Home » Blog » Perlu Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak, Ini Alasannya!

Perlu Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak, Ini Alasannya!

manfaat minyak ikan untuk kecerdasan otak anak

Sahabat sehat, ibu mana yang tidak ingin anaknya cerdas. Para ibu bahkan rela memberikan suplemen apa saja untuk meningkatkan kemampuan otak buah hatinya, minyak ikan salah satunya. Khasiat minyak ikan untuk kecerdasan otak anak disebabkan oleh berbagai alasan. 

Manfaat Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak

Pembentukan Sel Otak Baru

Minyak ikan mengandung omega 3 di mana juga terdapat EPA dan DHA di dalamnya. Zat tersebut berfungsi untuk mencegah terjadinya pembentukan plak pada pembuluh darah.

Plak yang ada dalam pembuluh darah dapat menghambat aliran darah ke seluruh jaringan sehingga juga turut menghambat kinerja sel terutama jantung dan otak. Apabila aliran darah lancar maka otak dan jantung akan bekerja lebih maksimal. 

Menurut seorang peneliti, asam lemak omega dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perkembangan otak. Hal itu dikarenakan omega 3 memiliki peran besar dalam proses pembentukan otak. Omega 3 juga mampu mempengaruhi ekspresi gen, aliran darah, stres oksidatif, tingkat neurotransmitter dan proses lainnya yang ada dalam otak. 

Jadi, tidak ada salahnya Anda memberikan asupan minyak ikan secara rutin kepada anak untuk pembentukan sel baru sehingga anak tumbuh lebih cerdas. Pilihlah suplemen minyak ikan khusus usia anak Anda. Kini Anda juga dapat membelinya di sesa.id atau bisa melalui aplikasinya yang tersedia di Appstore maupun Play Store. 

DAPATKAN MINYAK IKAN UNTUK ANAK DI SESA.ID

Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak – Perkembangan Kognitif

Perkembangan kognitif pada anak sangat penting untuk diperhatikan. Ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa omega 3 dalam minyak ikan berperan baik bagi perkembangan kognitif pada usia anak-anak.

Pada beberapa penelitian yang pernah dilakukan mendapatkan hasil bahwa bayi yang diberikan formula dengan asam lemak omega 3 berhasil menunjukkan berbagai perbaikan seperti tingkat fokus, koordinasi gerak, skor tes kecerdasan dan keterampilan sosial. 

Studi lainnya yakni anak dari seorang ibu yang rutin mengonsumsi suplemen minyak ikan dengan kandungan omega 3 selama masa kehamilan. Hasilnya ketika pertama kali menyusui bayi tersebut memiliki nilai akademis lebih tinggi dibandingkan anak dari ibu yang tidak mengonsumsi suplemen omega 3 selama mengandung. 

Ada pula penelitian lainnya yang dilakukan di Oxford University tahun 2012 – 2014. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa anak dengan asupan omega 3 dibekali kemampuan membaca lebih baik dibandingkan anak lainnya yang tidak mendapatkan asupan omega 3.

Selain kecerdasan, anak dengan asupan omega 3 yang cukup juga memiliki kualitas tidur lebih baik yakni 58 menit lebih lama dibandingkan anak lainnya. 

BACA JUGA: 10 Manfaat Minyak Ikan untuk Wajah

Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak – Mengurangi Depresi

Alasan minyak ikan untuk kecerdasan otak anak juga dipengaruhi oleh berkurangnya depresi yang dirasakan oleh anak. Kandungan omega 3 yang ada dalam minyak ikan dipercaya mampu mengatasi depresi serta gangguan kejiwaan lainnya.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 membuktikan  bahwa anak usia 6 hingga 12 tahun yang mengalami depresi dapat berangsur membaik secara signifikan. 

Hal itu diakibatkan oleh asam lemak omega 3 yang bekerja untuk melancarkan aliran darah ke bagian otak. Pada orang yang mengalami depresi sering ditemukan kasus di mana aliran darah ke otak terhambat atau kurang lancar. Oleh karena itu kandungan omega 3 diyakini dapat membantu melancarkan aliran darah ke otak sehingga mengurangi depresi. 

Zat yang terdapat dalam omega 3 juga dapat meningkatkan efektivitas pada beberapa obat antidepresan. Hal itulah yang membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat pada penyakit kejiwaan seperti depresi dan lainnya. 

Menurunkan Risiko Demensia dan Alzheimer

Seiring pertambahan usia, volume otak manusia juga akan semakin menyusut sehingga orang berusia renta kerap terkena penyakit yang berhubungan dengan ingatan. Demensia dan alzheimer termasuk penyakit yang berkaitan dengan ingatan. Penderita penyakit ini akan mengalami kehilangan ingatan tertentu dalam jangka waktu tertentu bahkan ada yang permanen. 

Penelitian para ahli membuktikan bahwa asupan omega 3 yang cukup pada seseorang akan membantu pencegahan terjadinya penyusutan otak dan menurunkan risiko penyakit tersebut. Hal ini juga telah terbukti berdasarkan penelitian yang dilakukan South Dakota Sanford School Medicine terhadap 1.111 wanita usia 70 tahun.

Wanita yang memiliki EPA dan DHA tinggi memiliki otak dengan ukuran 2 cm kubik lebih besar dibandingkan wanita dengan kadar EPA dan DHA rendah. 

BACA JUGA: 15 Manfaat Minyak Ikan Untuk Bayi, Apa Saja?

Asupan Selain Minyak Ikan untuk Kecerdasan Otak Anak

Seperti yang diketahui bahwa minyak ikan memiliki kandungan omega 3 yang kaya akan manfaat. Ternyata selain omega 3, ada beberapa asupan lainnya yang berfungsi untuk mendukung kecerdasan otak anak. 

  1. Zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecerdasan otak pada anak. Selain itu zat besi juga mampu meningkatkan fungsi sel darah merah agar mampu bekerja lebih optimal untuk penyebaran oksigen secara merata termasuk ke otak. Penyebaran oksigen secara merata dapat mendukung kecerdasan otak pada anak sehingga konsentrasinya lebih terjaga. 
  2. Kolin adalah mikronutrien yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan otak. Kolin dapat membantu meningkatkan sinyal saraf di otak sehingga memori pada otak terjaga dengan baik. 
  3. Omega 6 berupa asam lemak tidak jenuh dengan fungsi yang sama dengan omega 3. Kandungan omega 6 dapat diperoleh dari kacang kedelai, kacang mede dan kacang almon. 

Itulah beberapa alasan mengapa dibutuhkan minyak ikan untuk kecerdasan otak anak. Anda bisa mendapatkan produk minyak dan suplemen lainnya untuk anak di sesa.id. Semoga penjelasan bermanfaat.