Home » Blog » 12 Manfaat Minuman Probiotik untuk Kesehatan Tubuh Baik Orang Dewasa maupun Anak-anak

12 Manfaat Minuman Probiotik untuk Kesehatan Tubuh Baik Orang Dewasa maupun Anak-anak

Minuman probiotik

Halo Sahabat Sehat! Minuman dengan klaim probiotik di Indonesia semakin hari semakin banyak di pasaran ya Sahabat Sehat. Namun, apakah Sahabat Sehat tahu manfaat sebenarnya dari minuman probiotik? Mari kita simak penjelasannya Sahabat Sehat.

Minuman probiotik adalah minuman yang memiliki kandungan bakteri probiotik Rasa dari minuman ini biasanya enak, segar, dan aman dikonsumsi siapa pun. Minuman probiotik bisa diolah dengan mencampurnya bersama buah untuk di jus.

Minuman probiotik dapat dikonsumsi baik untuk anak-anak maupun dewasa seperti yogurt, kefir, kombucha, dan sebagainya. Berbeda dengan prebiotik, prebiotik adalah sejenis serat yang tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai makanan untuk bakteri baik dalam tubuh manusia agar jumlahnya tetap seimbang. Contoh dari prebiotik adalah sayuran, gandum, oat, bawang putih, bawang bombay, dan lainnya.

Adapun 12 Manfaat dari Minuman Probiotik

  1. Membantu Menyeimbangkan Ekosistem Pencernaan

Perlu Sahabat Sehat ketahui, bahwa manfaat dari minuman probiotik tidak lepas dari peranan bakteri probiotik. Bakteri probiotik merupakan mikroorganisme yang dapat memiliki kemampuan mengembalikan keseimbangan bakteri di dalam usus.

Adanya ketidakseimbangan bakteri baik dan bakteri jahat di dalam usus  dapat di sebabkan karena penyakit, obat-obatan seperti antibiotik, dan pola makan yang tidak baik.

DAPATKAN SUMBER PROBIOTIK DI SESA.ID

  1. Mencegah dan Mengobati Diare

Minuman probiotik juga dapat mencegah dan mengobati diare. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik berperan dalam menurunan risiko diare sebesar 42% yang diakibatkan antibiotik.

Tak hanya itu, probiotik juga dapat membantu mengatasi bentuk diare lain yang tidak terkait dengan antibiotik. Sehingga tidak ada salahnya apabila Sahabat Sehat mengkonsumsi minuman probiotik ketika mengalami diare.

  1. Meningkatkan Beberapa Kondisi Mental

Taukah Sahabat Sehat, kesehatan usus seringkali dihubungkan dengan suasana hati dan kesehatan mental. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 100 gram yogurt probiotik per hari atau mengonsumsi kapsul probiotik setiap hari dapat memberikan manfaat untuk kesehatan umum, depresi, kecemasan, dan stres.

Manfaat probiotik juga dapat dilihat pada penelitian yang melibatkan 40 pasien depresi. Selama pasien tersebut mengonsumsi suplemen probiotik dalam jangka waktu 8 minggu dilaporkan. Dapat menurunkan tingkat depresi dan mengurangi kadar protein C-reaktif (penanda peradangan) dan hormon seperti insulin, dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi probiotik.

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Sahabat Sehat, minuman yang mengandung probiotik dikenal juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, dengan cara menurunkan kolesterol LDL dan tekanan darah.

Bakteri penghasil asam laktat yang terdapat dalam minuman dapat mengurangi kolesterol dengan memecah empedu di usus. Empedu yang merupakan cairan alami yang sebagian besar terbuat dari kolesterol untuk membantu pencernaan.

  1. Mengurangi Keparahan Eksim

Menurut beberapa penelitian minuman probiotik bermanfaat untuk megurangi keparahan eksim, gejala eksim dapat membaik pada bayi  yang diberi susu probiatik dibandingkan dengan yang tidak diberi susu probiotik.

Selain itu, perlu diketahui Sahabat Sehat bahwa  ibu hamil yang mengkonsumsi probiotik semasa kehamilan dapat menurunkan risiko sebanyak 83 persen lebih rendah memiliki bayi terkena eksim dalam dua tahun pertama kehidupannya.

  1. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minuman yang mengandung probiotik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghambat pertumbuhan bakteri usus yang berbahaya. Beberapa studi menunjukkan bahwa probiotik terbukti dapat meningkatkan produksi antibodi alami dalam tubuh seperti sel penghasil IgA, limfosit T, dan sel pembunuh alami.

Selain itu, studi dengan skala besar menunjukkan bahwa mengonsumsi probiotik bisa mengurangi terjadinya infeksi pernapasan. Namun, hal ini perlu adanya penelitian yang lebih lanjut.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat minuman probiotik lainnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan melalui sejumlah mekanisme yang berbeda seperti beberapa probiotik dapat mencegah penyerapan lemak makanan di usus, sehingga lemak akan dikeluarkan melalui feses.

Selain itu, probiotik juga dapat meningkatkan kadar hormon tertentu, seperti GLP-1, sehingga dapat membantu Sahabat Sehat merasa kenyang lebih lama, membakar lebih banyak kalori, dan menyimpan lebih sedikit lemak.

sumber minuman probiotik

Kefir Sumber Probiotik

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat minuman probiotik yang paling sering kita dengar adalah mampu menjaga kesehatan pencernaan. Probiotik dapat membersihkan usus dari kotoran yang mengendap. Ketika kotoran dalan usus mengendap, maka asam yang terdapat dalam probiotik bermanfaat untuk membersihkan bakteri yang menyebabkan penyakit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jenis probiotik tertentu dari strain Bifidobacterium dan Lactobacillus dilaporkan dapat memperbaiki gejala pada orang dengan kolitis ulserativa ringan. Selain itu, suplementasi dengan probiotik E. coli Nissle sama efektifnya dengan obat-obatan dalam mempertahankan remisi pada orang dengan kolitis ulserativ.

Penelitian terdahulu juga menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar (IBS). Bakteri baik ini juga telah terbukti dapat mengurangi risiko enterokolitis nekrotikans parah hingga 50 persen yang sering terjadi pada bayi prematur.

  1. Mencegah dan Membantu Mengatasi Infeksi Saluran Pernafasan

Sahabat Sehat minuman probiotik juga dapat mencegah dan membantu mengatasi infeksi saluran pernafasan  seperti pilek dan infeksi pernafasan lainnya. Dimana bakteri probiotik berupa Lactobacillus dan Bifidobacterium dapat mempercepat waktu sakit yang dialami akibat infeksi.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Taukah Sahabat Sehat meskipun minuman probiotik di kosumsi dengan cara di minum. Namun,  dengan mengkonsumsi minuman tersebut ada beberapa manfaat penting  untuk menjaga kesehatan kulit salah satunya yaitu probiotik dapat menghindari timbulnya  jerawat, membantu penyembuhan luka dan menjaga dari paparan sinar matahari.

  1. Menjaga Kesehatan Vagina

Dilansir dari Harvard Health Publishing, probiotik tidak hanya mampu menjaga kesehatan pencernaan melainkan mampu menjaga kesehatan organ intim. Menurutnya probiotik Lactobacillus acidophilus dapat menjaga keseimbangan bakteri pada vagina.Selain itu, dapat juga membantu mencegah gangguan kesehatan vagina seperti vaginosis bakteri, infeksi jamur, maupun infeksi saluran kemih.

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Sahabat Sehat yang ingin meningkatkan kesehatan gigi dan mulut dengan meminum probiotik juga bisa loh. Dilansir dari Healthline, bahwa minuman probiotik dapat mencegah plak, bau mulut, kanker mulut, dan gusi.

Studi menunjukkan bahwa bau mulut sering kali disebabkan oleh bakteri yang berada di dalam mulut atau usus. Diketahui bahwa orang yang mengonsumsi probiotik Streptococcus salivarius selama tiga hari dapat mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

Selain itu, penelitian meunjukkan bahwa bakteri Lactobacillus salivarius dapat mengurangi kanker mulut pada tikus. Namun, Perlu penelitian lebih lanjut. Jurnal Probiotics for Oral Health: Myth or Reality? juga memberikan informasi bahwa probiotik dapat mengurangi gejala radang gusi (gingivitis) dan juga dapat mengurangi plak.

Sekarang, Sahabat Sehat sudah mengetahui begitu banyak sekali manfaat dari minuman yang mengandung probiotik terhadap kesahatan tubuh. Oleh karena itu, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung bakteri probiotik seperti yogurt dan makanan fermentasi lainnya yang dapat Sahabat Sehat temukan di (https://sesa.id/dairy/yogurt-dan-kefir.html)

Minuman Probiotik SESA

https://www.merdeka.com/sehat/10-manfaat-bakteri-probiotik-untuk-kesehatan-tubuh.html

https://health.kompas.com/read/2021/06/04/150300668/8-manfaat-probiotik-untuk-kesehatan-yang-sayang-dilewatkan?page=all

https://www.sehatq.com/artikel/apa-itu-probiotik-kenali-manfaat-probiotik-bagi-tubuh-anda

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3636620/manfaat-probiotik-untuk-kesehatan-gigi-dan-mulut

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/probiotik-dan-prebiotik-apa-bedanya/

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/probiotik-dan-prebiotik-apa-bedanya/

 

Sumber Gambar:

https://www.pexels.com/

https://pixabay.com/