Home » Blog » Resep Bumbu Marinasi Ikan Tuna Lezat Menggugah Selera

Resep Bumbu Marinasi Ikan Tuna Lezat Menggugah Selera

bumbu marinasi ikan tuna

Bagi para sahabat sehat pecinta ikan tuna, ada kabar menarik. Dengan membaca artikel ini, sahabat sehat dapat mengetahui resep bumbu marinasi ikan tuna nan lezat menggugah selera. Kenapa ikan tuna?

Saat ini, ikan tuna dapat dikatakan sebagai makanan kesukaan banyak orang. Dagingnya yang tebal dan bertekstur lembut membuat sajian khas ikan tuna sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang. 

Ikan tuna memiliki kandungan protein yang tinggi, dan dapat menjadi salah satu pilihan menu hidangan yang lezat yang dapat disajikan dan dimakan dengan nasi hangat. Ikan tuna yang memiliki kemiripan dengan ikan salmon kerap menjadi hidangan favorit bagi banyak orang. 

Apakah Ikan Tuna Baik Bagi Kesehatan?

Apakah sahabat sehat tahu jika mengkonsumsi ikan tuna akan dapat menyehatkan tubuh? Ikan tuna sangat baik bagi kesehatan karena mengandung asam amino yang dapat dikonsumsi untuk asupan protein yang baik dan sehat bagi kesehatan anggota keluarga. Manfaat lain dari ikan tuna adalah memelihara kesehatan sel-sel tubuh manusia sehingga dapat berada dalam kondisi maksimal.

Asupan protein yang baik dari ikan tuna dapat memelihara sel-sel otot manusia, juga membentuk hormon. Ikan tuna juga terkenal sangat baik untuk pembentukan sel antibodi dan kolagen dalam tubuh juga menjaga keseimbangan hormon. Kabar baiknya lagi, ikan tuna juga memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga akan sangat cocok dikonsumsi bagi para sahabat sehat yang memiliki program diet. 

Beberapa Resep Marinasi Ikan Tuna

Terdapat beberapa resep bumbu marinasi ikan tuna yang tentunya dapat menjadi beberapa pilihan ide menarik untuk hidangan ikan tuna. Resep pertama adalah ikan tuna dengan bahan bumbu kecap. Yang perlu disiapkan adalah ikan tuna sejumlah 1 kilogram, bawang merah sejumlah delapan siung dan bawah putih sejumlah empat siung juga cabai merah dan cabai hijau sejumlah 2 buah. 

Sahabat sehat juga perlu menyiapkan satu ruas lengkuas dan jahe sepanjang kira-kira 1 cm. Jangan lupa untuk menyiapkan 2 sendok makan gula merah, 1 sendok makan saus tiram dan kecap asin. Juga kecap manis sebanyak 2 sendok makan. Lalu inilah beberapa langkah bumbu marinasi ikan tuna spesial. 

Pertama jangan lupa untuk memotong ikan menjadi beberapa bagian yang lebih kecil, tergantung selera sahabat sehat. Bersihkan dan cuci ikan tuna, balurkan ketumbar yang sudah dihaluskan dan garam. Biarkan bumbu ini meresap selama 20 menit. Selanjutnya, ikan tuna yang sudah dimarinasi selama 2 menit dapat digoreng dengan tingkat kematangan setengah matang. 

Saatnya untuk menumis bawang putih dan bawang merah sampai harum, tambahkan juga jahe dan lengkuas. Masukan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya yaitu kecap asin, cabai merah, saus tiram, cabai hijau dan kecap manis. Tambahkan air sedikit. Masukan kembali ikan tuna, matangkan ikan tuna dan bumbu sudah tercampur sempurna. Tunggu sebentar dan hidangkan ikan tuna. Sangat mudah dan lezat bukan?

Resep Marinasi Ikan Tuna Disuwir

Ikan tuna suwir juga sangatlah lezat untuk menjadi pilihan hidangan harian. Yang perlu disiapkan adalah bawang merah sejumlah sepuluh butir yang diiris dengan tipis, cabai secukupnya, setengah kilogram ikan tuna, 7 buah bawang putih yang juga diiris tipis. Tambahkan juga daun jeruk sejumlah dua lembar, bersihkan batangnya. 

Beberapa bumbu marinasi tuna yang harus disiapkan adalah daun salam satu lembar, setengah buah tomat, jahe dan lengkuas 1 ruas. Daun sereh 1 lembar, dan setengah buah jeruk nipis yang nantinya akan dibalurkan di ikan tuna. Seperempat sendok teh terasi dan setengah sendok makan gula merah, juga satu sendok makan kecap manis. 

Sediakan juga kaldu bubuk, garam secukupnya dan air. Cara membuatnya sangat mudah, sahabat sehat harus membersihkan dan mencuci ikan tuna terlebih dahulu. Lalu, ikan tuna harus diberikan jeruk nipis disekitar daging. Setelah itu ikan tuna harus dikukus dalam jangka waktu 10 menit. Dinginkan ikan tuna dan suwirlah ikan tuna. 

Tumis ikan tuna di wajan, masukan juga bawang putih dan bawang merah lalu tumislah sampai berbau harum. Tiriskan ikan tuna. Masukan beberapa bumbu yang sudah disiapkan yaitu terasi, cabai, daun salam, gula merah, lengkuas daun salam dan air dengan takaran yang pas. Tumislah hingga bumbu hingga merata dan masukan kembali tumisan ikan tuna suwir tadi. 

Masukan juga garam, dan kaldu bubuk. Aduk dengan merata sampai semua bumbu sudah tercampur sempurna dan tunggu hingga matang. Jangan lupa untuk melakukan koreksi rasa. Dan, hidangan ikan tuna suwir sudah siap untuk dihidangkan. Inilah variasi bumbu marinasi ikan tuna yang dapat sahabat sehat coba.