Home » Blog » 6 Jenis Olahan Bayam Tak Biasa yang Kaya Rasa

6 Jenis Olahan Bayam Tak Biasa yang Kaya Rasa

olahan bayam

Sudah biasa mengolah bayam menjadi sayur, tumisan atau dikukus? Kadang bosan juga ya, rasanya ingin mencoba olahan bayam yang lebih unik. Sahabat sehat, sebenarnya bayam bisa dikreasikan menjadi banyak menu yang menarik. Bayam bisa diolah tidak terbatas hanya sebagai sayur saja.

Ini dia, 6 jenis olahan bayam tak biasa dan kaya rasa!

Bolu Bayam

Memang ada banyak kreasi dan rasa bolu. Contoh olahan bolu yaitu bolu pisang, bolu pandan, bolu cokelat dan bolu keju. Apakah Sahabat sehat pernah mencoba bolu rasa bayam? Ya, bayam juga bisa diolah menjadi bolu. 

Cara membuat bolu bayam hampir sama dengan adonan bolu pada umumnya. Bayam bisa diblender atau dibuat puree, lalu tambahkan sari bayam ke adonan bolu. Bayam yang kaya serat akan membuat tekstur bolu lebih legit. 

Banner Sayur dan Buah Organik

Mie Bayam

Mulai banyak produsen mie yang membuat mie dari sayuran. Salah satu sayuran yang cocok dijadikan olahan mie adalah bayam. Bayam punya tekstur yang lembut, rasanya manis dan kaya serat, sehingga cocok untuk adonan mie. 

Mie bayam biasanya punya ciri khas warna hijau dan aroma khas bayam. Caranya membuat mie bayam, dengan menghaluskan bayam dan mengambil sarinya, lalu campurkan ke adonan mie. Kuah mie bayam bisa pakai kaldu jamur atau dibuat mie ayam.

Nugget Bayam

Nugget identik dengan makanan instan yang mudah ditemui di supermarket. Biasanya diolah dari daging ikan atau daging ayam. Sahabat sehat, ada olahan nugget yang lebih sehat menggunakan bayam. 

Jika ingin mencoba membuat nugget bayam, resepnya tidak jauh beda dengan resep nugget ikan dan ayam. Tinggal tambahkan bayam pada adonan nugget agar lebih kaya rasa. Belum ada produsen makanan yang memproduksi nugget bayam instan. Ini bisa jadi ide bisnis yang menarik untuk dicoba. 

Keripik Bayam

Keripik umumnya diolah dari bahan umbi-umbian. Sahabat sehat bisa mencoba kreasi keripik baru dari daun bayam. Keripik bayam cocok dijadikan camilan renyah untuk menemani waktu santai bersama keluarga. 

Keripik bayam diolah dari daun bayam segar, diberikan bumbu dan dilapisi dengan tepung tapioka dan tepung beras. Di beberapa toko camilan, keripik bayam bisa ditemukan. Ada juga keripik bayam yang ditambahkan rasa keju, balado, dan lain-lain.

Banner Sayur dan Buah Organik

Kue Lumpur Bayam

Kue lumpur biasanya kental dengan cita rasa kentang. Kali ini adonan kentang diganti dengan adonan bayam. Kue lumpur bayam menghasilkan warna hijau cerah dan aroma yang khas. Tambahkan topping kismis atau keju agar rasanya makin lezat. 

Martabak Manis Bayam

Martabak manis rasa red velvet dan cokelat mungkin sudah biasa. Bagaimana dengan martabak manis rasa bayam? Menarik untuk dicoba di rumah ya, Sahabat sehat. Cara mengolahnya sama dengan adonan martabak manis biasa. Blender bayam dan saring, campurkan sari bayam tersebut ke adonan martabak manis. 

Sahabat sehat bisa menambahkan sedikit pasta pandan ke adonan supaya warnanya lebih cerah. Topping martabak manis bayam bisa diberi keju, cokelat, selai stroberi, kismis, dan sebagainya sesuai selera. 

 

Jika Sahabat sehat mau meluangkan waktu melihat situs-situs resep, banyak kreasi resep unik dari bayam. Tak ada salahnya mencoba resep-resep olahan bayam yang berbeda dari biasanya. Sahabat sehat jadi tidak mudah bosan mengonsumsi bayam karena banyak variasi olahan bayam. Sahabat sehat bisa gunakan bayam hijau organik dari SESA.ID untuk mendapatkan cita rasa olahan bayam yang segar dan manis.

 

Referensi: Cookpad

Gambar oleh saritalarson dari Pixabay