Home » Blog » 4 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Tipis dan Sensitif Secara Aman

4 Cara Mengatasi Kulit Wajah yang Tipis dan Sensitif Secara Aman

cara mengatasi kulit wajah yang tipis dan sensitif

Empat jenis kulit yang umumnya diketahui orang-orang adalah kulit normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Namun, ada satu tipe lainnya yang perlu dipahami, yaitu kulit sensitif. Seseorang yang memiliki kulit seperti ini harus cermat dalam memilih produk perawatan. Sebab, terkadang kulit sensitif juga berpadu keempat kondisi kulit tadi.

Area kulit sensitif bisa terdapat di mana saja. Ciri-cirinya mudah terasa gatal, timbul bercak merah, atau iritasi yang menimbulkan sensasi panas. Wajar saja sebab kondisi kulit sensitif sangat tipis. Inilah yang membuatnya lebih peka dibandingkan jenis kulit lainnya. Dengan demikian, merawatnya tidak boleh sembarangan apalagi menggunakan bahan kimia yang berbahaya.

Lantas, bagaimana kalau wajah seseorang termasuk kategori kulit sensitif? Apakah tidak boleh menggunakan skin care atau kosmetik? Tenang, bagi yang memiliki wajah berkulit sensitif tetap bisa memakai produk kecantikan. Hanya saja perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah cara mengatasi kulit wajah yang tipis dan sensitif secara tepat sekaligus aman:

Jika memiliki kulit sensitif, tidak dianjurkan untuk terlalu sering mencuci muka. Kalau pun mau membersihkan sisa make up dan kotoran, sebaiknya menggunakan air hangat. Kulit sensitif mudah bereaksi apabila terkena air yang suhunya ekstrem, misalnya terlalu dingin atau terlalu panas.

Pastikan tidak ada sisa make up dan sabun yang menempel pada wajah. Jangan gosok terlalu kencang dan mengusap-usap wajah. Cukup pijat wajah dengan lembut, lalu lap perlahan wajah dengan handuk. Cara seperti ini aman dan tidak akan mengganggu kulit.

  • Perhatikan Kandungan Pada Produk

Kulit sensitif sangat mudah bereaksi saat terpapar kandungan tertentu, apalagi bahan kimia. Tidak semua produk yang dipasarkan cocok bagi si pemilik kulit sensitif. Oleh sebab itu, hanya gunakan produk untuk kulit sensitif karena kandungannya sudah dipastikan cocok dengan kondisi kulit.

Sebelum membeli produk, cek dulu kandungan di dalamnya. Hindari produk-produk yang memiliki campuran alkohol, pewangi, dan sebagainya. Jika tidak cocok, kulit akan memunculkan reaksi dan terasa tidak nyaman. Parahnya, beberapa orang ada yang sampai berganti kulit dan membuat lapisan kulit wajahnya semakin tipis.

  • Jangan Sering Ganti Produk

Cara mengatasi kulit wajah yang tipis dan sensitif paling sederhana adalah tidak sering berganti produk. Seringnya seseorang tergoda dengan produk-produk baru. Sayangnya, seseorang yang berkulit sensitif harus bersabar karena tidak boleh begitu saja mencoba produk baru tersebut.

Terlalu sering berganti produk akan membuat lapisan kulit semakin menipis. Tak hanya itu, jika ternyata tidak cocok dengan kandungannya, maka bisa saja muncul reaksi yang lebih parah dari sebelumnya. Kalau sudah begini, seseorang perlu ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.

  • Lindungi dengan Tabir Surya

Sunscreen memberikan banyak manfaat, terutama bagi si pemilik kulit wajah sensitif. Sayangnya, belum banyak yang menyadari bahwa pentingnya mengaplikasikan tabir surya saat beraktivitas. Menggunakan tabir surya pada wajah akan mencegah suhu panas terpapar langsung ke kulit. Dengan begitu, kulit tidak akan memerah dan terasa terbakar saat sedang beraktivitas di luar.

Pilihlah tabir surya yang khusus diperuntukkan bagi jenis kulit sensitif. Sebab, tidak semua kandungan tabir surya sama meskipun fungsinya untuk melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Kalau bingung di mana mendapatkan produk yang tepat, cek produk-produk dengan bahan alami dan kandungan yang aman di SESA.ID. Cara mengatasi kulit wajah yang tipis dan sensitif memang tidak mudah tapi bukan berarti kamu harus selalu ke dokter untuk menjaganya.

Referensi hellosehat

Gambar oleh silviarita dari Pixabay