Home » Blog » 5 Manfaat Sayur Bayam untuk MPASI

5 Manfaat Sayur Bayam untuk MPASI

manfaat sayur bayam

Memasuki usia enam bulan, bayi mulai bisa dikenalkan dengan makanan pendamping ASI (MPASI). MPASI sebaiknya dikenalkan secara bertahap agar pencernaan bayi mudah beradaptasi. Pilihan bahan makanan untuk MPASI harus dipilih dengan cermat. Pilihlah bahan makanan yang kaya nutrisi dan mudah dicerna.

Bayam jadi salah satu sayuran favorit dalam olahan MPASI. Bayam memang cocok untuk MPASI karena kaya nutrisi. Bayam juga punya tekstur yang lunak dan mudah diolah menjadi menu MPASI. Rasa bayam tidak pahit, sehingga mudah disukai bayi.

Supaya lebih yakin, cari tahu apa saja manfaat sayur bayam untuk MPASI!

Banner Sayur dan Buah Organik

Membantu Perkembangan Otak Bayi

Perkembangan otak bayi lebih aktif daripada otak orang dewasa. Dalam waktu relatif singkat, sel-sel otak bayi membentuk koneksi saraf. Perkembangan bayi adalah hal penting agar si kecil tumbuh sehat dan cerdas. Maka dari itu, bayi sangat memerlukan nutrisi yang cukup dalam menunjang tumbuh kembangnya.

Bayam kaya mineral yang dibutuhkan oleh bayi. Bayi membutuhkan banyak asupan mineral untuk tumbuh kembangnya. Zat besi, kalsium dan kalium berperan dalam perkembangan otak bayi.  Tiga jenis mineral tersebut bisa didapatkan dari bayam hijau segar.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Memasuki usia 6 bulan, tumbuh kembang bayi semakin pesat. Menunjang tumbuh kembang bayi dibutuhkan kekebalan tubuh yang baik. Manfaat sayur bayam salah satunya untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi.   

Bayam kaya akan vitamin A, B, C, E, K, folat, zat besi, thiamin, kalsium dan antioksidan. Antioksidan sebagai pelindung sel tubuh dari radikal bebas. Peran vitamin A, B, C, E dan K membantu melawan virus dan parasit yang bisa menyebabkan infeksi.  

Menjaga Produksi Sel Darah Merah

Bayi yang kekurangan sel darah merah bisa tampak lemas, mudah sakit, bahkan mengalami kerontokan rambut. Produksi sel darah merah bisa dioptimalkan dengan asupan zat besi dan folat yang seimbang. Zat besi dan folat bisa didapatkan dari nutrisi bayam.

Menjaga Kesehatan Tulang Bayi

Bayi perlu asupan kalsium yang cukup untuk proses tumbuh kembangnya. Kalsium berperan penting dalam pertumbuhan tulang yang kuat. Pertumbuhan tulang di masa bayi harus dioptimalkan dengan nutrisi yang cukup. Asupan kalsium tidak hanya ada pada susu, kalsium juga bisa didapat dari bayam. 

Menjaga Sistem Pencernaan Bayi

Pencernaan bayi pada usia 6 bulan masih sangat sensitif. MPASI harus mengandung sayur dan buah yang baik untuk pencernaan. Bayam kaya kandungan serat dan vitamin yang berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan bayi. Manfaat sayur bayam bisa mencegah bayi sembelit dan diare. 

Banner Sayur dan Buah Organik

Sahabat sehat, kini tak perlu ragu lagi mengolah bayam untuk MPASI. Bayam untuk MPASI bisa diolah dengan cara dikukus atau direbus. Supaya nutrisi bayam tetap utuh, merebus dan mengukus bayam tidak boleh lebih dari 2 menit. 

Supaya manfaat sayur bayam lebih optimal, kombinasikan dengan bahan makanan lain yang kaya nutrisi. Bayam bisa dipadukan dengan kentang, wortel atau daging ayam. Hal yang perlu diperhatikan adalah tekstur  MPASI harus sesuai dengan usia bayi. Mulailah MPASI dengan tekstur makanan yang sangat lembut seperti olahan puree.

Sahabat sehat, jika ingin menu MPASI bayi lebih kaya nutrisi, gunakan bayam hijau organik. Pencernaan bayi sangat sensitif. Sayuran organik bebas zat kimia sehingga lebih sehat untuk bayi. Sahabat sehat, bisa dapatkan bayam hijau organik untuk olahan MPASI di SESA.ID.   

 

Referensi: Halodoc

Gambar oleh Konstantin Kolosov dari Pixabay