Home » Blog » 5 Cara Aman Mencuci Buah dan Sayur, Salah Satunya Pakai Sabun Khusus

5 Cara Aman Mencuci Buah dan Sayur, Salah Satunya Pakai Sabun Khusus

mencuci buah dan sayur

Mencuci buah dan sayur menjadi step penting sebelum mengkonsumsinya. Pasalnya, tanpa dicuci bersih, bisa jadi bahan makanan tersebut malah membawa petaka bagi tubuh. Bagaimana tidak, buah dan sayur mentah biasanya mengandung banyak pestisida atau pun zat kimia lainnya.

Selain membersihkan dari kuman dan kotoran, mencuci buah dan sayur juga sangat penting untuk mengeluarkan nutrisi terbaik yang dikandungnya.

Ada tips dan trik khusus jika Sahabat Sehat tak ingin kehilangan manfaat dari buah dan sayur, Ketika mencucinya. Berikut 5 cara mencuci buah dan sayur yang harus dicatat.

Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Salah satu cara mencuci buah dan sayur yang benar adalah mencuci tangan terlebih dahulu. Ini menjadi penting, untuk menghindari perpindahan bakteri dari tangan ke buah dan sayur yang akan diolah. Biasakan mencuci tangan menggunakan sabun dan juga dilakukan selama kurang lebih 20 detik.

Potong Bagian Busuk

Selanjutnya, Sahabat Sehat juga perlu membuang terlebih dahulu bagian yang sudah tak layak konsumsi. Bagian yang busuk atau sudah menghitam sebaiknya dibuang sebelum proses pencucian, untuk menghindari kerusakan berlebih pada buah dan sayur.

Tak hanya itu, memotong bagian sudah busuk juga menghindarkan adanya mikroorganisme hidup seperti ulat yang biasanya terdapat dalam bagian busuk. Jangan lupa menggunakan pisau bersih Ketika membuang bagian tak layak pakai, untuk menghindari karat yang menempel.

Gunakan Air Mengalir

Memakai air mengalir juga menjadi cara mencuci buah dan sayur yang penting. Sebab dengan air mengalir, seluruh kotoran dan bakteri bisa langsung terbuang bersama air. 

Tidak disarankan menggunakan baskom dengan air yang dipakai berulang kali. Ditakutkan kotoran dan bakteri akan tetap menempel di sayur dan buah yang akan Sahabat Sehat konsumsi.

Gunakan Sikat Halus

Untuk beberapa buah dan sayur, biasanya terdapat noda membandel yang sulit dijangkau. Sahabat Sehat dapat menggunakan sikat bersih untuk menjangkau noda tersebut. Namun, step ini harus dilakukan hati-hati. Karena jika tidak, bisa merusak fisik buah dan sayur yang dicuci.

Disarankan juga menggunakan sikat dengan bulu yang halus. Seperti sikat botol atau sikat sedotan. Dengan begitu, alat ini bisa membantu Sahabat Sehat dalam membersihkan buah dan sayur secara higienis.

Gunakan Sabun Khusus 

Cara mencuci buah dan sayur yang terakhir adalah menggunakan sabun khusus. Beberapa ahli memang tidak menyarankan penggunaan sabun untuk mencuci buah dan sayur. Namun, sekarang sudah banyak sabun khusus mencuci buah dan sayur yang tidak mengandung deterjen. Sabun khusus yang digunakan juga harus memiliki kualitas food grade, atau aman untuk makanan. 

Walau cukup banyak beredar di pasaran, namun Sahabat Sehat harus cermat melihat kandungan sabun yang disebut khusus untuk sayur dan buah. Salah satu yang bisa dipilih adalah Sodasan, yang bisa Sahabat Sehat dapatkan langsung di SESA.

Nah, itu dia beberapa tips cara mencuci buah dan sayur yang aman dan higienis. Jangan lupa setelah dicuci dengan bersih, tempatkan pula buah dan sayur tersebut di tempat kering dan bersih. Jika memang mau disimpan untuk nanti, bisa ditutup rapat di wadah atau pun menggunakan plastic wrap. 

 

Referensi: Alodokter

Photo by Any Lane from Pexels