Home » Blog » 4 Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Imun, Jaga Imun agar Kuat di Tengah Pandemi

4 Pengaruh Kesehatan Mental Terhadap Imun, Jaga Imun agar Kuat di Tengah Pandemi

pengaruh kesehatan mental terhadap imun

pengaruh kesehatan mental terhadap imun – Semakin banyaknya jumlah kasus yang terkena covid-19 dan diperpanjangnya Lockdown permasalahan kesehatan mental menjadi hal yang paling banyak bicarakan.

Tentu saja sangat sulit bagi semua pihak agar merasa tetap sehat secara mental dan fisik di tengah pandemi seperti saat ini. Pengaruh kesehatan mental terhadap imun menjadi hal yang penting dan harus diperhatikan terutama menjaga kesehatan tubuh dari covid-19. 

Sahabat sehat harus memahami bahwa terdapat pengaruh penting antara kesehatan mental terhadap imun manusia agar bisa menghadapi aktivitas dan juga kejadian setiap harinya.

Selain perlindungan dari luar seperti menggunakan masker dan juga mengkonsumsi obat dan vitamin, Sahabat sehat harus bisa mempertahankan kesehatan mental agar imun juga selalu kuat. 

Berikut adalah pengaruh kesehatan mental terhadap imun agar sahabat sehat untuk menjaga imun di tengah pandemi seperti saat ini. 

Pandemi Membuat Banyak Sahabat Sehat Merasa Khawatir

Salah satu hal pertama adalah pandemi membuat banyak sekali sahabat sangat merasa khawatir dan hal ini berpengaruh terhadap kesehatan mental terhadap imun.

Pandemi membuat banyak hal berubah termasuk pekerjaan dan juga cara bersosialisasi walaupun terlihat sangat sepele hal ini bisa merubah dan mengganggu kesehatan mental seseorang. Oleh karena itu menghindari rasa cemas berlebihan di tengah pandemi adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. 

Lockdown Membuat Sahabat Sehat Tidak Bertemu Banyak Orang

Lagu Don’t di tengah pandemi saat ini membuat sahabat sehat tidak bertemu banyak orang dan hal ini bisa menjadi salah satu pemicu stres ataupun kesehatan mental dengan sahabat sehat rasakan.

Terutama untuk sahabat sehat yang mobilitas dan juga jumlah pertemuan dengan orang lain sangat tinggi. Ketika adanya Pandemi Sahabat sehat harus menahan tersebut hal tersebut dan hal ini yang menjadi salah satu pengaruh kesehatan mental terhadap imun. 

Stress Mengakibatkan Kurang Tidur

Rasa cemas berlebihan tersebut Tentu saja sangat berpengaruh pada kesehatan mental dan bisa mengakibatkan kurang tidur. Ketika waktu istirahat yang sahabat sehat punya sudah berkurang Hal ini menyebabkan banyak sekali permasalahan penting.

Kurang tidur membuat sahabat sehat menjadi memiliki rasa cemas yang berlebihan dan tentu saja mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Sahabat sehat cenderung akan meninggalkan kebiasaan baik seperti berolahraga dan juga makan makanan yang bergizi dikarenakan memikirkan hal-hal yang membuat cemas tersebut.

Pengaruh kesehatan mental terhadap imun dalam hal ini adalah membuat imun sahabat menjadi turun karena asupan yang seharusnya diperlukan tidak masuk sama sekali atau pun berkurang. 

Stress Mengakibatkan Pola Hidup dan Makan yang Tidak Sehat

Masih membahas stres yang mengakibatkan pola hidup dan makanan yang tidak sehat hal ini berpengaruh terhadap kebutuhan zat-zat yang diperlukan tubuh sahabat sehat.

Ketika sedang merasakan stres tubuh cenderung tidak berfungsi dan berpikir seperti biasanya sehingga mengenyampingkan hal utama yang diterima oleh tubuh. Malah banyak diantaranya yang beralih ke pola hidup sangat tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol ataupun merokok menjadikan imun tubuh justru menurun.

Ketika semua itu terjadi tentu saja imun akan sangat terganggu dan tidak kuat.  Harus disadari bahwa kesehatan mental bisa sangat mempengaruhi imun. 

Maka Sahabat sehat harus terus menjaga kesehatan mental agar di tengah pandemi seperti ini tidak mudah sakit ataupun terkena virus. Informasi di atas merupakan informasi penting bahwa pengaruh kesehatan mental terhadap imun adalah hal yang tidak boleh disepelekan.

Referensi: Darya Varia