Home » Blog » 5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut Bayi yang Perlu Orang Tua Tahu

5 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut Bayi yang Perlu Orang Tua Tahu

manfaat minyak kelapa untuk rambut bayi
Photo by Laura Garcia from Pexels

Rasanya hampir semua orang tua enggan menggunakan bahan-bahan kimia jika berhubungan dengan si kecil. Begitu pun untuk perawatannya, termasuk rambut. Beberapa orang tua memberikan perhatian ekstra ke bagian tubuh yang satu ini. Misalnya, dengan menggunakan minyak kelapa. Tahukah Anda kalau ada banyak manfaat minyak kelapa untuk rambut bayi?

Salah satu keunggulan dari minyak kelapa adalah sifatnya yang terapeutik. Artinya, minyak kelapa bisa berfungsi untuk mengobati atau terapi. Dengan begitu, si bayi tidak hanya mendapatkan perawatan, tapi sekaligusnya manfaat untuk kesehatannya. Apa sih manfaat minyak kelapa untuk rambut bayi? Simak ulasannya di bawah ini.

Kegunaan Minyak Kelapa Bagi Rambut Bayi

Dibandingkan dengan skincare bayi lainnya, minyak kelapa lebih aman dan terbukti ampuh mengatasi permasalahan si kecil. Justru dengan memakai produk kimia, belum tentu si kecil cocok. Sebab, kulit dan seluruh bagian tubuh lainnya pada bayi masih sangat sensitif. Jadi, jangan sampai salah pilih produk. Ketahui manfaat minyak kelapa untuk rambut bayi berikut:

1. Membuat Rambut Lebih Lebat

Minyak kelapa memiliki kandungan protein yang tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk menumbuhkan rambut si kecil. Tak hanya menumbuhkan, tetapi minyak kelapa juga sekaligus berfungsi untuk menguatkannya. Dengan begitu, rambut bayi tidak mudah rontok.

Bagi kepala bayi yang pertumbuhan rambutnya tidak merata, minyak kelapa dapat merangsang munculnya rambut di daerah tersebut. Jika orang tua mengolesinya dengan rutin, maka perlahan rambut akan tumbuh di sana.

2.Rambut Tidak Kusut dan Mudah Diatur

Semua bayi yang baru lahir pasti memiliki rambut yang halus dan lembut. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, rambut mereka pun bisa jadi kusut dan sulit dirapikan. Gunakan minyak kelapa supaya rambut tetap tertata rapi. Tak perlu banyak-banyak, cukup tuangkan sedikit minyak kelapa ke tangan lalu usap ke rambut sambil disisir perlahan dengan jari.

3.Menjaga Kelembapan Rambut dan Kulit Kepala

Layaknya conditioner bagi orang dewasa, manfaat minyak kelapa untuk rambut bayi sama halnya seperti itu. Minyak kelapa merupakan bahan alami yang mampu mendehidrasi kulit kepala. Dengan begitu, kulit kepala dan rambut yang tumbuh tidak kering. Bahkan, protein bisa terserap ke batang rambut sehingga terhindar dari kerusakan dan rambut bercabang.

4.Mengatasi Cradle Crap

Problem ini memang tidak langsung berhubungan dengan rambut karena cradle crap menyerang kulit kepala bayi. Cradle crap adalah sebuah kondisi kulit kepala yang kering. Kulit kepala bayi tampak berketombe, padahal bukan itu masalah sebenarnya. Kalau terlalu lama dibiarkan, kulit kepala bisa mengelupas.

Oleh sebab itu, pijat kepala bayi dengan lembut lalu sisir dengan sisir khusus. Sedikit demi sedikit kulit kepala yang kering akan terangkat. Kalau sudah, bilas dengan air hangat. Lama kelamaan kulit yang kering ini akan hilang dan habis, kemudia kulit kepala akan pulih kembali.

5.Meluruskan Rambut

Posisi tidur si bayi yang tak beraturan pasti membuat rambutnya mengkriting. Selain kondisi ini akan kusut, lama kelamaan bisa jadi rambut anak jadi bergelombang. Sedangkan cukup sulit untuk meluruskan rambut bayi. Dengan demikian, manfaatkan minyak kelapa untuk meluruskannya. Rajin-rajinlah merapikan rambut sambil meluruskannya supaya tidak jadi bergelombang.

Ternyata banyak ya manfaat minyak kelapa untuk rambut bayi. Bagi Anda yang sedang mencari minyak kelapa berkualitas, bisa berbelanja di SESA Indonesia. Anda dapat memanfaatkannya untuk si kecil maupun diri sendiri karena khasiat minyak kelapa bisa dirasakan oleh siapa saja.

 

Referensi:

Cussonsbaby, Popmama, Hellosehat