Home » Blog » Bayi Memasuki Usia 6 bulan, Pahami 5 Tahapan MPASI yang Baik

Bayi Memasuki Usia 6 bulan, Pahami 5 Tahapan MPASI yang Baik

mpasi adalah

Sahabat sehat sebagai seorang ibu yang anaknya akan memasuki usia 6 bulan mulai bersiap dengan MPASI.

MPASI adalah makanan pendamping air susu ibu (ASI) yang diberikan ketika bayi memasuki usia 6 bulan hingga 12 bulan. Ada tahapan MPASI yang perlu diketahui untuk memberikan makanan kepada bayi sesuai usianya. 

Pencernaan bayi masih sensitif  maka pemberian MPASI harus secara bertahap. Pemberian MPASI berdasarkan tahapan yang benar akan membantu tumbuh kembang bayi semakin optimal. Mari pahami tahapan MPASI untuk bayi yang baik!

Tahap 1: Tekstur MPASI Sangat Halus untuk Usia 6 Bulan

Bayi usia 6 bulan merupakan tahap awal untuk pemberian MPASI. Sebaiknya mulai dengan tekstur yang paling halus atau hampir cair dan tidak banyak kombinasi bahan makanan di dalam menu MPASI. Untuk usia 6 bulan tekstur MPASI yang cocok yaitu mashed dan puree dan diberikan dalam porsi sedikit-sedikit yaitu 2-3 sendok makan saja dalam sekali makan. 

Macam-macam tekstur MPASI adalah 

  • Mashed yaitu tekstur yang sangat lunak dan halus.
  • Puree yaitu makanan yang dihaluskan dan disaring.

Tahap 2: Melatih Indera Perasa Bayi di Usia 7-8 Bulan

Memasuki usia 7-8 bulan saatnya melatih bayi mengenal rasa-rasa makanan. Pada usia ini, berikan menu MPASI yang bertekstur agak kasar. Kombonasikan beberapa bahan makanan untuk menciptakan cita rasa pada menu MPASI.

Hal ini untuk melatih indera perasa bayi. Sahabat sehat bisa tambahkan kaldu alami untuk memberi rasa gurih. Bisa juga dengan menambahkan wortel rebus untuk memberi rasa manis. 

Tahap 3: Mengenalkan Makanan Bertekstur untuk Usia 9-10 Bulan

Untuk bayi usia 9-10 bulan menu MPASI adalah makanan yang bertekstur lebih kasar karena bayi sudah bisa mengunyah. Sahabat sehat bisa mulai memberikan potongan makanan lunak sambil mengajari bayi menggenggam dengan baik.

Bayi usia 9-10 tahun menyukai mengunyah apa pun karena dalam proses penumbuhan gigi. Cobalah berikan potongan buah lunak, sayuran kukus, biskuit bayi dan bubur tanpa disaring. 

Tahap 4: Bisa Makan Nasi Tim dan Bubur di Usia 11 Bulan

Untuk bayi usia 11 bulan makanan MPASI adalah makanan yang mudah ditelan oleh bayi. Usia 11 bulan merupakan usia di mana bayi mulai bisa menyantap makanan yang lebih kasar seperti bubur nasi atau nasi tim tanpa disaring.

Sahabat sehat bisa menambahkan lauk pauk pada menu MPASI, tambahkan porsi makanan dan berikan camilan juga. Di usia ini bayi semakin aktif dan butuh asupan kalori dan nutrisi yang lebih banyak agar tetap berenergi.

Tahap 5: Siap Memakan Makanan Keluarga di Usia 12 Bulan

Bayi usia 12 bulan atau 1 tahun berarti pencernaannya sudah siap untuk menerima berbagai jenis makanan yang biasa dikonsumsi keluarga. Sahabat sehat, pastikan menu MPASI adalah makanan sehat dan bergizi seimbang untuk bayi usia 12 bulan.

Selalu variasikan menu makanan setiap hari agar selera makan bayi terus berkembang dan tidak mudah bosan. Berikan nasi, sayur, lauk-pauk, buah dan ajaklah si kecil makan bersama keluarga mulai usia 12 bulan. 

MPASI adalah fase penting dalam tumbuh kembang bayi. Maka dari itu, Sahabat sehat perlu memperhatikan tahapan pemberian makanan dari tekstur dan porsi MPASI.

 

Silakan berkreasi dengan bahan makanan sehat dan bergizi untuk membuat menu MPASI favorit si kecil. Sahabat sehat bisa menemukan aneka bahan makanan berkualitas hingga camilan sehat untuk bayi dan anak di sini.

 

Referensi: Popmama

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels