fbpx
Skip to content
Home » Blog » Obesitas Pada Anak: Penyebab, Cara Mencegah dan Penyakit yang bisa Menyertai

Obesitas Pada Anak: Penyebab, Cara Mencegah dan Penyakit yang bisa Menyertai

Obesitas pada anak

Indonesia saat ini sedang dihadapkan pada permasalahan gizi terutama gizi kurang dan gizi lebih. Berdasarkan Riskesdas tahun 2018, angka obesitas pada anak dibawah 5 tahun sebesar 3,8% dan obesitas pada dewasa (18 tahun keatas) sebesar 21.8%. Sedangkan target angka obesitas pada tahun 2024 tetap sama yaitu 21,8%. Beberapa upaya dilakukan supaya angka obesitas tidak naik atau bahkan turun.

Obesitas bukan hanya penyakit kronis itu sendiri, tetapi juga merupakan faktor risiko utama penyebab utama kesehatan yang buruk dan kematian dini di dunia termasuk penyakit kardiovaskular, beberapa jenis kanker, diabetes, dan osteoartritis.

Obesitas pada masa kanak-kanak sering terbawa hingga dewasa, karena faktor fisiologis dan perilaku, dan mencegah obesitas pada kelompok usia ini memberikan kesempatan unik untuk menghentikan jalan menuju kehidupan dewasa yang tidak sehat.

Penyebab Obesitas pada Anak

Genetika adalah salah satu faktor terbesar yang diteliti sebagai penyebab obesitas. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa BMI adalah 25-40% diwariskan. Namun, kerentanan genetik seringkali perlu digabungkan dengan faktor lingkungan dan perilaku yang berkontribusi untuk mempengaruhi berat badan.

Faktor genetik menyumbang kurang dari 5% kasus obesitas pada masa kanak-kanak. Oleh karena itu, meskipun genetika dapat berperan dalam perkembangan obesitas, itu bukanlah penyebab peningkatan dramatis pada obesitas anak.

Tingkat metabolisme basal juga telah dipelajari sebagai kemungkinan penyebab obesitas. Tingkat metabolisme basal adalah pengeluaran energi tubuh untuk fungsi istirahat normal. Tingkat metabolisme basal bertanggung jawab untuk 60% dari total pengeluaran energi pada orang dewasa yang tidak banyak bergerak.

Tinjauan literatur menyelidiki faktor-faktor di balik pola makan yang buruk dan menawarkan banyak wawasan tentang bagaimana faktor orang tua dapat berdampak pada obesitas pada anak-anak. 

Mereka mencatat bahwa anak-anak belajar dengan meniru preferensi, asupan, dan kemauan orang tua dan teman sebaya untuk mencoba makanan baru. Ketersediaan, dan paparan berulang, makanan sehat adalah kunci untuk mengembangkan preferensi dan dapat mengatasi ketidaksukaan makanan.

Struktur waktu makan penting dengan bukti yang menunjukkan bahwa keluarga yang makan bersama mengkonsumsi lebih banyak makanan sehat. Selain itu, makan di luar atau menonton TV sambil makan dikaitkan dengan asupan lemak yang lebih tinggi. Gaya makan orang tua juga penting.

Kebijakan pemerintah dan sosial juga berpotensi mendorong perilaku sehat. Penelitian menunjukkan rasa, diikuti oleh rasa lapar dan harga, adalah faktor terpenting dalam pilihan camilan remaja. Studi lain menunjukkan bahwa remaja mengasosiasikan junk food dengan kesenangan, kemandirian, dan kenyamanan, sedangkan menyukai makanan sehat dianggap aneh.

BACA JUGA: Waspada Obesitas Bisa Sebabkan 15 Penyakit Berikut Ini, Selengkapnya

1. Konsumsi makanan cepat saji

Peningkatan konsumsi makanan cepat saji telah dikaitkan dengan obesitas dalam beberapa tahun terakhir. Banyak keluarga, terutama mereka dengan dua orang tua yang bekerja di luar rumah, memilih tempat-tempat ini karena sering disukai oleh anak-anak mereka dan nyaman serta murah. Makanan yang disajikan di restoran cepat saji cenderung mengandung jumlah kalori yang tinggi dengan nilai gizi yang rendah.

2. Minuman manis

Sebuah penelitian yang meneliti anak-anak berusia 9–14 tahun dari 1996–1998, menemukan bahwa konsumsi minuman manis meningkatkan BMI dalam jumlah kecil selama bertahun-tahun. Minuman manis adalah faktor lain yang telah diteliti sebagai faktor potensial untuk obesitas. Minuman manis sering dianggap terbatas pada soda, tetapi jus dan minuman manis lainnya termasuk dalam kategori ini.

3. Makanan ringan

Faktor lain yang telah dipelajari sebagai kemungkinan faktor penyebab obesitas pada anak adalah konsumsi makanan ringan. Makanan ringan termasuk makanan seperti keripik, makanan yang dipanggang, dan permen. Banyak penelitian telah dilakukan untuk meneliti apakah makanan tersebut memiliki kontribusi terhadap peningkatan obesitas pada masa kanak-kanak.

4. Ukuran porsi

Ukuran porsi telah meningkat secara drastis dalam dekade terakhir. Mengkonsumsi dalam porsi besar, selain sering mengemil makanan berkalori tinggi, berkontribusi pada asupan kalori yang berlebihan. Ketidakseimbangan energi ini dapat menyebabkan penambahan berat badan, dan akibatnya obesitas.

5. Tingkat aktifitas

Salah satu faktor yang paling signifikan terkait dengan obesitas adalah gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Setiap tambahan jam menonton televisi per hari meningkatkan prevalensi obesitas sebesar 2%. Menonton televisi di kalangan anak-anak dan remaja telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir.

6. Faktor lingkungan

Sementara menonton televisi yang ekstensif dan penggunaan media elektronik lainnya telah berkontribusi pada gaya hidup yang tidak banyak bergerak, faktor lingkungan lainnya telah mengurangi peluang untuk aktivitas fisik. Peluang untuk aktif secara fisik dan lingkungan yang aman untuk aktif telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Mayoritas anak-anak di masa lalu berjalan atau naik sepeda ke sekolah.

7. Faktor sosial budaya

Faktor sosial budaya juga telah ditemukan untuk mempengaruhi perkembangan obesitas. Masyarakat kita cenderung menggunakan makanan sebagai hadiah, sebagai alat untuk mengontrol orang lain, dan sebagai bagian dari bersosialisasi.

8. Faktor keluarga

Faktor keluarga juga telah dikaitkan dengan peningkatan kasus obesitas. Jenis makanan yang tersedia di rumah dan preferensi makanan anggota keluarga dapat mempengaruhi makanan yang dimakan anak. Selain itu, waktu makan keluarga dapat mempengaruhi jenis makanan yang dikonsumsi dan jumlahnya. Terakhir, kebiasaan keluarga, apakah mereka tidak banyak bergerak atau aktif secara fisik, mempengaruhi anak

BACA JUGA: 20 Makanan Tinggi Serat? Jenis dan Manfaat bagi tubuh, Selengkapnya

Cara Mencegah Obesitas pada Anak

Strategi yang paling penting untuk mencegah obesitas adalah perilaku makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur, dan mengurangi aktivitas menetap (seperti menonton televisi dan video, dan bermain game komputer). Strategi pencegahan ini adalah bagian dari gaya hidup sehat yang harus dikembangkan sejak anak usia dini.

Promosikan Gaya Hidup Sehat

Orang tua dan pengasuh dapat membantu mencegah obesitas anak dengan menyediakan makanan dan camilan sehat, aktivitas fisik harian, dan pendidikan gizi. Makanan dan camilan sehat memberikan zat gizi untuk pertumbuhan tubuh sambil mencontohkan perilaku dan sikap makan yang sehat.

Peningkatan aktivitas fisik mengurangi risiko kesehatan dan membantu manajemen berat badan. Pendidikan gizi membantu anak-anak mengembangkan kesadaran akan gizi yang baik dan kebiasaan makan yang sehat untuk seumur hidup.

Anak-anak dapat didorong untuk mengadopsi perilaku makan yang sehat dan aktif secara fisik ketika orang tua:

  1. Fokus pada kesehatan yang baik, bukan target berat badan tertentu. Ajarkan dan contohkan sikap sehat dan positif terhadap makanan dan aktivitas fisik tanpa menekankan berat badan.
  2. Fokus pada keluarga. Jangan memisahkan anak-anak yang kelebihan berat badan. Libatkan seluruh keluarga dan bekerja untuk secara bertahap mengubah aktivitas fisik dan kebiasaan makan keluarga.
  3. Tetapkan waktu makan dan kudapan setiap hari, dan makan bersama sesering mungkin. Sediakan berbagai macam makanan sehat berdasarkan Piramida Panduan Makanan untuk Anak Kecil. Tentukan makanan apa yang ditawarkan dan kapan, dan biarkan anak memutuskan apakah dan berapa banyak yang akan dimakan.
  4. Rencanakan porsi yang masuk akal. Gunakan Piramida Panduan Makanan untuk Anak Kecil sebagai panduan.

banner born organic

Penyakit yang Bisa Menyertai

Dibandingkan dengan anak-anak dengan berat badan yang sehat, mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas lebih cenderung mengalami konsekuensi negatif, termasuk:

  1. Kesehatan yang lebih buruk di masa kanak-kanak, termasuk hipertensi dan gangguan metabolisme
  2. Harga diri rendah
  3. Kemungkinan lebih tinggi untuk diganggu, tingkat kehadiran di sekolah yang lebih rendah, dan prestasi sekolah yang lebih buruk
  4. Kesehatan yang lebih buruk di masa dewasa, termasuk risiko obesitas dan penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi
  5. Prospek pekerjaan yang lebih buruk sebagai orang dewasa dan pekerjaan yang dibayar lebih rendah
 

BACA JUGA: Perbedaan Makanan Organik Berdasarkan Jenis Label dan Fakta Menarik Lainnya

Risiko Kesehatan Terkait dengan Obesitas Anak

Anak-anak yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi terkena masalah kesehatan daripada teman sebayanya yang menjaga berat badan yang sehat. Diabetes, penyakit jantung, dan asma adalah beberapa risiko yang paling serius.

Diabetes

Diabetes tipe 2 adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak memetabolisme glukosa dengan benar. Diabetes dapat menyebabkan penyakit mata, kerusakan saraf, dan disfungsi ginjal. Anak-anak dan orang dewasa yang kelebihan berat badan lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Namun, kondisi ini dapat dibalikkan melalui perubahan pola makan dan gaya hidup.

Penyakit jantung

Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung di masa depan pada anak-anak dengan obesitas. Makanan yang tinggi lemak dan garam dapat menyebabkan kadar kolesterol dan tekanan darah meningkat. Serangan jantung dan stroke adalah dua komplikasi potensial penyakit jantung.

Gangguan tidur

Anak-anak dan remaja yang mengalami obesitas juga dapat menderita gangguan tidur, seperti mendengkur berlebihan dan sleep apnea. Berat ekstra di daerah leher dapat menghalangi saluran udara mereka.

Nyeri sendi

Anak Anda mungkin juga mengalami kekakuan sendi, nyeri, dan rentang gerak terbatas karena membawa kelebihan berat badan. Dalam banyak kasus, menurunkan berat badan dapat menghilangkan masalah persendian.

  • https://www.worldobesity.org/what-we-do/our-policy-priorities/childhood-obesity
  • Davison KK, Birch LL. Childhood overweight: A contextual model and recommendations for future research. Obes Rev. 2001;2:159–71. [PMC free article][PubMed] [Google Scholar]
  • Anderson PM, Butcher KE. Childhood obesity: Trends and potential causes. Future Child. 2006;16:19–45. [PubMed] [Google Scholar]
  • Center for Disease Control and Prevention. Contributing factors. [Last accessed on 2014 Jul 01]. Available from: http://www.cdc.gov//obesity/childhood/contributing_factors.html.
  • Patrick H, Nicklas T. A review of family and social determinants of children’s eating patterns and diet quality. J Am Coll Nutr. 2005;24:83–92. [PubMed] [Google Scholar]
  • Budd GM, Hayman LL. Addressing the childhood obesity crisis. Am J Matern Child Nurs. 2008;33:113–7. [PubMed] [Google Scholar]
  • https://www.health.ny.gov/prevention/nutrition/resources/obparnts.htm

 

Sumber Gambar:

Pexels.com