Home » Blog » 6 Cara Meningkatkan Imun Anak Bayi agar Selalu Sehat 

6 Cara Meningkatkan Imun Anak Bayi agar Selalu Sehat 

imun anak bayi

imun anak bayi – Menjadi seorang ibu memang harus selalu belajar setiap harinya terutama saat anak sudah masa menyapih atau lulus ASI sekitar usia 6 bulan. Untuk tetap menjaga imun anak bayi harus mulai mempersiapkan persiapkan makanan padat pertama untuk anak. MPASI atau makanan pendamping ASI harus yang bergizi agar baik dalam tumbuh kembang si anak. 

Kenapa sahabat sehat harus memperhatikan kekebalan tubuh anak? karena anak bayi belum memiliki daya tahan tubuh yang kuat untuk menghadapi organisme penyebab penyakit.

Apalagi anak bayi belum terlalu peduli dan membedakan mana yang bersih dan kotor. Oleh sebab itu, lebih rentan terkena berbagai penyakit. Hal ini menyebabkan pentingnya orang tua untuk memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh anak. Terdapat beberapa cara menjaga dan meningkatkan imun anak bayi, sebagai berikut: 

Berikan asupan yang mengandung omega-3 

Omega-3 sudah memiliki manfaat bagi kesehatan terutama bagi anak bayi atau balita. Salah satu penelitian yang dilakukan Dr. Jennifer Fenton dari Universitas Michigan menemukan manfaat omega-3 mampu melawan infeksi. 

Makanan yang mengandung kandungan omega-3 antara lain tuna, salmon, kacang kenari, sayuran-sayuran hijau dan beberapa ikan daging putih seperti kakap atau gurame. 

Memberikan ASI yang cukup 

Bagi anak bayi sebaiknya tetap diberikan ASI. Selain menambahkan makanan pendamping. Jadi kandungan nutrisi membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. 

Perhatikan waktu tidur 

Terkadang tidak hanya anak balita, orang dewasapun memerlukan waktu tidur yang cukup agar imun tubuh tetap baik. Sistem kekebalan tubuh dalam melawan sel kanker atau bakteri akan mudah gagal jika kurang tidur. Anak bayi memiliki waktu tidur selama 12 hingga 18 jam. Semakin meningkat usia anak maka waktu tidur juga akan semakin berkurang. 

Konsumsi sayur dan buah-buahan

Beberapa anak sangat sulit mengkonsumsi sayur dan buah-buahan karena tidak dibiasakan dari kecil. Imun anak bayi dapat baik jika terbiasa menikmati sayur-sayuran dan buah-buahan. Kandungan vitamin dan mineral tiap buah dan sayur juga berbeda. Jadi penting untuk mencari informasi sebelum sesuai dengan kebutuhan anak. 

Jika anda ingin anak mendapat kandungan vitamin C, anda bisa mencari buah dengan warna merah atau kuning. 

Perhatikan kandungan nutrisi dari makanan

Nutrisi sangat penting bagi tubuh anak dan juga imun anak bayi. Kandungan dalam makanan memiliki fungsi yang berbeda-beda. 

  1. Vitamin B berguna untuk perkembangan otak. 
  2. Vitamin D akan berfungsi untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang serta giginya. 
  3. Omega 3 dapat berfungsi untuk meningkatkan kecerdasar otak 
  4. Selenium berguna untuk menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh. 
  5. Zat besi berguna untuk memperbanyak produksi dari sel darah merah. 

Konsumsi superfood

Makanan dengan gizi yang seimbang dapat dengan mudah didapatkan dari superfood. Anak bayi bisa membuat imun tubuh jadi lebih baik. contoh makanan super atau superfood adalah kacang-kacangan, sayur, buah, dan biji-bijian. Sekarang, anda bisa langsung membeli produk superfood praktis dan mudah tanpa harus ribet mengolahnya.

Hanya diseduh atau dicampurkan ke makanan lainnya. Harga dari superfood produk juga lebih terjangkau dan sudah banyak terjual di pasaran. 

Anda bisa mencarikan berbagai kombinasi menu berbeda setiap harinya dengan superfood misalnya mencampurkan superfood bubuk dengan smoothies. 

Demikianlah informasi cara untuk meningkatkan imun anak bayi. Jadi kira-kira sahabat sehat mau buat makanan apa nih untuk anak? 

Referensi : Hellosehat 

Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay