Home » Blog » 5 Kandungan Gizi Ikan Kembung Yang Baik Untuk Kesehatan

5 Kandungan Gizi Ikan Kembung Yang Baik Untuk Kesehatan

kandungan gizi ikan kembung

Ikan merupakan makanan laut yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi selain itu ikan laut juga mempunyai sejumlah manfaat untuk tubuh. Hal ini berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Ikan yang akan kita bahas kali ini adalah ikan kembung. Menurut penelitian kandungan gizi ikan kembung bahkan lebih banyak dibandingkan dengan ikan salmon. Berikut adalah ulasan tentang manfaat ikan kembung untuk kesehatan :

Banner Belanja Ikan

Untuk Menjaga Kesehatan Otak 

Di dalam ikan kembung terdapat asam lemak bernama DHA dan EPA yang sangat berguna untuk sistem saraf dan otak. Omega-3 ini bisa membantu cegah penyakit yang berhubungan dengan kinerja otak yaitu Alzheimer dan Demensia. 

Omega-3 di dalam ikan kembung sangat bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak anak agar lebih cerdas dan jika di konsumsi ibu hamil kandungan DHA nya bisa kamu bantu tumbuh kembang pada janin terutama otak. 

Membantu Penyerapan Kalsium

Ikan kembung merupakan sumber protein yang sangat ekonomis dan kaya dengan Vitamin D yang dapat digunakan untuk melengkapi kebutuhan akan Vitamin D di dalam tubuh. Dimana Vitamin D merupakan zat penting di dalam tubuh untuk bantu penyerapan kalsium, sistem imun, sistem saraf, menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

Dapat Memperpanjang Usia

Ikan kembung memiliki manfaat untuk membuat usia seseorang lebih panjang. Hal tersebut karena diperkaya dengan asam lemak omega-3 yang memiliki fungsi untuk membuat seseorang lebih panjang umur. Dibandingkan ikan salmon, ikan kembung lebih efektif hal itu karena kandungan omega-3 nya lebih banyak yaitu 2.6 g dibandingkan dengan ikan salmon yang hanya memiliki kandungan 1,4 g. 

Cegah Kanker Payudara

Dalam ikan kembung memiliki kandungan minyak esensial yang memiliki manfaat cegah kanker payudara karena minyak esensial bersifat antioksidan yang mana zat itu bertugas menghalau Radikal bebas yang mampu membuat kerusakan pada sel tubuh. 

Atasi Peradangan

Ikan kembung memiliki berbagai kandungan senyawa aktif dimana senyawa tersebut sebagai zat anti-inflamasi sehingga jika kamu mengalami peradangan di dalam tubuh bisa untuk membuat olahan ikan kembung

Untuk Membantu Diet

Ikan kembung bisa sahabat sehat masukan daftar menu makanan jika sedang menjalankan diet karena ikan kembung kaya dengan protein yang mampu untuk memberikan asupan energi pada tubuh. Ikan kembung juga bisa untuk mempercepat metabolisme di dalam tubuh, jika metabolisme sahabat sehat sekalian semakin cepat maka akan banyak pula kalori yang  dibakar dan berat badan akan mudah untuk turun. 

Banner Belanja Ikan

Masak Ikan Kembung Yang Sehat

Dengan berbagai manfaat yang didapatkan dari konsumsi ikan kembung maka kamu bisa menyajikan ikan kembung sebagai santapan sehat untuk anggota keluargamu. Kebanyakan orang lebih suka untuk memasak ikan kembung dengan digoreng karena akan menimbulkan rasa gurihnya yang dapat menggugah selera. 

Tapi tahukah sahabat sehat sekalian jika menggoreng ikan kembung bisa saja menghilangkan kandungan gizi ikan kembung seperti asam amino yang terkandung di dalamnya dan malah meningkatkan kandungan lemak.

Agar lebih sehat sahabat Sehat sekalian bisa merubah untuk metode memasaknya bisa dengan cara direbus, dipanggang maupun dikukus dari pada harus di goreng. Selain metode memasak, yang penting Sahabat Sehat menjaga kualitas ikannya. Pastikan pilihlah ikan yang segar, cirinya adalah tidak berbau, dagingnya tidak lembek ataupun berair. 

 

sumber: Klikdokter