Home » Blog » 3 Hal Penting Saat Menggunakan Virgin Coconut Oil

3 Hal Penting Saat Menggunakan Virgin Coconut Oil

menggunakan virgin coconut oil

Minyak kelapa murni merupakan salah satu sumber dietary fat memberikan berbagai manfaat kesehatan seperti menurunkan kolesterol, resiko penyakit jantung, berat badan, meningkatkan fungsi kognitif dan agen antimikrobial. Saat ini mulai banyak yang mempertimbangkan penggunaan virgin coconut oil sebagai pilihan minyak sehat yang digunakan.

Virgin coconut oil mulai dikenal masyarakat berkat manfaatnya yang dapat menurunkan tekanan darah hingga memperlambat perkembangan penyakit alzheimer. Banyak produsen yang mulai menggunakan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil dalam produk kemasan seperti manisan, shampo, kopi dan juga smoothie.

Sebelum menggunakan virgin coconut oil ada beberapa hal yang harus Sahabat Sehat perhatikan berikut ini:

Hindari Untuk Menggoreng dengan Deep Frying

Walaupun minyak kelapa dikatakan baik untuk dimasukkan dalam makanan kita sehari-hari, namun pengolahan dengan deep frying (bahan yang digoreng sampai terendam minyak) tetap tidak dianjurkan, apalagi sampai penggunaan yang berulang.

Hal ini dikarenakan akan mengurangi kualitas gizi minyak kelapa dan menghilangkan keunggulan lemak rantai sedang yang dimiliki minyak kelapa tersebut. Sehingga pada akhirnya jika sering dilakukan akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Perhatikan Titik Asap (Smoke Point)

Ketika memasak menggunakan panas tinggi kita tentu ingin menggunakan minyak yang stabil dan tidak mudah teroksidasi yang dapat membentuk radikal bebas atau senyawa yang berbahaya untuk tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan smoke point dari setiap minyak yang akan kita gunakan.

Smoke point atau titik asap adalah titik dimana lemak yang terkandung di dalam minyak mulai terurai dan mengeluarkan asap untuk pertama kali. Selain itu, saat titik ini tercapai, cita rasa dan nutrisi dalam minyak pun juga mulai terurai. Jadi akan lebih baik menggunakan minyak dengan smoke point yang lebih tinggi untuk memasak makanan yang memerlukan suhu tinggi dan waktu yang lama dalam prosesnya seperti minyak kelapa untuk menjaga nutrisi dalam minyak.

Namun, akan berbeda lagi jika ingin menggunakannya hanya untuk dressing salad, langsung diminum atau sampai dengan menumis, minyak dengan smoke point rendah lebih cocok digunakan seperti Virgin Coconut Oil (VCO) yang memiliki kandungan nutrisi dan antioksidannya lebih tinggi secara alami.

Gunakan Minyak Sudah Tersertifikasi Organik

Minyak kelapa yang sudah bersertifikasi organik pada kemasannya biasanya dalam pembuatannya tidak melalui proses pemurnian atau unrefined oil yang ditandai dengan “pure ingredients” atau “virgin”. Hal ini untuk memastikan bahwa minyak yang kalian konsumsi bebas dari pestisida dan bahan-bahan kimia lainnya serta nutrisi yang ada di dalam minyak kelapa lebih terjaga.

 

Nah, setelah mengetahui beberapa hal yang harus Sahabat Sehat perhatikan saat menggunakan virgin coconut oil, tak ada salahnya kamu menggunakan minyak kelapa murni dengan bijak agar hidangan #SehatSekarang -mu dapat dinikmati oleh seluruh keluarga dan mendapatkan manfaat maksimal dari virgin coconut oil. Temukan aneka minyak kelapa murni terbaik hanya di sesa.id!

Photo by cottonbro from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.