Home » Blog » 7 Manfaat Jus Bayam Mentah yang Kaya Antioksidan

7 Manfaat Jus Bayam Mentah yang Kaya Antioksidan

manfaat jus bayam mentah

Bayam adalah jenis sayuran hijau yang sangat kaya antioksidan. Jenis antioksidan yang ada pada bayam, diantaranya adalah lutein, beta karoten, asam coumaric, zeaxanthin, violaxanthin dan asam ferulat. Tak hanya aktioksidan, bayam juga mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan.

Cara agar kandungan antioksidan bayam tetap utuh bisa dengan mengonsumsi jus bayam mentah. Antioksidan bayam bisa berkurang jika dimasak terlalu lama. Pada jus bayam, bayam tidak perlu dimasak sehingga nutrisinya lebih terjaga.

Manfaat jus bayam mentah sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Yuk, kita simak bersama manfaat jus bayam mentah yang kaya antioksidan!

 

Menangkal Radikal Bebas dalam Tubuh

Manfaat utama antioksidan adalah menangkal radikal bebas dalam tubuh. Penyakit kronis banyak disebabkan oleh menumpuknya radikal bebas dalam tubuh. Dampak buruk radikal bebas bagi kesehatan di antaranya menjadi penyebab stres oksidatif, gejala inflamasi, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Menjaga Kesehatan Mata

Kesehatan mata erat kaitannya dengan vitamin A dan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Semua nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan mata bisa didapatkan dari manfaat jus bayam mentah. Kandungan antioksidan pada bayam akan mengurangi risiko hilangnya penglihatan progresif karena efek usia. Rutin konsumsi bayam mentah membantu mencegah mata kering dan katarak.

Menurukan Risiko Kanker

Kandungan asam folat dan antioksidan yang cukup tinggi pada bayam mentah berguna untuk mencegah risiko kanker. Antioksidan yang mampu mencegah berkembangnya sel kanker adalah lutein, karotenoid dan zeaxanthin yang ada pada bayam. Antioksidan utuh bisa didapatkan pada segelas jus bayam mentah.

Mencegah dan Meredakan Peradangan

Peradangan tubuh bisa diantisipasi dengan antioksidan dalam jus bayam mentah. Salah satu penyebab peradangan adalah serangan radikal bebas. Penyakit rheumatoid arthritis adalah penyakit yang disebabkan oleh peradangan karena radikal bebas. Peradangan pada rheumatoid arthritis menyebabkan munculnya nyeri sendi.

Mencegah Gejala Anemia

Anemia bisa dicegah dengan mengonsumsi jus bayam mentah. Dalam segelas jus bayam mentah mengandung nutrisi utuh bayam segar. Bayam segar kaya akan antioksidan, oksalat, vitaim C dan sumber zat besi. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh dalam mencegah gelaja anemia.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Antioksidan aktif menjaga kesehatan sel tubuh dan berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Antioksidan terbaik bisa didapat dalam segelas jus bayam mentah. Manfaat jus bayam mentah sebagai sumber antioksidan, vitamin A dan vitamin C. Nutrisi dari jus bayam mentah berperan penting dalam membuat tubuh lebih sehat.

Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular di antaranya adalah penyakit jantung, stroke, gumpalan darah pembuluh vena,  arteri perifer dan sebagainya. Salah satu cara mencegah penyakit kardiovaskular dengan konsumsi makanan berserat dan kaya antioksidan, seperti bayam.

 

Konsumsi bayam saja tentu tidak cukup untuk membuat tubuh selalu sehat. Supaya manfaat jus bayam mentah untuk kesehatan bisa didapatkan dengan maksimal, tetap jaga pola hidup sehat. Cara menjaga pola hidup sehat adalah menjaga asupan makanan, memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang, tidur cukup dan olah raga teratur.

Dibantu dengan pola hidup sehat, antioksidan bisa bekerja lebih maksimal dalam menjaga kesehatan tubuh. Jus bayam mentah bisa menjadi sumber antioksidan yang segar dan lezat. Pilihan bayam yang segar akan menentukan seberapa banyak kandungan nutrisi yang didapatkan. Yuk, konsumsi bayam hijau organik yang kaya antioksidan!

 

Referensi: Alodokter

Photo by Alexander Mils from Pexels