fbpx
Skip to content
Home » Blog » 5 Kriteria Merk Panci Kukus yang Bagus, Apa Saja?

5 Kriteria Merk Panci Kukus yang Bagus, Apa Saja?

Kriteria Merk Panci Kukus yang Bagus, Apa Saja

Mencari merk panci kukus yang bagus memang tidak boleh sembarangan dilakukan. Sahabat Sehat harus meneliti beberapa kriteria tertentu agar nantinya dapat digunakan secara optimal untuk memasak.

Secara umum, ada lima aspek penting yang menentukan apakah panci tersebut bagus digunakan atau tidak. Kami akan mengupas secara detail sehingga Sahabat Sehat dapat menjadikannya sebagai referensi.

Langsung saja pada segmen berikutnya akan kami jelaskan seperti apa faktor penentunya. Jadi ketika nanti butuh membeli peralatan masak seperti ini bisa langsung memilih sendiri sesuai kebutuhan.

5 Kriteria Penting Sebelum Memilih Merk Panci Kukus yang Bagus

Apabila Sahabat Sehat memang gemar memasak tentu tidak boleh memilih secara sembarangan agar hasilnya optimal. Jangan khawatir karena di sini kami akan bahas apa saja kriterianya sehingga bisa digunakan secara optimal.

Ternyata, dalam memilih peralatan masak Sahabat Sehat memang tidak boleh sembarangan melakukannya. Jadi simak lima kriteria berikut ini agar ketika mencari panci kukus tidak salah lagi.

DAPATKAN PANCI KERAMIK GREENPAN DI SESA.ID

1. Material penyusun

Salah satu faktor penting dalam menentukan merk panci kukus yang bagus Sahabat Sehat harus melihat material penyusunnya. Apakah itu stainless steel, keramik, cast iron, atau aluminium.

Karena dengan mengetahui apa saja materialnya tentu Sahabat Sehat bisa menentukan apakah tepat digunakan atau tidak. Misalnya secara spesifik Sahabat Sehat akan memasak masakan asia maka lebih baik menggunakan steamer stainless steel atau aluminium.

Jika ingin mendapatkan hasil lebih optimal dalam membuat masakan memang harus tahu seperti apa material penyusunnya. Karena material penyusun tersebut akan berpengaruh pada proses kimia ketika memasak masakan.

2. Durabilitas

Parameter berikutnya untuk menentukan merk panci kukus yang bagus adalah daya tahannya. Jika Sahabat Sehat berbicara daya tahan tidak hanya ketika ditaruh di atas kompor saja saat memasak.

Namun juga berbagai kondisi seperti ketika terjatuh saat digunakan sampai berapa potensi usianya. Jika penggunaan memang dikhususkan untuk mengukus maka Sahabat Sehat bisa menggunakan aluminium atau stainless steel.

Dengan memastikan bahwa bahannya memang awet Sahabat Sehat tidak perlu terlalu sering mengganti cookware. Konsep durabilitas ini juga akan membantu Sahabat Sehat semakin hemat dalam budgeting dapur.

3. Bahan penyusun bagian dalam

Sahabat Sehat juga harus melihat seperti apa konstruksi dari pancinya apakah itu hanya satu jenis bahan atau lebih. Karena dengan melihat bahan penyusun bagian dalam bisa ditentukan merk panci kukus yang bagus.

Kami menyarankan untuk menggunakan cookware multifungsi sehingga bisa lebih fleksibel. Karena ketika Sahabat Sehat terlalu spesifik mencari steamer pot maka fungsinya hanya satu saja untuk mengukus.

Sedangkan kebutuhan dapur tentu saja akan bervariasi tergantung pada kebutuhan rumah tangga. Jadi jika memungkinkan Sahabat Sehat bisa pilih bagian luar stainless steel dan dalamnya PTFE (teflon).

BACA JUGA: 3 Alasan Besar Kenapa Harus Memasak Dengan Panci Sehat Segera!

4. Kecocokan pada kompor

Sahabat Sehat perlu tahu bahwa menentukan cookware juga harus melihat dari aspek cooktops atau kompornya. Jika masih menggunakan kompor gas tentu bentuk bagian bawah pan yang memiliki lengkungan akan lebih optimal.

Karena dengan adanya lengkungan panas dari kompor akan lebih mudah merata ke seluruh bagian. Sehingga ini menimbulkan pemuaian material terjadi secara rata dan cookware tetap awet.

Namun ketika kompornya sudah memakai tipe induksi, maka lebih tepat jika menggunakan flat bottom cookware. Ini akan lebih optimal karena semua permukaan bawahnya langsung terinduksi secara optimal.

5. Sesuaikan merk panci kukus yang bagus dengan harganya

Untuk mengetahui apakah kualitas barangnya terpercaya selalu lihat harganya terlebih dahulu. Jangan hanya tergiur dengan harga murah atau diskon namun ternyata kualitasnya meragukan.

Itu semua adalah faktor penting yang perlu diketahui sebelum melakukan belanja cookware. Jadi nantinya Sahabat Sehat bisa mendapatkan cookware berkualitas dan paling penting awet ketika digunakan.

BACA JUGA: Panci Keramik Terbaik untuk Kesehatan Keluarga

Inilah Rekomendasi Mencari Merk Panci Kukus yang Bagus

Setelah mengetahui semua aspek tadi, tentu sekarang Sahabat Sehat Penasaran apakah ada merk yang mampu mengakomodasi semuanya. Ternyata ada cookware paling tepat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Sahabat Sehat.

Panci Kerami copenhagen-black-covered-saucepan-greenpan

Copenhagen Black Covered Saucepan GreenPan 18 Cm

Salah satu merk yang mungkin cocok sahabat sehat gunakan adalah greenpan karena terbukti kualitasnya. Apabila Sahabat Sehat ingin mencari cookware dari greenpan bisa menggunakan sesa.id untuk membelinya.

Jadi tidak perlu lagi bingung mencari merk panci kukus yang bagus ketika sudah ada rekomendasi terbaik. Itu tentu saja dapat digunakan sebagai salah satu solusi memasak untuk keluarga tercinta.

GreenPan Delight Lavender

GreenPan Delight Lavender Cvd Saucepan

Jangan sampai meremehkan pentingnya memilih merk terpercaya agar kualitasnya dapat dibuktikan. Cookware adalah sebuah investasi dapur yang perlu Sahabat Sehat lakukan jadi jangan cari produk murahan.

Dengan menggunakan semu informasi tadi, tentu saja sekarang Sahabat Sehat tidak sulit lagi ketika memilih. Pahami apa saja kriteria merk panci kukus yang bagus agar dapat menghasilkan masakan nikmat dan sehat untuk keluarga.