Home » Blog » Inilah 6 Manfaat Madu untuk Anak dan Pertumbuhannya

Inilah 6 Manfaat Madu untuk Anak dan Pertumbuhannya

manfaat madu untuk anak

Manfaat madu untuk anak maupun orang dewasa ternyata begitu luar biasa. Madu merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah. Madu ini terbuat dari nektar bunga yang dihisap lebah dan di fermentasikan di sarang lebah. Kemudian lebah yang mampu menghasilkan madu terbaik adalah lebah Apis dorsata.

Kandungan nutrisi dalam madu sangatlah beragam diantaranya yaitu gula, vitamin C, asam amino, karbohidrat, vitamin B, zinc, kalium, dan zat besi. Selain rasanya yang lezat, madu juga memiliki efek anti radang dan juga anti bakteri.

Manfaat dan Khasiat Madu untuk Anak

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, madu memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya dan beberapa manfaatnya yaitu sebagai berikut.

banner belanja madu

  • Membantu Pertumbuhan pada Anak

Untuk membantu pertumbuhan anak maka dibutuhkan nutrisi yang mencukupi proses pertumbuhan anak. Maka dari itu, Sahabat Sehat harus bisa memberikan asupan yang sehat dan bergizi untuk memenuhinya. Salah satunya adalah memberikannya madu, yaitu 1 atau 2 sendok setiap hari.

  • Sebagai Sumber Energi

Selain mampu membantu proses pertumbuhan, manfaat madu untuk anak juga bisa dijadikan sebagai sumber energi. Seperti yang Sahabat Sehat ketahui, bahwa anak-anak senang beraktivitas, bermain, dan berlari-lari bersama temannya.

Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan energinya Sahabat Sehat harus mencukupi asupan nutrisi si anak setiap hari. Kandungan fruktosa dalam madu bisa menjadi solusi terbaik, terutama sebagai sumber energi si kecil. Dengan begitu anak menjadi lebih sehat karena sering aktif bergerak.

  • Sebagai Sumber Vitamin yang Lengkap

Perlu diketahui, madu merupakan salah satu bahan alami yang hampir memiliki seluruh komponen vitamin yang diperlukan oleh anak. Beberapa vitamin yang dimaksud yaitu vitamin B1, B2, B3, D, E, dan K. Vitamin-vitamin tersebut sangat dibutuhkan anak untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

Selain itu, kelebihan dari madu yaitu dapat diserap oleh tubuh dengan lebih cepat dibandingkan bahan lainnya. Maka dari itu, madu adalah asupan nutrisi terbaik bagi anak dan juga mampu membantu perkembangan anak menjadi lebih baik.

  • Membantu Proses Penyembuhan Luka

Saat anak terlalu aktif beraktifitas terkadang anak jatuh dan terluka saat bermain. Untuk mengobati luka ini, Sahabat Sehat bisa menggunakan madu dan oleskan pada luka. Kandungan vitamin C pada madu dapat membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

  • Sistem Pencernaan Anak Menjadi Sehat

Selanjutnya manfaat madu untuk anak adalah untuk membantu menjaga pencernaan anak tetap sehat. Kandungan nutrisi pada madu mampu membasmi bakteri jahat pada sistem pencernaan anak, sehingga sistem pencernaan anak akan lebih terjaga dan sehat.

  • Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat madu berikutnya yaitu mampu meningkatkan daya ingat anak. Dengan mengkonsumsi setidaknya 20 gram setiap hari, hal ini mampu menstimulasi produksi hormon yang berkaitan dengan daya ingat dan kecerdasan anak.

Selain itu, madu juga dapat memicu regenerasi sel dalam otak sehingga sistem kerja otak pada anak menjadi lebih baik. Dengan mengkonsumsi madu maka daya ingat anak akan meningkat, sehingga anak mampu mempelajari dan mengeksplorasi berbagai hal baru dengan baik.

banner belanja madu

Madu merupakan salah satu bahan herbal yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan juga manfaat untuk tubuh. Terutama untuk membantu pertumbuhan anak, madu bisa menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi nutrisi pertumbuhan anak.

Supaya manfaat madu untuk anak lebih maksimal, maka sebaiknya Sahabat Sehat memilih madu murni  asli dan berkualitas. Untuk mendapatkan madu murni ini, Sahabat Sehat bisa memesannya di SESA dan dapatkan madu dengan kualitas terbaik.

 

Referensi : Alodokter

Gambar oleh fancycrave1 dari Pixabay