Home » Blog » 5 Manfaat Yogurt untuk Wajah Sehat dan Cantik Alami

5 Manfaat Yogurt untuk Wajah Sehat dan Cantik Alami

manfaat yogurt untuk wajah

manfaat yogurt untuk wajah – Yogurt dikenal sebagai makanan yang kaya akan bakteri baik untuk sistem pencernaan. Tahukah Sahabat sehat, selain bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, yogurt juga punya manfaat untuk kesehatan kulit wajah? Ya, ada segudang manfaat yogurt untuk wajah yang perlu Sahabat sehat ketahui. 

Yogurt mampu menutrisi kulit karena kaya akan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D dan asam laktat. Asam laktat dikenal juga dengan lactid acid. Lactid acid adalah salah satu nutrisi yang cukup sering ditemukan dalam produk perawat wajah. 

Sahabat sehat, simak 5 manfaat yogurt untuk wajah sehat dan cantik alami berikut, yuk!

1. Menjaga Kelembaban Wajah

Kulit yang terjaga kelembabannya adalah kunci dari kulit sehat. Kelembaban kulit bisa hilang karena terlalu sering mencuci wajah, terkena sinar matahari, atau karena kotoran yang menumpuk. Yogurt bisa memberikan manfaat sebagai pelembab kulit yang aman untuk semua jenis kulit. 

Manfaat yogurt untuk wajah bisa didapatkan dengan menggunakan masker wajah berbahan utama yogurt. Sahabat sehat bisa membuat masker yogurt sendiri atau membeli masker yang siap pakai. 

2. Mengusir Jerawat

Gangguan jerawat membuat tidak nyaman dan berkurangnya rasa percaya diri. Manfaat yogurt untuk wajah sangat ampuh mencegah dan mengusir jerawat. Lactid acid dan zinc pada kandungan yogurt adalah nutrisi yang baik dalam menangkal gangguan jerawat. 

Cara menggunakan yogurt untuk mengatasi gangguan jerawat cukup mudah, Sahabat sehat. Siapkan kapas dan yogurt tawar, tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Yogurt bisa dimasukan ke kulkas dulu sebelum digunakan, supaya wajah terasa lebih tenang dan mengurangi rasa panas atau gatal karena iritasi jerawat. 

3. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Penuaan dini pada wajah terlihat dari munculnya garis halus dan berkurangnya elastisitas kulit. Sahabat sehat, untuk mendapatkan wajah yang bebas dari tanda penuaan dini bisa menggunakan khasiat yogurt. Yogurt ikut membantu meningkatkan produksi kolagen, yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan elastisitas kulit yang terjaga, kulit tidak akan mudah muncul garis-garis halus. 

Manfaat yogurt untuk wajah dalam mencegah penuaan dini bisa didapatkan dengan membuat scrub yogurt dan oat. 

4. Meredakan Iritas Wajah

Wajah kemerahan tanda bahwa wajah mengalami iritasi. Iritasi wajah bisa berbagai macam penyebabnya, salah satunya adalah tersengat sinar matahari. Yogurt memberikan efek menenangkan jika diaplikasikan pada wajah. Yogurt juga kaya akan probiotik yang bisa mengatasi bakteri yang menempel pada wajah. Bakteri bisa jadi salah satu sebab wajah mengalami iritasi. 

Sahabat sehat, mendapatkan manfaat yogurt untuk atasi iritasi tidak sulit. Sahabat sehat bisa campurkan yogurt dan gel lidah buaya. Campuran yogurt dan gel lidah buaya bisa dijadikan sleeping mask alami.  

5. Pencerah Wajah Alami

Yogurt termasuk olahan susu. Sejak lama, susu digunakan sebagai kandungan produk kecantikan untuk mencerahkan wajah. Begitu juga dengan yogurt yang mampu mengembalikan cerah alami wajah. Yogurt bekerja dengan mengangkat sel kulit mati dan membantu proses regenerasi sel kulit. Kulit akan tampak sehat dan cerah dengan rutin menggunakan masker yogurt.

Manfaat yogurt untuk wajah yang cerah alami dengan membuat scrub yogurt. Sahabat sehat bisa membuat scrub yogurt alami dengan mencampur yogurt dengan bubuk kopi. 

 

Menarik ya, Sahabat sehat, ternyata yogurt tak hanya lezat, juga kaya manfaat untuk wajah. Jika ingin mendapatkan manfaat yogurt untuk wajah, pilih yogurt tawar atau yogurt plain. Yogurt Plain Biokul bisa menjadi pilihan yogurt tawar untuk Sahabat sehat. Supaya hasilnya maksimal, Sahabat sehat bisa memadukannya dengan bahan alami lainnya yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit wajah.

Referensi : Sehatq