Home » Blog » 6 Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan

6 Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan

manfaat susu kurma
Photo by Ann Nekr from Pexels

 

Manfaat susu kurma – Tak hanya di bulan Ramadhan, buah yang dianggap mujarab untuk kesehatan tubuh karena mengandung nutrisi dan vitamin yang berlimpah ini sering dikonsumsi terutama bagi orang yang sedang melakukan program hamil, bahkan ibu menyusui. Tidak sedikit orang yang mencampurkan buah yang memiliki banyak varian ini dengan susu tentu agar lebih variatif ataupun lebih mudah dikonsumsi.

Manfaat Susu Kurma untuk Kesehatan

Sesuai dengan namanya, susu kurma terdiri atas susu sapi yang diracik dengan kurma. Kombinasi ini ternyata membawa manfaat sehat yang lebih besar lagi. Susu kurma adalah olahan buah kurma yang menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan nutrisi buah kurma mengandung karbohidrat, protein, vitamin B, zat besi, dan kalium.

Sementara itu, susu kaya akan lemak, protein, dan segudang vitamin lainnya, seperti vitamin A, B6, dan D.  Untuk meraciknya agar lebih sehat, Sahabat Sehat bisa mengombinasikannya dengan

susu segar, cashew dan madu agar lebih nikmat.  Lantas, apa manfaat susu kurma untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasannya yuk!

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat kurma adalah dapat menurunkan tekanan darah hingga menjadi stabil. Hal ini dikarenakan kurma kaya akan kalium namun rendah natrium. Tak hanya itu, kurma dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam darah.

Menurunkan Risiko Kanker

Susu kurma mengandung antioksidan alami, kaya akan magnesium, fosfor, dan kalsium. Adanya kombinasi nutrisi tersebut bisa membantu menurunkan risiko terjadinya kanker.

Booster ASI

Kandungan pada kurma seperti tryptophan, diyakini dapat menghasilkan serotonin yang merupakan hormon kebahagiaan. Kondisi tersebut dapat membuat ibu lebih tenang dan jauh dari stres.Selain itu serotonin juga dapat mencegah turunnya kadar prolaktin yang diperlukan untuk produksi susu ibu. Kondisi ibu yang jauh dari stres dan memiliki kadar prolaktin yang tinggi, dapat membuat produksi ASI meningkat dan volume ASI pun semakin banyak.

Menjaga Kesehatan Tulang

Susu yang kaya akan kalsium tentu sangat bermanfaat untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Dengan mencampurnya dengan kurma, nutrisi yang didapatkan tentunya akan semakin baik bagi tulang.

Kurma juga tinggi akan kalsium, selenium, tembaga, dan magnesium. Bukan hanya memperkuat tulang, nutrisi ini juga penting untuk menjaga kekuatan gigi dan mencegah osteoporosis.

Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kaya akan vitamin B, kalium, dan natrium ternyata membuat manfaat susu kurma dapat menjaga kesehatan sistem saraf. Ketiga nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk tubuh agar dapat mengirimkan pesan dari tubuh ke otak, serta sebaliknya lewat sistem saraf.

Terlebih lagi, ion pada natrium dan kalium juga menghasilkan rangsangan saraf yang membantu menyampaikan pesan dari otak. Oleh karena itu, konsumsi susu kurma menjadi alternatif yang baik untuk yang ingin sistem sarafnya tetap sehat.

Kulit Sehat Bercahaya

Meminum susu kurma adalah cara alami untuk membuat kulit Sahabat Sehat halus dan bercahaya. Kandungan vitamin C dan D di dalamnya memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit terhadap radiasi ultraviolet. Nutrisi tersebut juga bisa mencegah penyakit kulit, seperti eksim, psoriasis, dan kulit kering.

Membantu Ibu Melahirkan Normal

Jika Sahabat Sehat tengah hamil dan menginginkan proses kelahiran yang normal, mungkin Anda akan direkomendasikan untuk mengonsumsi susu kurma ini.

Pasalnya, beberapa penelitian telah membuktikan kurma dapat mengurangi kebutuhan induksi pada persalinan. Tak hanya itu, mengonsumsi kurma saat hamil dapat membantu melunakan serviks sehingga membantu mempercepat pembukaan.

Susu kurma pada umumnya tinggi gula, tinggi kalori, menggunakan zat-zat tambahan seperti pengawet, pemanis buatan, dan essence (zat penambah rasa) yg tidak dibutuhkan oleh tubuh.

SESA membuat susu kurma dengan menggunakan bahan-bahan organik dan natural sehingga menjadikannya minuman yang aman dikonsumsi, bergizi, lebih rendah kalori, dapat meningkatkan energi, meningkatkan produksi ASI, baik untuk tulang dan kulit. Tak hanya itu, susu kurma buatan SESA juga hanya mengandung 188,5 kal sehingga aman untuk dikonsumsi Sahabat Sehat yang sedang diet.

Bagaimana Sahabat Sehat? Tertarik mencoba susu kurma yang sehat dan kaya akan manfaat untuk tubuh? Agar

bisa mendapatkan manfaat optimal dari mengonsumsi susu kurma dengan penerapan gaya hidup sehat yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, memilihi makanan yang organik dan alami, cukup tidur, berolahraga secara teratur, kelola stres dengan baik, serta menjauhi rokok dan alkohol. Yuk, segera dapatkan susu kurma untuk dukung asupan  #SehatSekarang -mu hanya di sesa.id!

________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.