Home » Blog » 5 Jenis Olahan Buah Naga Merah, Bikin Kenyang dan Sehat

5 Jenis Olahan Buah Naga Merah, Bikin Kenyang dan Sehat

olahan buah naga merah

Bisa dibilang jika buah naga merah adalah salah satu buah favorit. Rasanya manis dan segar serta memiliki aroma netral sehingga sebagian besar orang menyukainya. Namun, memakannya begitu saja kadang terasa membosankan. Berbagai olahan buah naga merah pun diperkenalkan.

Buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Jika Sahabat Sehat tidak menyukai penyajian yang itu-itu saja, maka olahan jenis baru dapat menjadi alternatif untuk mengonsumsi buah ini. Olahan buah bisa dibeli atau bahkan dibuat sendiri di rumah.

Ada banyak makanan atau camilan yang merupakan hasil olahan dari buah ini. Mungkin Sahabat Sehat sudah mengenal sebagian, tapi sebagian lagi belum. Di bawah ini adalah beberapa olahan menarik yang bisa dibuat dari buah naga berwarna merah:

Keripik Buah

Sebuah olahan buah naga merah yang cukup menarik adalah keripik. Karena buah ini memiliki rasa manis yang alami, maka rasanya nikmat jika dijadikan keripik. Biasanya keripik dibuat dari buah naga yang dikeringkan kemudian digoreng di dalam minyak panas.

Namun, terdapat alternatif metode untuk membuat keripik apabila Sahabat Sehat ingin mengurangi minyak. Cara memasaknya adalah dipanggang dengan menggunakan oven. Jika ingin lebih sehat maka keripik lebih baik tidak perlu ditambah gula.

Es Krim Buah

Menu dari buah naga yang lain adalah es krim. Es krim bisa dibuat dengan resep klasik yaitu menggunakan susu dan telur. Namun bisa juga membuat es krim praktis dengan memanfaatkan heavy cream yang dibekukan setelah dicampurkan dengan sari buah naga.

Alternatif lainnya adalah membuat sorbet. Sorbet merupakan jenis es tanpa menggunakan krim. Caranya adalah membekukan jus buah naga murni yang sudah ditambah gula dan stabilizer. Teksturnya lebih keras jika dibandingkan dengan es krim.

Puding

Puding adalah olahan buah naga merah yang praktis dan dapat Sahabat Sehat buat sendiri di rumah. Resep puding yang sederhana bisa menggunakan agar-agar atau konyaku yang dicampurkan dengan jus buah naga. Apabila disajikan dingin, rasanya tentu menyegarkan.

Resep yang lainnya adalah membuat puding yang klasik. Puding seperti ini biasanya membutuhkan susu dan telur juga. Karena bahan-bahannya lebih kompleks, maka rasanya juga lebih kaya dibandingkan dengan puding agar-agar.

Sambal Salsa

Menu ini merupakan menu yang dimodifikasi dari sambal salsa asal Meksiko. Rasa sambal salsa sedikit pedas, asam, manis, dan asin. Karena rasanya yang menarik ini, umumnya sambal dihidangkan sebagai pelengkap makanan lain seperti taco.

Olahan buah naga merah ini dapat Anda sajikan sebagai makanan pendamping, seperti nachos maupun nasi. Namun, karena rasanya cukup segar, bisa juga salsa disajikan sebagai camilan. Dalam suhu dingin, pasti nikmat disajikan saat udara panas.

Breakfast Bowl

Panganan ini sepertinya merupakan jenis makanan yang termasuk “hits” di kalangan anak muda. Breakfast bowl pada intinya merupakan smoothie yang disajikan di atas mangkuk. Smoothie ini sangat kental dan diberi bahan taburan tertentu.

Apabila bahan smoothie menambahkan bubuk protein, biasanya rasanya akan jauh lebih mengenyangkan. Taburan bisa berupa kacang-kacangan maupun potongan buah. Karena buah naga merah warnanya bagus, maka breakfast bowl akan terlihat lebih menarik.

 

Semua olahan buah naga merah yang disebutkan di atas dapat dibuat di rumah meskipun Sahabat Sehat membutuhkan usaha ekstra. Misalnya, untuk menggoreng keripik, kemungkinan membutuhkan waktu untuk mengeringkan buah. Untuk es krim, membuatnya tanpa alat bisa jadi cukup rumit.

Jika ingin membuat panganan-panganan tersebut, buah yang dipilih haruslah segar. Buah yang segar akan terasa lebih enak. Selain itu, mengolahnya juga lebih mudah karena teksturnya belum layu. Anda bisa mendapatkan buah naga merah segar di Sesa.id.