Home » Blog » 5 Mitos atau Fakta Seputar Manfaat Makan Apel

5 Mitos atau Fakta Seputar Manfaat Makan Apel

manfaat makan apel

Sejak beradad lalu, apel sudah terkenal sebagai buah yang punya banyak bermanfaat untuk kesehatan. Apel kaya akan zat gizi yang berguna dalam menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Begitu populernya apel, sehingga muncul dugaan dan perdebatan seputar manfaat makan apel. 

Ada beberapa hal yang sering dipertanyakan sebagai mitos atau fakta seputar manfaat makan apel. Supaya kita tidak salah memahami manfaat makan apel, simak ulasannya, yuk!

Mitos atau Fakta, Lebih Banyak Vitamin Pada Kulit Apel? 

Memakan apel dengan kulitnya memang benar bisa memberikan pasokan vitamin dan mineral lebih banyak. Meski begitu, bukan berarti memakan buah apel yang dikupas tidak sehat. Memakan apel yang sudah dikupas atau tidak dikupas sama-sama menyehatkan. 

Jangan lupa, selalu mencuci bersih kulit apel agar tidak ada kotoran, residu pestisda dan zat lilin yang ikut tertelan. Kulit apel yang tidak higienis justru bisa membawa bakteri dan menyebabkan penyakit.

Mitos atau Fakta, Memakan Biji Apel Bisa Menyebabkan Keracunan? 

Biji apel dianggap beracun karena mengandung amygdalin. Senyawa amygdalin dapat melepaskan hidrogen sianida jika bertemu enzim pencernaan manusia. Sejauh ini, kasus keracunan biji apel hampir tidak pernah terjadi. 

Sahabat sehat tak perlu khawatir, jika tak sengaja tertelan biji apel tubuh tidak akan keracunan. Senyawa amygdalin bisa berbahaya, jika biji apel dikunyah dan tertelan dalam jumlah banyak. Jadi, untuk berjaga-jaga jangan sengaja mengunyah biji apel dalam jumlah banyak, ya.  

Mitos atau Fakta, Zat Gizi Apel Rusak Setelah Diolah? 

Tidak hanya apel, tapi buah dan sayur lain pun bisa mengalami penurunan kadar zat gizi setelah diolah. Hal yang menyebabkan rusak atau berkurangnya zat gizi pada apel adalah cara mengolahnya. Zat gizi pada buah dan sayur termasuk apel mudah rusak jika dipanaskan dalam suhu tinggi. 

Mengolah apel segar menjadi jus, smoothie atau salad buah tidak merusak zat gizinya. Jika ingin menggunakan apel dalam masakan, memasukkan apel pada langkah terakhir. Jangan memasak apel terlalu lama dalam suhu panas untuk menjaga kandunga gizinya.  

Mitos atau Fakta, Memakan Apel Membuat Kenyang Lebih Lama?

Buah apel seringkali dipilih sebagai buah favorit saat diet. Apel mengandung serat, karbohidrat dan protein yang penting dalam pembentukan energi. Kandungan nutrisi tersebut yang berguna dalam memberikan rasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi apel. 

Manfaat makan apel baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menjaga daya tahan tubuh. Apel cocok dijadikan buah pilihan saat diet karena mengenyangkan dan menyehatkan. Selain konsumsi apel saat diet, barengi juga dengan mengonsumsi makanan lain yang sehat dan rendah kalori.

Mitos atau Fakta, Harus Makan Apel Setiap Hari?

Ada pepatah seputar manfaat makan apel, yaitu an apple a day keeps the doctor away.  Istilah tersebut diperkirakan muncul pada abad ke-19. Maksud dari istilah tersebut menggambarkan bahwa apel sangat kaya nutrisi yang diperlukan tubuh dalam menjaga kesehatan. 

Apel adalah buah yang rendah kalori, tinggi serat, tinggi protein, kaya antioksidan dan vitamin. Manfaat makan apel sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Sahabat sehat bisa menjadikan apel buah favorit, tetapi perlu selingi juga dengan buah-buahan lain supaya tidak bosan, ya.

 

Terlepas dari pro-kontra dan mitos seputar apel, manfaat makan apel sangatlah menyehatkan. Jika Sahabat sehat sangat suka konsumsi buah apel, tentunya sangat baik. Jangan lupa, buah apel harus dicuci bersih sebelum dikonsumsi. Sahabat sehat, pilihlah apel yang segar dan rasanya manis, seperti apel fuji.  

 

Referensi: Klikdokter

Photo by Skylar Kang from Pexels