Home » Blog » 5 Jenis-Jenis Ikan Tuna Yang Bisa Kamu Konsumsi

5 Jenis-Jenis Ikan Tuna Yang Bisa Kamu Konsumsi

jenis jenis ikan tuna

Ikan tuna merupakan salah satu ikan laut yang memiliki memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain kandungan proteinnya yang tinggi, ikan tuna juga mengandung vitamin A, D, B6, B12 dan juga kaya akan mineral. Dan yang lebih pentingnya lagi Ikan tuna juga mengandung omega 3 yang tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam dan sapi. 

Kandungan dari ikan tuna ini sangat bermanfaat untuk kebutuhan tubuh kita, selain itu juga dapat menjaga kolesterol dan jantung kita loh sahabat sehat. Akibat manfaatnya yang besar ini, permintaan ikan tuna menjadi cukup tinggi. Hal tersebut menyebabkan harga jual ikan tuna melambung.

Menurut ikanesia.id, harga ikan tuna di pasaran bisa mencapai Rp 120.000/kg. Hal terjadi akibat banyaknya konsumen yang banyak mengincar ikan tuna. 

Karena harga ikan tuna tidak murah, sebaiknya Sahabat Sehat perlu mengenal dulu jenis-jenis ikan tuna yang ada? Terdapat sekitar 48 spesies ikan tuna di dunia. Namun hanya beberapa spesies saja yang biasa dikonsumsi oleh manusia. Diantaranya, madidihang, tuna mata besar, tuna-tuna sirip biru dan sirip kuning, albakora, cakalang, skipjack, dan tuna peluru.

Menurut indonesiabaik.id untuk di indoneisa ini terdapat 5 jenis tuna yang biasa kita konsumsi loh. Untuk lebih jelasnya, ini nih penjelasan dari jenis-jenis ikan tuna yang bisa kita konsumsi, simak ya sahabat sehat!

Banner Belanja Seafood

Tuna albakora

Jenis-jenis ikan tuna yang pertama adalah tuna albakora. Daging pada tuna albakora memiliki warna putih, dan biasanya menghasilkan rasa yang ringan. Tuna jenis ini biasanya kita olah sebagai steak, isian salad atau bisa dijadikan sebagai isian sandwich. Namun sayangnya, tuna jenis ini memiliki merkuri yang cukup tinggi, jadi untuk sahabat sehat yang sedang hamil atau mempunyai anak kecil, perlu dibatasi ya mengkonsumsi tuna jenis ini.

Tuna skipjack

Tuna skipjack atau yang dikenal dengan katsuwonus pelamis. Tuna jenis ini memiliki rasa yang cukup kuat dengan kadar lemak yang cukup tinggi. Tuna jenis ini memiliki harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan tuna jenis lainnya. Selain itu, tuna skipjack memiliki kandungan yang rendah loh, sehingga sahabat sehat bisa memakannya 2-3 kali dalam seminggu.

Tuna peluru

Tuna peluru merupakan jenis tuna yang terkecil jika dibandingkan jenis tuna lainnya. Tuna peluru ini memiliki nama latin auxis rochei. Tuna jenis ini biasanya ditemukan di lautan tropis seperti indonesia. Pengolahan ikan ini biasanya diasinkan, diasapi, maupun sebagai ikan kalengan loh.

Tuna sirip kuning

Tuna selanjutnya yang bisa kita konsumsi adalah tuna sirip kuning. Tuna sirip kuning memiliki panjang sekitar 2 meter dengan berat mencapai 190 kilogram. Harga dari tuna sirip kuning terbilang lebih murah loh sahabat sehat jika dibandingkan dengan tuna sirip biru. Tuna jenis ini biasanya dijadikan sebagai bahan membuat sashimi.

Tuna sirip biru

Tuna sirip biru, merupakan tuna yang paling mahal saat ini. Tuna jenis ini biasanya diekspor sampai ke jepang loh. Tuna sirip biru memiliki panjang hingga 4.6 meter dengan beratnya mencapai 684 kilogram. Daging dari tuna sirip biru  yang sudah dewasa biasanya memiliki warna merah gelap dan cenderung keunguan.

 

Jika Sahabat Sehat ingin membeli ikan tuna, pastikan ikan tuna yang dibeli segar dan tidak berenang di laut yang tinggi merkuri. Sahabat Sehat dapat membeli ikan tuna yang pastinya segar dan aman untuk dikonsumsi di  toko online satu ini ya, yaitu melalui web sesa.id. Di sini sahabat sehat bisa membeli ikan tuna yang fresh dengan harga terjangkau tentunya, dan tak perlu repot-repot harus ke pasar loh, mantap kan.

 

Sumber: Indonesia Baik

Gambar oleh Kevin Phillips dari Pixabay