Home » Blog » Senam Di Masa Pandemi, Agar Tetap Sehat dan Meningkatkan Imun

Senam Di Masa Pandemi, Agar Tetap Sehat dan Meningkatkan Imun

senam di masa pandemi

senam di masa pandemiSelama masa pandemi ini hampir seluruh aktivitas di luar rumah terhenti total, dan seluruh lapisan masyarakat dianjurkan untuk tinggal di rumah saja. Bosan dan jenuh pasti dirasakan karena hanya itu – itu saja yang selalu dikerjakan. Oleh karenanya jika kegiatan itu diselingi dengan berolahraga tentunya akan bermanfaat bagi kesehatan jasmani maupun rohani.

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan di rumah adalah senam. Dengan melakukan senam di masa pandemi Sahabat Sehat bisa menjadi lebih glowing setelah pandemi berakhir

Senam merupakan olahraga yang murah dan mudah, bahkan semua orang bisa melakukan senam di rumah agar tidak melanggar aturan prokes yang berlaku.

Jika sahabat sehat masih ingat gerakan senam kesehatan jasmani saat sekolah dulu bisa dilakukan dirumah, tidak ada salahnya untuk melakukannya sembari menjalani masa PPKM untuk membantu menekan penyebaran virus corona. Dengan begitu kita tetap bisa menjaga kebugaran sekaligus mentaati anjuran dari pemerintah untuk tetap di rumah.

Senam tanpa alat

Senam adalah olahraga paling mudah, bisa dilakukan dimana saja, baik dilakukan sendiri atau berkelompok. Selain itu bisa dilakukan tanpa memerlukan alat bantu olahraga, cukup dengan badan dan ruang yang cukup untuk bergerak. Serta tidak perlu memakan waktu lama, cukup 10 – 15 menit saja, sehingga tidak akan mengganggu sahabat sehat kerja di rumah atau WFH.

Namun akan terasa kurang seru apabila kita hanya sekedar menggerakkan badan, sambil memutar musik yang upbeat untuk mengiringi kegiatan senam bisa kita lakukan untuk menambah semangat. Jika sahabat sehat sudah berkeluarga, bisa juga mengajak seluruh anggota keluarga termasuk anak. Tidak perlu takut khawatir terjadi apa – apa karena senam tanpa alat sehingga aman bagi anak.

Utamakan gerakan ringan agar tak cedera

Walaupun kini banyak video panduan senam, seperti zumba hingga aerobik yang bisa di lihat di internet. Namun jika belum terbiasa, sahabat sehat sebaiknya memilih gerakan senam sederhana untuk mengurangi resiko cedera. Karena senam di masa pandemi tujuan utamanya menjaga kebugaran agar terhindar dari terpaan penyakit.

Apabila si kecil ingin ikut, pilih gerakan yang dapat membantu melatih sistem motorik pada anak, usahakan carilah gerakan yang benar – benar aman namun sederhana. Bila perlu kita bisa melihat video di internet tentang gerakan senam untuk melatih sistem motorik. Selain itu kegiatan ini dapat membantu melatih fokus pada juga, lho sahabat sehat.

Tetap bugar walau di rumah saja

Dengan melakukan kegiatan senam di rumah secara rutin dengan mengutamakan kebugaran terjaga membuat resiko sahabat sehat tertular penyakit menjadi semakin kecil dan diharapkan terhindar.

Walaupun tetap di rumah saja, jangan sampai sahabat sehat bermalas – malasan dan terus semangat menjalankan aktivitas sehari – hari. Dan jangan lupa perhatikan asupan nutrisi dan kondisi tubuh karena kondisi tubuh setiap orang berbeda dan tiap hari berubah – ubah.

Jadi melakukan senam di masa pandemi termasuk penting, asalkan tidak berlebihan dan disesuaikan dengan kondisi tubuh. Kebugaran dan daya tahan tubuh tak bisa didapat secara instan, selain tetap makan makanan bergizi kita harus mengimbanginya dengan rutin melakukan olahraga. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, pikiran yang positif, dan hati yang senang.

Referensi : jurnal sehat snsep3k