Home » Blog » 10 Tips Masak Sehat dari Rumah Selama Pandemi Covid-19

10 Tips Masak Sehat dari Rumah Selama Pandemi Covid-19

masak sehat dari rumah

masak sehat dari rumahPandemi covid-19 belum juga selesai. Semakin hari semakin bisa dilihat keparahannya. Oleh karena itu, sahabat sehat harus terus menjaga imunitas tubuh supaya tidak mudah tertular ataupun tidak mudah sakit.

Peningkatan imun sendiri dapat sahabat sehat peroleh dari meminum vitamin c, makanan makanan dengan gizi seimbang yang tentunya sehat, dan juga menjaga kesehatan mental. Sahabat sehat dapat mencoba untuk masak sehat dari rumah supaya makanan yang dihasilkan lebih terjaga, apalagi dikala pandemi. Simak ulasan singkat berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Manfaat Memasak dari Rumah 

Masak sehat dari rumah dapat mengurangi stres emosional akibat pandemi dan dapat dilihat sebagai bentuk waktu luang dan relaksasi. Ini juga dapat berfungsi sebagai kesempatan dalam mengembangkan dan menyempurnakan keterampilan memasak. 

Manfaat lainnya yang dapat sahabat sehat peroleh adalah dapat meningkatkan kepercayaan diri. Terdapat dua aspek dalam memasak, hasil dan aktivitas. Manfaat dari proses memasak adalah dapat menghasilkan makanan yang lezat dan sesuai dengan selera. Hasil masakan ini menjadi sebuah hadiah dari aktivitas yang sahabat sehat lakukan. 

Tips Masak Sehat dari Rumah 

Memasak di rumah bisa menjadi strategi untuk mendapatkan kendali terhadap kualitas makanan dan anggaran rumah tangga, faktor penting di saat krisis kesehatan dan ekonomi. Nah berikut ini 10 tips masak sehat dari rumah yang dapat sahabat sehat praktikkan.

Memasak dengan Metode Penonaktifan Tradisional dan Modern Virus dalam Makanan

Banyak metode canggih dan tradisional yang digunakan untuk mengontrol tingkat virus di dalam makanan. Seperti pemanasan suhu tinggi 70oC dapat menonaktifkan virus.

Merebus Susu

Susu mentah dan susu pasteurisasi lainnya lebih baik untuk direbus dahulu sebelum digunakan.

Mencuci Sayuran dan Buah-Buahan

Sayuran dan buah-buahan harus dicuci bersih dalam wadah berisi air dan desinfeksi, lalu pindahkan ke kulkas. Bisa juga dicuci yang telah dibeli dari pasar dengan air dan desinfektan di rumah. 

Menghindari Makanan Mentah

Makanan mentah dan setengah matang harus dihindari. Terutama daging, produk daging, telur, susu, dan lain sebagainya.

Menggunakan Sarung Tangan Lateks

Saat mengeluarkan paket makanan dari rak toko, sahabat sehat harus menggunakan sarung tangan lateks.

Tingkatkan Minat Memasak

Memasak tanpa niat akan menghasilkan makanan yang kurang bagus, apalagi bagi sahabat sehat yang baru memulai memasak. Oleh karena itu, simpan kuat-kuat tekad untuk memasak makanan dari rumah supaya tetap sehat

Tingkatkan Keterampilan Memasak

Apabila keterampilan memasak meningkat, maka akan senang memasak karena rasa dari hasil masakan yang diharapkan tidak mengecewakan, alias enak sesuai dengan yang diharapkan.

Peralatan Masak yang Sehat

Healthy cooking start with healthy cookware. Ungkapan tersebut cocok sekali diterapkan baik sebelum adanya pandemi maupun sewaktu adanya pandemi covid. Dengan peralatan masak yang sehat, maka kualitas dari makanan juga dapat terjamin. Anda sendiri dapat membeli peralatan memasak yang sehat di sini.

Menggunakan Bahan Makanan Organik

Gunakan bahan makanan organik utuh dengan jumlah yang baik. Seperti sayuran berdaun dan makanan kaya serat (kacang-kacangan utuh, dan biji-bijian).

Menambahkan Probiotik Lactobacillus

Tambahkan sumber probiotik lactobacillus yang telah disetujui dan yang sudah tersedia secara komersial. Seperti produk susu probiotik dapat mengikat langsung ke virus dan menghambat perlekatan virus ke sel inang serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia.

Referensi: Scielo, Tums

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay