Home » Blog » 5 Manfaat Lemon Untuk Rambut dan Kulit Kepala Lebih Sehat

5 Manfaat Lemon Untuk Rambut dan Kulit Kepala Lebih Sehat

manfaat lemon untuk rambut

Banyak sekali yang dapat dimanfaatkan dari buah lemon. Manfaat lemon untuk rambut bukanlah hal yang baru untuk sebagian masyarakat awam. Sahabat Sehat, pastinya sudah memanfaatkan buah rutin secara rutin untuk kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya untuk menambah rasa asam yang alami pada masakan, berikut 5 manfaat setiap irisan buah lemon untuk rambut sekaligus kulit kepala.

Lemon mempunyai khasiat yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. Namun kali ini Sahabat Sehat Bisa memanfaatkan lemon untuk rambut. Apa sajakah itu? Yuk simak satu persatu setiap poin-poinnya.

Manfaat Lemon untuk Mengatasi Ketombe

Ketombe yang dirasakan di kulit kepala percaya tidak percaya bisa juga membuat aktifitas sehari-hari kurang nyaman dan PD. Para pakar Hair Style banyak menyetujui bahwa cara paling ampuh untuk mengurangi ketombe yang menempel di rambut, dapat diatasi dengan buah lemon. Ketombe memang ada beberapa jenis salah satunya tipe ketombe kering. 

Didalam Indian Journal of Dermatology menyebutkan bahwa Asam Sitrat yang terkandung dari buah lemon dapat memberikan keseimbangan PH rambut. Nah, inilah salah satu alasannya perasan buah lemon yang digunakan paling tidak seminggu tiga kali dapat menjaga rambut dari munculnya ketombe. 

Mengurangi rambut Berminyak

Sahabat Sehat, Apakah Anda sedang memiliki rambut yang kurang sehat misalnya agak berminyak? Tanda-tanda rambut berminyak disebabkan banyaknya produksi minyak atau yang disebut juga Sebum yang keluar dari kelenjar Sebasea pada rambut. Oleh sebab itu nampa rambut yang berkilau namun sebenarnya berminyak. Kurangi produksi minyak tersebut dengan memanfaatkan buah lemon.

Mengoptimalkan Kesehatan Kulit Kepala

Selain manfaat lemon untuk rambut berketombe, ternyata buah lemon juga baik untuk mengoptimalkan kesehatan kulit kepala. Khasiat buah lemon selain kaya akan vitamin C nya, buah lemon juga kaya vitamin B dan Antioksidan tinggi. Oleh sebab itu, merawat rambut dengan lemon dapat memperbaiki kerusakan pada sel kulit kepala. 

Vitamin C pada buah lemon sebenarnya dapat menguatkan folikel rambut yang mana folikel ini dapat memproduksi kolagen untuk memperbaiki sel kulit kepala yang rusak. Sedangkan vitamin B yang berasal dari buah lemon sangat mampu membantu kulit kepala terhindar dari infeksi kutu, ruam kulit, dan dermatitis seboroik. 

Rambut lebih berkilau

Sebelumnya Sahabat Sehat sudah mengetahui manfaat lemon untuk rambut sangat ampuh mengusir ketombe. Nah kali ini bagi Anda yang ingin mendapatkan rambut terlihat lebih berkilau bisa dengan menambahkan perasan buah lemon pada saat bersampo. Buah lemon dapat membantu rambut terlihat berkilau setelah lamanya terpapar di bawah teriknya sinar matahari. 

Memutihkan rambut pada warna Blonde

Apakah Anda termasuk yang paling sering gonta ganti cat rambut? Nah, bagi Anda yang menginginkan hasil memutihkan rambut yang alami bisa menggunakan buah lemon.  Jadi proses memutihkan rambut dengan perasan buah lemon akan menghasilkan lebih cepat warna putih karena kandungan asam sitrat dari lemon dapat mengurangi warna rambut melamin. Cocok bagi Anda yang menginginkan rambut berwarna pirang ataupun juga Blonde.

 

Dimana membeli buah lemon tanpa harus ke pasar? Kunjungi kami Sesa.id. selalu bisa diandalkan dalam memenuhi kebutuhan Vitamin C kapanpun dan dimanapun. Dapatkan kualitas buah lemon segar California hanya di Sesa. Itulah manfaat lemon untuk rambut dan semoga kebaikan buah lemon tidak hanya untuk kesehatan rambut Anda saja tetapi juga bisa menjadi asupan nutrisi dan Vitamin Anda dan keluarga sehari-hari.

Referensi: Sehatq 

Photo by Olga Lioncat from Pexels