Home » Blog » Tips Memilih Sabun Cuci Tangan Yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan

Tips Memilih Sabun Cuci Tangan Yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan

sabun cuci tangan

Sabun, merupakan barang yang erat dengan kebutuhan keseharian kita. Ketika kita mandi, atau mencuci tangan; tentunya kita menggunakan sabun agar bisa mencegah berbagai bakteri yang tertinggal, menyegarkan badan, atau membersihkan tangan dari kotoran sebelum maupun sesudah beraktivitas. Tentunya semua orang memiliki preferensi dalam memilih sabun; dari teksturnya yang cair atau batangan, dari harum relaksasinya baik yang strong maupun yang soft, kebutuhan yang dianjurkan dokter, hingga harganya. 

Tak terkecuali dengan sabun cuci tangan, yang mungkin masih jarang disorot. Mayoritas orang masa kini lebih sering menggunakan hand sanitizer alami yang praktis sebagai pengganti sabun tangan saat berpergian. Tapi, bukan berarti tidak ada loh orang yang masih setia memilih sabun tangan saat berpergian. 

Hand Sanitizer Alami Vs. Sabun Cuci Tangan Cair; Manakah Yang Lebih Efektif

Menjadi topik perbincangan yang cukup hangat untuk dibahas jika kita mengaitkannya dengan hand sanitizer alami dan sabun cuci tangan. Terutama di masa – masa seperti ini, kedua hal tersebut dianggap marak diburu oleh masyarakat. Jika melihat dari cara kerjanya, kedua produk tersebut sama – sama efektif dalam membunuh kuman. Hanya saja, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing – masing. 

Ambil contoh, hand sanitizer sangatlah praktis untuk dibawa kemana-mana. Dengan tekstur liquid maupun spray yang tidak memerlukan proses pembilasan lagi, menggunakan hand sanitizer alami dinilai lebih instan dan menghemat waktu. Tapi, sabun cuci tangan tetap menjadi primadona, dalam beberapa situasi yang memungkinkan.

Mengapa sabun tangan lebih efektif membunuh virus atau kuman dibandingkan dengan hand sanitizer? Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan senyawa seperti lemak di dalam sabun tangan yang disebut amphiphiles,  jadi ketika bersentuhan dengan zat lemak tersebut, virus atau kuman akan terikat. Tapi terlepas dari itu, kembali menyesuaikan dengan kebutuhan anda ya! 

Tips Memilih Sabun Cuci Tangan Yang Cocok 

Tidak jauh beda dari memilih hand sanitizer alami; dalam memilih sabun tangan yang cocok anda perlu menyesuaikan kondisi kulit anda dengan komposisi dari sabun tangan itu sendiri. Jika anda ragu karena sensitivitas kulit anda yang tinggi, anda bisa segera melakukan konsultasi ke dokter untuk memastikan alergi & ketentuan lain yang harus anda ikuti dalam mencari sabun tangan terbaik.

Terlepas dari kecocokan untuk mencegah dermatitis & iritasi, anda bisa mulai melihat-lihat testimoni dan review produk yang membantu anda untuk mengeliminasi beberapa pilihan alternatif sabun tangan yang anda punya. Misalnya, anda suka dengan harum strawberry dan beberapa merk memiliki produk tersebut; anda hanya perlu memutuskan mana yang paling menarik hati dan sesuai dengan preferensi anda.

Rekomendasi Sabun Cuci Tangan Yang Bisa Anda Coba 

Memperkenalkan, sabun cuci tangan Dr. Bronner dengan sertifikasi resmi dari badan National Organic Program. Sabun tangan Dr. Bronner terbuat dari komposisi fair trade & organic seperti coconut, jojoba, olive, palm kernel, essential oils

Anda tidak perlu ragu, produk Dr. Bronner ini 100% vegan dan tidak merusak lingkungan. Kemampuan produk ini dalam bermulti-fungsi juga terjamin; Dr. Bronner’s Liquid Soap dapat membantu menjaga kesehatan kulit, wajah, dan tubuh anda. Produk sabun ini tidak mengandung deterjen, pengawet sintetis, dan pengental. 

Demikianlah kiat memilih & rekomendasi sabun cuci tangan yang bisa penulis berikan. Cao!

Credit gambar: Instagram Dr. Bronner Indonesia