fbpx
Skip to content
Home » Blog » 12 Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

12 Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil

 Sahabat Sehat, ketika masa kehamilan kondisi tubuh menjadi lebih sensitif sehingga ibu hamil disarankan untuk memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Seperti halnya sayuran yang merupakan makanan sehat tapi ada beberapa diantaranya malah dilarang untuk ibu hamil. Inilah 12 sayuran yang dilarang untuk ibu hamil.

DAPATKAN KEBUTUAHAN SEHAT IBU HAMIL DI SESA.ID

Daftar 12 Sayuran Dilarang Untuk Ibu Hamil

  1. Daun Pepaya, karena dapat Menjadi Racun bagi Rahim

Apabila Sahabat Sehat sedang hamil sebaiknya konsumsi daun pepaya dan olahannya dibatasi. Pasalnya daun pepaya mengandung zat aktif yang dapat menjadi racun bagi rahim. Hal itu dikutip dari sebuah penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Asian Research Journal of Gynaecology and Obstetrics tahun 2019.

  1. Pepaya Muda, Dapat Memicu Kontraksi Uterus

Kandungan getah dan papain dalam buah pepaya sangat berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini dikutip dari sebuah penelitian di British Journal Nutrition tahun 2002. Getah pepaya mentah sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena dapat memicu kontraksi uterus hingga mengakibatkan persalinan dini.

BACA JUGA: 

  1. Petai, Sayuran Berbahaya bagi Ginjal

Meskipun sebenarnya petai memiliki banyak manfaat di masa kehamilan, tapi kalian disarankan untuk membatasinya. Pasalnya konsumsi petai secara berlebihan dapat membuat ginjal bekerja lebih berat. Kandungan protein pada petai sangatlah tinggi sehingga dapat mengakibatkan efek buruk  bagi ginjal karena dipaksa bekerja lebih keras.

  1. Taoge, Sayuran Banyak Bakteri Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Umumnya taoge dikonsumsi secara mentah sehingga ibu hamil tidak direkomendasikan untuk makan taoge. Taoge mentah biasanya terdapat di dalam menu gado-gado, ketoprak, soto ayam dan asinan sayuran. Pasalnya sayuran mentah memang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Jenis sayuran apapun yang dihidang secara mentah tidak direkomendasikan karena dikhawatirkan mengandung bakteri parasit.

  1. Jengkol, Dilarang Karena Asam Jengkolat

Asam jengkolat merupakan kandungan berbahaya yang terdapat dalam sayur jengkol. Kandungan asam jengkolat dapat menumpuk di dalam ginjal. Penumpukan tersebut dapat membentuk kristal tajam sehingga mampu merobek dinding saluran kemih pada ibu hamil.

  1. Pare, Sayuran yang Akibatkan Sakit Kepala Hingga Diare

Pare termasuk sayuran yang sebaiknya dihindari dalam kondisi kehamilan masih muda. Konsumsi pare dapat mengakibatkan efek samping seperti sakit kepala, sakit perut dan kram serta diare. Selain itu konsumsi pare juga dapat menurunkan kadar gula darah terlebih dicampur dengan obat diabetes lainnya. Hal itulah yang membuat pare tidak aman bagi ibu hamil, menyusui dan anak-anak.

  1. Kangkung, Dilarang Karena Menganggu Penyerapan Kalsium

Kangkung adalah sayur segar yang tidak direkomendasikan untuk ibu hamil. Konsumsi kangkung dapat menganggu penyerapan kalsium karena kandungan asam oksalat. Kalsium sangat dibutuhkan ketika masa kehamilan. Kekurangan kalsium ketika hamil dapat meningkatkan risiko osteoporosis bagi wanita.

  1. Bayam, Dilarang Akibat Senyawa Asam Oksalat

Ibu hamil yang mengonsumsi bayam terlalu banyak tidak baik bagi kesehatan. Kandungan asam oksalat pada bayam dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Oleh karena itu batasi konsumsi bayam ketika masa kehamilan.

  1. Pakis, Sayuran yang Dilarang untuk Ibu Hamil 6 Minggu

Olahan pakis tentu memiliki rasa yang nikmat tapi harus dipastikan matang dengan sempurna. Ibu hamil dilarang konsumsi sayur pakis apalagi setengah matang karena kandungan racun alaminya berbahaya bagi janin.

  1. Brokoli, Bisa Akibatkan Begah

Brokoli mengandung senyawa rafinosa yang dapat menghasilkan gas ketika dicerna oleh bakteri pada usus. Alhasil perut akan terasa tidak nyaman sehingga terasa lebih berat bagi ibu hamil.

  1. Kol, Sayuran yang Menghasilkan Gas

Serupa dengan brokoli, sayur kol juga tidak direkomendasikan untuk ibu hamil. Kol dapat menyebabkan pembentukan gas sehingga mampu membuat perut begah dan sakit.

  1. Daun Singkong, Sayuran yang Meningkatkan Tekanan Darah

Hindari konsumsi daun singkong karena dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini tentu berbahaya bagi kehamilan.

Itulah beberapa sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Sahabat Sehat dapat memesan seluruh sayur organik dan buah melalui sesa.id atau unduh aplikasinya via Play Store dan Apps agar lebih mudah. Semoga bermanfaat.

banner_sesa_web_9_

  • https://www.orami.co.id/magazine/sayuran-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil
  • https://www.popmama.com/pregnancy/second-trimester/khopida-rahma/jenis-sayuran-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil
  • https://www.kalcare.com/artikel/bahaya-ibu-hamil-mengonsumsi-daun-singkong
Tags: