Home » Blog » Konsumsi Bayam untuk Diet dengan 8 Pilihan Menu ini!

Konsumsi Bayam untuk Diet dengan 8 Pilihan Menu ini!

konsumsi bayam untuk diet

Konsumsi bayam untuk diet adalah pilihan yang tepat. Bayam kaya akan protein, serat, kalsium, antioksidan dan vitamin. Protein dan serat penting untuk memberikan rasa kenyang dan menyehatkan pencernaan. Kalsium, antioksidan dan vitamin melancarkan metabolisme dan menjaga daya tahan tubuh.  

Supaya tidak bosan konsumsi bayam untuk diet, Sahabat sehat perlu kreatif dalam memilih menu. Menu untuk diet sehat harus bisa memberikan asupan nutrisi yang tepat bagi tubuh. Cara mengolah makanan dan pilihan bahan makanan harus disesuaikan kandungan kalorinya. 

Sahabat sehat yang ingin konsumsi bayam untuk diet, supaya tidak bosan bisa coba 10 menu ini!

Salad Bayam Minyak Zaitun 

Salad bayam dan minyak zaitun paduan yang baik sebagai sumber nutrisi saat diet. Cara membuatnya pun tidak sulit, sahabat sehat bisa mengukus bayam sebentar agar teskturnya lebih lembut. Tambahkan saus salad dengan minyak zaitun dan sedikit perasan lemon.

Orak Arik Telur Bayam

Telur adalah sumber protein hewani yang menyehatkan jika tidak dikonsumsi berlebihan. Sahabat sehat bisa memilih telur ayam kampung yang lebih rendah kalori dan kaya protein. Pilih minyak sayur nabati yang sehat untuk mengolah orak arik telur bayam. Sahabat sehat bisa gunakan minyak canola, minyak biji bunga matahari atau minyak zaitun.

Sup Bayam

Sup bayam dengan tambahan daging ayam bisa jadi menu sehat saat diet. Mengolah sup bayam untuk diet haruslah memilih bahan-bahan yang rendah kalori. Gunakan daging ayam bagian dada karena paling sedikit mengandung lemak. Gunakan kaldu alami dan hindari garam atau gula terlalu banyak.

Jus Bayam Wortel

Jus bayam segar sebenarnya sudah cukup nikmat, tapi untuk menambah cita rasa jus boleh campurkan buah lain. Wortel, apel, pisang, stroberi bisa menjadi campuran jus bayam yang segar dan manis. Pilih buah yang kaya vitamin dan sesuaikan dengan selera Sahabat sehat.

Smoothie Bayam Apel Pisang

Smoothie bayam bisa menjadi variasi menu diet. Pilih yogurt plain untuk membuat smoothie bayam. Jika ingin rasa manis, tambahkan madu murni atau potongan buah yang manis seperti apel dan pisang. 

Tahu Bayam Kukus

Tahu bisa menjadi pengganti nasi ketika diet. Tahu diolah dari kacang kedelai, sehingga kaya kandungan serat, protein dan karbohidrat. Mengonsumsi tahu bayam kukus akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Kukus dengan daun pisang untuk menghasilkan aroma dan cita rasa yang lebih mantap. 

Bayam Tumis Telur

Sahabat sehat, jika ingin menu diet yang lebih kaya rasa bisa mencoba bayam tumis telur. Bumbunya cukup bawang putih dan sedikit lada hitam. Gunakan ayam kampung untuk membuat menu ini. Dadar telur hingga kekuningan dengan unsalted butter atau minyak canola, masukkan bayam yang sudah direbus 30 menit, tumis sebentar dan sajikan.

Bening Bayam Jagung

Sahabat sehat, apakah lebih suka hidangan berkuah sebagai menu diet? Coba bening bayam jagung. Menu ini jadi menu rumahan favorit karena mudah dibuat. Bening bayam jagung bisa dikreasikan dengan potongan tomat atau wortel untuk menambah cita rasa. 

 

Sahabat sehat, konsumsi bayam untuk diet tidak merepotkan. Bayam adalah sayuran yang cocok diolah dalam aneka makanan dan minuman. Hal yang perlu diperhatikan adalah cara memilih bayam. Pilih bayam yang masih segar agar kandungan nutrisinya utuh. Bayam organik merupakan pilihan cerdas untuk membuat menu diet sehat. Sahabat sehat bisa dapatkan bayam organik berkualitas di sini

 

Photo by Lisa from Pexels

Referensi: Tempo