Home » Blog » Manfaat Olive Oil untuk Sistem Imun yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Olive Oil untuk Sistem Imun yang Perlu Kamu Ketahui

olive oil untuk sistem imun

olive oil untuk sistem imunSahabat sehat pasti sudah tidak asing mendengar olive oil atau sering disebut minyak zaitun. Minyak ini dipercaya memiliki banyak manfaat untuk manusia, dari untuk pencernaan hingga untuk kulit.

Apa itu Olive Oil?

Olive oil didapatkan dari ekstrak buah zaitun. Olive oil ini dibuat dengan proses pembuatan yang dapat dilakukan secara modern dan juga tradisional. Terdapat dua jenis buah zaitun yaitu zaitun hitam dan zaitun hijau. Kedua jenis varian zaitun ini masing-masing dapat diekstrak minyaknya.  Tanaman pohon zaitun paling banyak ditemui di daerah Mediterania atau Laut Tengah.

Manfaat Olive Oil

Sekarang ini banyak orang menggunakan olive oil untuk memasak, untuk pijat, untuk perawatan rambut bahkan untuk pembuatan sabun. Mengapa minyak zaitun digunakan oleh banyak orang? Mari kita lihat apa saja manfaat yang diberikan oleh olive oil.

Untuk Sistem Imun

Olive oil mempunyai banyak manfaat, salah satu manfaatnya adalah olive oil untuk sistem imun. Komponen yang terdapat pada minyak zaitun mampu mempengaruhi sistem kekebalan dan mekanisme tubuh.

Ada kandungan lemak nabati dan polifenol yang terkandung dalam olive oil extra-virgin yang dapat mempengaruhi produksi sitokin dan sistem imun dalam tubuh.

Beberapa penyakit muncul dan menggerogoti tubuh dengan mempengaruhi kekebalan. Dalam mengatasi hingga meningkatkan kekebalan tubuh, dapat menggunakan olive oil untuk menjaga imun.

Penyakit yang dapat mempengaruhi kekebalan tubuh bergantung pada peran persenjataan tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan makanan dengan olive oil dapat memberikan komposisi makanan dengan kandungan yang tinggi akan nutrisi. 

Olive Oil sebagai Antioksidan

Adapula yang perlu sahabat sehat ketahui bahwa olive oil mempunyai sifat antioksidan yang mampu merespon inflamasi dalam memediasi kekebalan. Penyakit yang mampu dikurangi melalui penggunaan olive oil adalah aterosklerosis, rheumatoid arthritis, diabetes, obesitas, kanker, penyakit radang usus atau penyakit neurodegeneratif, dll.

Manfaat Olive Oil lainnya

Manfaat olive oil untuk sistem imun juga dapat digunakan sebagai perawatan dalam menjaga kesehatan seperti kegunaannya yang dapat memperlancar kerja pencernaan, mengurangi resiko depresi, memerangi penyakit alzheimer, meredakan rasa sakit, dan mencegah kanker. 

Beberapa Cara Menggunakan Olive Oil

Bahan campuran untuk mandi.

Olive oil dapat digunakan untuk campuran rendaman di bathtub. Dengan cara ini, olive oil dapat memberikan efek perawatan dan membersihkan terhadap kulit. Namun jika tidak ada bathtub di rumah, sahabat sehat dapat menggunakannya setelah mandi dengan mengoleskannya di permukaan tubuh. 

Pengganti minyak goreng.

Penggunaan minyak goreng menimbulkan banyak komposisi lemak jenuh yang tidak seimbang dalam makanan. Namun jika sahabat sehat menggantinya dengan minyak zaitun, sahabat sehat dapat menyeimbangkan lemak jenuh dan lemak tidak jenuh dalam makanan.

Oil Pulling.

Penggunaan minyak zaitun untuk oil pulling mampu membersihkan mulut untuk menjaga higienitas di dalam mulut dan mencegah penyakit yang masuk melalui mulut. Cara ini adalah pola yang sebenarnya sudah lama, caranya dengan berkumur kumur selama 5-10 menit di pagi hari.

Campuran makanan.

Olive oil untuk sistem imun dapat diolah ke dalam makanan seperti campuran dressing dalam salad sayur, campuran smoothing, campuran juice, atau yang lainnya. 

Campuran essential oil.

Essential oil ini adalah ekstrak dari tumbuhan. Essential oil ini tidak dapat digunakan sendiri namun perlu ditambahkan kedalam campuran minyak atau larutan lainnya. Untuk hal ini, olive oil yang memiliki aroma tidak terlalu menyengat dapat digunakan untuk melarutkan essential oil. Aroma essential oil dari bebungaan dan tumbuhan herbal yang biasanya beraroma kuat tetap dapat dibaui bila dicampurkan dengan minyak zaitun.

Referensi : Cara Buat Resep