Home » Blog » Hentikan Asupan MSG Dalam Masakan Lewat 7 Manfaat Kaldu Jamur 

Hentikan Asupan MSG Dalam Masakan Lewat 7 Manfaat Kaldu Jamur

kaldu jamur

Belakangan ini kaldu jamur diminati banyak konsumen, disamping rasa gurih menyerupai penyedap rasa instan, rupanya manfaat kaldu jamur berkhasiat bagi tubuh. Meskipun produsen kaldu jamur belum sebanyak penyedap rasa, namun keberadaanya mulai dimininati. Bukan tidak mungkin, bila suatu saat peran penyedap rasa instan yang tinggi MSG akan tergeser.

Disini, Sahabat sehat akan diajak memahami asal mula hingga ragam manfaat kaldu jamur bagi kesehatan.

Apa Itu Kaldu Jamur?

Kaldu jamur atau nutritional yeast merupakan produk dengan tekstur menyerupai bubuk dengan bulir-bulir kecil. Kaldu jamur didapatkan dari proses ekstraksi ragi jamur Saccharomyces cerevisiae yang diinkubasi selama beberapa waktu dalam media agar kaya glukosa.

Kemudian yeast dinonaktifkan menggunakan metode pemanasan, dikultur, dicuci, dikeringkan, ditumbuk lalu dikemas dan siap didistribusikan. Perlakuan alamiah membuat nutritional yeast mengandung banyak nutrisi.

Sederet kandungan nutrisi dalam kaldu jamur yaikni vitamin B1, B2, B3, B6, B12, beberapa mineral Zinc, Selenium, Mangan dan asam amino esensial. Dalam 1-2 sendok makan kaldu jamur, tersimpan 60 kalori dengan 8 gram protein dan 3 gram serat.

Manfaat Kaldu Jamur Bagi Tubuh

Lewat nutrisi yang dikandung nutritional yeast menjadikannya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti berikut ini:

Memenuhi Nutrisi Tubuh

Asam amino esensial pada kaldu jamur sangat berguna meregenerasi jaringan tubuh, meningkatkan metabolisme dan sumber energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Kebutuhan protein pun terpenuhi, sehingga meningkatkan kualitas perkembangan otot tubuh.

Nutrisi dari vitamin B1, B2, B3, B6 dan B12 diperlukan tubuh untuk menjaga fungsi organ tetap bekerja optimal.

Menjaga Kesehatan Rambut, Kulit dan Kuku

Berdasarkan kajian penelitian, ditemukan bahwa kaldu jamur dapat memperkuat kuku, mencegah kerontokan hingga mengurangi jerawat dan permasalahan kulit lainnya. Kandungan mineralnya berperan penting untuk emengatasi masalah tersebut.

Memperkuat Imunitas Tubuh

Jamur S.cerevisiae merupakan strain ragi yang membantu proses pembuatan kaldu jamur, ternyata ragi tersebut mendukung sistem imunitas tubuh dan mengurangi inflamasi akibat infeksi bakteri patogen. Imunitas tubuh yang tinggi akan membentuk antibodi baik, sehingga Anda tidak mudah sakit jika terpapar allergen pemicu.

Meningkatkan Energi

Jamur S.cerevisiae sebagai strain ragi kaldu jamur ternyata dapat mendukung sistem imunitas tubuh dan mengurangi inflamasi akibat infeksi bakteri patogen. vitamin B12 didalamnya berfungsi menambah energi dalam tubuh. Manfaat kaldu jamur pun bisa menjadi bahan tambahan pangan bagi vegetarian.

Meningkatkan Sensitivitas Gula

Penderita diabetes melitus tipe 2 banyak membutuhkan senyawa peningkat sensitivitas glukosa untuk menjaga kadar insulin. Berhembus kabar penelitian bahwa ragi yang digunakan pada pembuatan kaldu jamur dapat menurunkan kadar gula darah.

Mencegah Insomnia

Asam amino dalam kaldu jamur disinyalir mencegah insomnia dengan merelaksasi sistem saraf pusat agar mudah tidur nyenyak. L-theanine dalam asam amino lah yang memiliki peran tersebut. Konsumsi kaldu jamur dalam batas wajar dalam sehari, akan membantu Anda memperlohe kualitas tidur baik

Menurunkan Lemak Jahat

Kadar lemak jahat atau LDL pemicu kolesterol dalam tubuh dapat diturunkan lewat kandungan beta glucan dalam nutritional yeast. Terdapat penelitian menunjukkan bahwa pria dengan LDL tinggi yang mengonsumsi 15 gr beta glucan dari jamur S.cerevisiae selama 8 minggu dapat turun 6%.

Karena kesehatan sangat berharga, Anda pun dapat mulai beralih menerapkan pola hidup sehat lewat bahan makanan rendah sodium dan glutamat, seperti kaldu jamur berikut ini!

 

Referensi : Raising Generation Nourished

Photo by Engin Akyurt from Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published.