Home » Blog » 5 Manfaat Jus Apel untuk Diet Sehat

5 Manfaat Jus Apel untuk Diet Sehat

manfaat jus apel untuk diet

Jus apel tidak hanya punya rasa yang enak, tetapi juga bermanfaat untuk menunjang program diet sehat. Apel mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang tinggi. Apel juga kaya serat dan protein yang baik untuk tubuh. 

Sahabat sehat, mengonsumsi jus apel adalah pilihan yang baik. Yuk, cari tahu apa saja manfaat jus apel untuk diet sehat!

Manfaat Jus Apel untuk Diet

Jus Apel Memberikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Kandungan air dan serat pada jus apel cukup tinggi. Salah satu manfaat jus apel untuk diet yaitu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Rasa kenyang setelah mengonsumsi jus apel dapat mengurangi nafsu makan berlebih, sehingga bisa lebih mudah mengontrol berat badan. 

Apel mengandung protein dan fruktosa yaitu jenis karbohidrat sederhana. Kedua nutrisi tersebut ikut berperan dalam memberikan rasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi jus apel.

Jus Apel Tinggi Kandungan Serat

Kandungan serat dan vitamin pada jus apel bermanfaat untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh. Salah satu alasan tubuh mudah lelah dan mudah lapar karena tubuh kurang asupan nutrisi. Maka dari itu, penting memenuhi kebutuhan nutrisi dengan segelas jus apel untuk diet.

Sistem metabolisme yang baik dan sistem pencernaan yang sehat diperlukan ketika menjalankan diet. Serat dan vitamin berperan aktif dalam menjaga kesehatan pencernaan dan melancarkan proses metabolisme. Serat juga membantu menjaga bakteri baik di usus, sehingga saluran cerna tetap sehat saat diet. 

Jus Apel Kaya Kandungan Air

Apel adalah buah yang kaya kandungan air, sangat cocok diolah sebagai jus yang menyehatkan tubuh. Jus apel juga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi yang rentan dialami ketika menjalani diet. 

Mengonsumsi segelas jus apel ketika rasa lapar mulai menyerang adalah pilihan yang tepat. Jus apel sebaiknya dikonsumsi tanpa tambahan gula agar kadar kalorinya tidak berlebihan.

Jus Apel Menjaga Tubuh Dari Kelebihan Kolesterol

Apel merupakan buah yang baik dalam membantu tubuh menjaga kadar kolesterol. Rutin konsumsi jus apel bukan hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Zat pektin yang ada pada kulit apel memegang peran penting dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Jadi, jika ingin membuat jus apel sertakan juga kulitnya, ya. Pastikan kulit apel sudah dicuci bersih sebelum dikonsumsi.

Jus Apel Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Diet

Banyak pilihan program diet yang bisa dicoba, sesuaikan dengan kondisi tubuh Sahabat sehat. Pada masa awal melakukan diet biasanya tubuh perlu waktu untuk beradaptasi. Diet perlu dilakukan saat tubuh benar-benar dalam keadaan sehat. Kandungan nutrisi pada apel sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Segelas jus apel bisa sekaligus memberikan manfaat untuk kesehatan. Apel juga dikenal sebagai buah yang bisa mencegah berbagai penyakit, sehingga cocok untuk mendampingi program diet sehat. 

 

Sahabat sehat, ternyata ada banyak manfaat jus apel untuk diet. Sahabat sehat, jadikan segelas jus apel sebagai pengganti camilan pereda lapar. Lakukan juga pola hidup sehat agar diet sehat bisa lebih maksimal. Rutin olah raga, penuhi asupan makanan bergizi yang rendah kalori, hindari stres dan tidur yang cukup, ya. 

Tips Membuat Jus Apple agar Tidak Cepat Coklat

Buah apel sangat cepat berubah warnanya dari putih menjadi coklat. Hal ini disebabkan oleh oksigen yang bercampur dengan enzim khusus dari apel. Makin tinggi kandungan enzimnya, makin cepat coklat warna apel setelah dikupas.

Tips untuk membuat apel agar tidak cepat berubah warna menjadi coklat adalah dengan merendamnya ke dalam air garam dan disimpan dalam lemari es selama 15 – 20 menit sebelum dijus.

Membuat Jus Apel dengan Kuvings Slow Juicer

Untuk menghindari oksidasi, Sahabat Sehat dapat membuat jus apel dengan slow juicer dari Kuvings. Manfaat lainnya dari penggunaan slow juicer adalah warna dan rasa jus akan sama dengan rasa buah aslinya, dan tidak ada khasiat buah yang terbuang. Dan yang paling penting Sahabat Sehat tidak perlu kupas-kupas kulit apel juga potong-potong untuk menikmati jus. Lihat cara pembuatan jus apel dengan slow juicer oleh channel DNA Health di bawah ini.

 

Jus apel yang lezat tentunya juga harus menggunakan apel yang segar dan rasanya enak. Sahabat sehat bisa menggunakan apel merah fuji untuk dibuat jus apel. Dapatkan apel merah fuji yang segar di SESA.ID.  Cek promo sayur dan buah organik minggu ini.  

 

Referensi: Halodoc

Photo by Felix Oehler from Pexels