Home » Blog » 4 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi, Kesehatan Mental bukanlah Masalah Spele!    

4 Tips Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pandemi, Kesehatan Mental bukanlah Masalah Spele!

tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi

tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi – Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting untuk bisa dijaga agar sahabat  sehat bisa menjalani hari tanpa merasakan stress.

Masa pandemi saat ini membuat banyak sekali hal-hal kemungkinan terjadi berkenaan dengan kesehatan mental. Tentu saja alasan terkuat dikarenakan harus laku daun dan tidak boleh bertemu ataupun bersosialisasi dengan orang lain secara bergerombol.

Bagi beberapa orang hal ini bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya stres dan mengarah pada kesehatan mental. Tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi sangat penting dan harus dipahami oleh siapa saja agar tetap bisa bertahan di situasi seperti ini.

Setiap individu termasuk sahabat sehat merupakan hal yang berharga sehingga memastikan diri baik-baik saja harus sahabat sehat lakukan. 

Selalu Jaga Hubungan dengan Orang Lain

Salah satu tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi yang pertama adalah selalu menjaga hubungan dengan orang lain ataupun dengan teman sahabat sehat.

Sebagai makhluk Social sahabat sehat tetap harus berkomunikasi dan menjaga hubungan dengan orang lain walaupun di tengah pandemi. Sahabat sehat bisa menjaga hubungan tersebut Seperti melakukan video call dan juga selalu berkomunikasi melalui sosial media secara cukup. 

Tidak bertemu dan berkomunikasi dengan manusia lain menjadi salah satu pemicu utama terganggu nya kesehatan mental dikarenakan sahabat sehat merasa tidak memiliki tempat untuk bercerita. Walaupun masakan Demi Sahabat sehat tetap harus menjaga cara agar tidak kehilangan orang-orang yang sahabat sehat kerap temui sebelumnya. 

Mengelola Stress Secara Tepat

Mengelola stres secara tepat menjadi tips menjaga kesehatan mental di tengah pandemi selanjutnya dikarenakan banyak hal yang memicu stres.  Saat ini sudah menjadi jauh lebih mudah bagi sahabat sehat untuk mengenali pemicu stres yang ada sehingga sahabatnya bisa menjauhkan diri dari hal-hal tersebut agar bisa tetap tenang dan menjalani lockdown secara relaks. 

Apabila salah satu pemicu stres bisa berasal dari pola makan dan juga pola tidur sahabat sehat bisa segera mencari alternatif.

Jauhi makan makanan tersebut dan juga kelola pola tidur menjadi jauh lebih sehat sesuai dengan yang dibutuhkan sahabat sehat. Stres bisa ditemukan penyebab dan juga cara menanganinya sehingga sahabat sehat tidak perlu merasa terlalu terbebani dalam hal ini. 

Melakukan Relaksasi Secara Rutin

Melakukan relaksasi secara rutin bisa sahabat sehat lakukan dengan cara olahraga ringan di pagi hari ataupun Yoga melalui internet secara rutin setiap pagi.

Hal ini menjadi cara agar sahabat sehat bisa selalu relaks dan tidak merasa stres di tengah pandemi. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental yang dimiliki oleh sahabat sehat. 

Banyak sekali cara untuk bisa bersantai ataupun Relax tidak harus mengikuti Yoga atau olahraga ringan,  beberapa Sahabat sehat tentu merasa bermain alat musik seperti gitar juga bisa menjadi  cara relaksasi.

Apabila sahabat yang memiliki hobi untuk menonton maka Atur jadwal agar bisa menikmati series ataupun film yang sahabat sehat lakukan dalam bentuk relaksasi. 

Tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi sangat dibutuhkan karena beberapa sahabat sehat tidak bisa mengelola dan menemukan sumber stres sehingga mendapatkan solusinya.

Hal ini tentu saja akan mengarah pada kesehatan mental yang sangat penting dan menjadi konsen utama di tengah pandemi. Teks di atas merupakan tips menjaga kesehatan mental di masa pandemi karena kesehatan mental adalah hal yang sangat penting.

Referensi: CDC.GOV

Gambar oleh Tiyo Prasetyo dari Pixabay