Home » Blog » 7 Manfaat Sayur Bayam dan Wortel untuk Kesehatan

7 Manfaat Sayur Bayam dan Wortel untuk Kesehatan

sayur bayam dan wortel

Bayam dan wortel enak diolah menjadi sayur bening atau sup. Tips memasak bayam adalah tidak merebusnya terlalu lama agar nutrisinya tetap terjaga. Rasa wortel yang manis akan memberikan rasa sayur bayam yang labih segar dan enak. 

Bayam dan wortel juga sangat kaya manfaat untuk kesehatan. Sayur bayam wortel selain enak juga sangat bergizi. Yuk, cari tahu manfaat sayur bayam dan wortel untuk kesehatan!

Bayam dan Wortel Sumber Zat Besi

Sayur bayam dan wortel mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi diperlukan untuk membantu pembentukan energi. Zat besi juga sangat penting dalam produksi sel darah merah. Penderita anemia dan ibu hamil membutuhkan asupan zat besi lebih banyak. 

Banner Sayur dan Buah Organik

Bayam dan Wortel Sumber Kalsium

Biasanya kalsium didapat dari sumber hewani. Sayur bayam dan wortel adalah salah satu sumber kalsium non-hewani. Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada bayam dan wortel sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Ditambah kandungan vitamin K pada bayam dan wortel membantu kinerja kalsium. 

Bayam dan Wortel Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang sangat lengkap. Wortel dan bayam mengandung vitamin A, B, C, D, K, zat besi, folat, antioksidan, kalsium dan serat. Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan tubuh, khususnya ibu hamil dan menyusui. 

Manfaat dari nutrisi sayur bayam dan wortel juga sangat berguna untuk janin dan bayi. Nutrisi yang lengkap membantu pertumbuhan bayi dan janin lebih optimal. Bayam dan wortel bermanfaat menjaga daya tahan tubuh ibu dan bayi.

Bayam dan Wortel Mencegah Kerusakan Sel Tubuh

Kerusakan sel tubuh bisa dicegah dengan antioksidan dan vitamin C dari bayam dan wortel. Antioksidan akan menjaga sel tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin C yang membantu melindungi sel tubuh dan mencegah degenerasi sel prematur.

Bayam dan Wortel Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bayam dan wortel tinggi kandungan serat dan vitamin yang bermanfaat bagi pencernaan. Gangguan pencernaan seperti sembelit dapat diatasi dengan konsumsi sayur bayam dan wortel. Walaupun tidak sedang mengalami gangguan pencernaan, Sahabat sehat tetap bisa mengonsumsi sayuran ini agar pencernaan tetap sehat.  

Bayam dan Wortel Menutrisi Kulit dari Dalam

Merawat kulit dari luar saja belum cukup. Sahabat sehat juga perlu makanan bergizi agar kulit tetap sehat. Sayur bayam dan wortel kaya vitamin A dan vitamin C yang membantu menjaga keremajaan kulit. Vitamin A dan C membantu memperbaiki jaringan kulit dan membuat kulit tampak selalu segar.

Bayam dan Wortel Sebagai Makanan Pendamping Diet

Program diet untuk mendapatkan berat badan ideal harus ditunjang dengan pilihan makanan sehat. Sayur bayam dan wortel yang kaya serat dan vitamin cocok dijadikan menu favorit saat diet. Sahabat sehat bisa tambahkan tomat atau kaldu jamur untuk memperkaya rasa secara alami.

Banner Sayur dan Buah Organik
Mengolah sayur bayam wortel tidaklah sulit, Sahabat sehat. Bayam dan wortel bisa dijadikan sebagai sayur bening. Sahabat sehat juga bisa mengukus bayam dan wortel dengan tahu. Jika suka rasa yang lebih gurih, tumis bayam dan wortel dengan sedikit minyak wijen pun nikmat. 

Sahabat sehat, pilihlah bayam dan wortel organik untuk mendapatkan rasa yang segar dan sehat. Sayuran organik bebas dari sisa-sisa pestisida yang berasal dari zat kimia. Sayuran segar organik yang berkualitas bisa didapatkan di SESA.ID.

 

Referensi: Grid.id

Gambar oleh Blandine JOANNIC dari Pixabay