan Membunuh Kuman yang Ada pada Makanan

Manfaat cuka apel bagi kesehatan yang ketiga adalah untuk membunuh kuman di makanan. Maka dari itu, cuka apel bisa untuk membuat makanan jadi lebih higienis dan bersih. Hal itu karena cuka apel mengandung asam asetat lebih banyak jika dibandingkan cuka jenis yang lainnya. Nah, kandungan tersebutlah yang membunuh kuman berbahaya yang terdapat di dalam makanan.

Turunkan Tekanan Darah

Cuka apel banyak dipercaya bisa untuk membantu turunkan tekanan darah tinggi pada para pengidap sakit hipertensi. Namun sayangnya, penelitian yang menyebutkan manfaat dari cuka apel untuk tekanan darah belum teruji klinis untuk manusia. 

Membantu Berikan Perlindungan di Sel Tubuh

Cuka apel mengandung antioksidan yang mempunyai peran sebagai pelindung sel-sel tubuh dari penyakit-penyakit berbahaya serta penyakit kanker. Meskipun belum ada bukti ilmiah yang menjelaskan tentang manfaat dari antioksidan polifenol di dalam cuka apel, namun banyak orang yang tetap mempunyai anggapan jika polifenol punya peran sama seperti yang terdapat di berbagai makanan lain seperti coklat. 

Mengendalikan Kadar Insulin

Bagi Sahabat Sehat yang mengidap penyakit diabetes, cuka apel nyatanya mampu untuk kendalikan kadar insulin. Tubuh manusia memang memerlukan insulin untuk mengubah glukosa pada makanan dikonsumsi untuk menjadi energi.

Akan tetapi, kadar insulin tinggi akan membuat tubuh tak lagi bisa sensitif pada insulin. Kondisi yang tersebut pada akhirnya bisa memicu munculnya penyakit diabetes tipe 2. 

Itulah berbagai manfaat cuka apel yang bisa Sahabat Sehat dapatkan bila mengonsumsi secara tepat. Semoga bermanfaat. 

Sumber: Klikdokter, Orami, Halodoc

Photo by Craig Adderley from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.