Home » Blog » Ketahui 5 Manfaat Minyak Kelapa dan Cara Menggunakannya

Ketahui 5 Manfaat Minyak Kelapa dan Cara Menggunakannya

manfaat minyak kelapa dan cara menggunakannya

Minyak kelapa seringnya digunakan untuk memasak. Namun, kalau menelisik lebih jauh, ternyata ada banyak manfaat dari bahan masakan ini. Manfaat minyak kelapa dan cara menggunakannya dengan tepat harus dipahami sebaik mungkin. Supaya khasiat yang diperoleh bisa maksimal dan tidak menimbulkan efek yang keliru.

Cara menggunakan minyak kelapa bisa bervariasi. Tergantung dari kebutuhan dan bagian mana yang ingin disasar. Apabila mau mengaplikasikannya untuk anak-anak, pastikan jumlahnya sesuai. Adapun untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa, seseorang harus memilih minyak kelapa asli yang tidak banyak melalui proses pengolahan.

Mungkin masih ada beberapa orang yang belum mengetahui manfaat minyak kelapa dan cara menggunakannya. Untuk itu, simak poin-poin di bawah ini:

Sebagai Scrub Bibir

Tak mudah untuk mencari scrub bibir. Tidak semua brand kecantikan memiliki produk jenis ini. Jangan khawatir, daripada menggunakan bahan kimia, lebih baik membuat scrub bibir sendiri dari minyak kelapa. Seseorang hanya cukup mencampurkan minyak kelapa dengan garam.

Setelah itu, aduk merata dan oleskan pada bibir. Biarkan sampai agak mengering lalu gosok perlahan. Jangan gosok terlalu kuat karena akan membuat bibir perih. Gosokan yang lembut sudah cukup mengangkat lapisan kulit kering dan sel-sel mati.

Sebagai Minyak Pijat Untuk Bayi

Manfaat minyak kelapa yang satu ini perlu diketahui ayah dan bunda. Ada banyak manfaat jika bayi rutin dipijat. Hanya saja minyak yang digunakan tidak boleh panas dan dipastikan tidak mengandung bahan alami yang dapat menimbulkan alergi. Oleh sebab itu, minyak kelapa adalah alternatif terbaik.

Manfaat minyak kelapa dan cara menggunakannya ini harus dipahami dengan benar. Tuang minyak kelapa secukupnya di piring. Boleh dicampur dengan essential oil agar lebih harum. Oleskan sedikit demi sedikit pada bagian tubuh bayi kemudian pijat lembut sambil melatih motoriknya.

Untuk Menurunkan Berat Badan

Percayakah kalau minyak kelapa ampuh menurunkan berat badan? Ya, manfaat ini belum banyak yang tahu karena menganggap tingginya kandungan lemak dalam minyak kelapa. Memang benar tapi minyak yang ada merupakan asam laurat, yakni lemak sehat.

Seseorang yang rajin mengonsumsi 1-2 sendok minyak kelapa setiap harinya mampu menurunkan berat badan secara perlahan. Lemak yang masuk ke dalam tubuh tidak mudah diserap begitu saja. Butuh kalori ekstra sehingga tubuh didorong untuk melakukan aktivitas lebih banyak

Sebagai Masker Wajah

Sudah pernah mencoba masker wajah dari minyak kelapa? Masker ini sangat mudah dibuat sendiri di rumah. Selain itu, aman dan murah. Seseorang bisa mencampurkannya dengan bahan alami lain. Sebagai contoh, minyak kelapa dicampur dengan madu atau perasan air lemon.

Manfaat yang didapat akan bervariasi. Ini tergantung dari bahan pencampurnya karena permasalahan kulit orang pun berbeda-beda. Hanya saja ketika selesai memakai masker bilas dengan air hangat dan keringkan. Pastikan tidak ada residu di wajah supaya tidak menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Sebagai Obat Luka

Kalau tidak ada alkohol dan obat merah di rumah, seseorang bisa menggunakan minyak kelapa untuk mengobati luka. Dalam minyak kelapa mengandung banyak bahan bermanfaat, seperti anti bakteri, anti peradangan, dan sebagainya. Minyak kelapa juga membantu mempercepat proses penyembuhan.

Cara menggunakannya adalah dengan membersihkan area luka dan sekitarnya pelan-pelan. Setelah itu, oleskan lagi sebagai salah satu cara memberikan rasa nyaman. Luka tersebut boleh dibiarkan terbuka atau sebaiknya ditutup agar tidak terkena kotoran.

Pilih minyak kelapa yang asli apabila ingin benar-benar aman dan hasil yang bagus. Harga minyak ini cukup terjangkau bahkan tersedia dalam berbagai ukuran. Seseorang bisa membelinya sesuai kebutuhan. Setelah mengetahui manfaat minyak kelapa dan cara menggunakannya dengan benar, kini saatnya untuk menyimpan stok di rumah agar berjaga-jaga saat dibutuhkan.

 

Referensi: Asianparent, Hellosehat, Sehatq

Photo by Tijana Drndarski from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.