Home » Blog » Ibu Bijak Wajib Tahu 10 Rekomendasi Buah Untuk Bayi Tahap Finger

Ibu Bijak Wajib Tahu 10 Rekomendasi Buah Untuk Bayi Tahap Finger

rekomendasi buah untuk bayi

Sungguh menyenangkan melihat perkembangan buah hati yang beranjak memasuki masa toddler. Peristiwa tersebut bisa jadi momen emas antara ibu dan anak. Tidak ingin terlewati dengan sia-sia, seorang ibu akan selalu memberikan nutrisi terbaik untuk tumbuh kembang si kecil, termasuk mencari informasi rekomendasi buah untuk bayi.

Namun, banyak ibu muda yang khawatir dan bingung memilih buah yang tepat dan aman dikonsumsi si kecil. Buah haruslah lembut sehingga mudah dicerna lambung mungil bayi. Selain tekstur, ibu wajib menilai keamanan kandungan buah agar tidak menimbulkan alergi.

Daftar 10 Rekomendasi Buah Untuk Bayi

Sahabat sehat, catat buah-buahan berikut yang pastinya aman dikonsumsi si kecil!

1. Buah Pisang

Buah pisang kaya akan selenium, kalsium, mineral, magnesium, vitamin C, vitamin B2, vitamin B6 dan zat besi. Selain vitamin dan mineral, kandungan karbohidrat membuat si kecil kenyang. Tekstur yang lembut mudah dicerna lambung bayi dan rasa manis juga disukai. Cukup berikan pisang dengan porsi wajar agar buah hati tidak sembelit.

2. Buah Pir

Buah pir cukup aman dikonsumsi bayi 6 bulan, rasa yang manis dan segar pasti disukai. Pir kaya akan vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, kalsium dan rendah sodium yang diperlukan bayi untuk bertumbuh. Buah ini dapat mengatasi sembelit pada bayi, cukup diolah menjadi jus.

3. Buah Naga

Tekstur daging dari buah naga cocok bagi si kecil, lunak, berair dan berbiji sangat kecil. Ibu tidak perlu khawatir dengan biji, karena cukup aman dikonsumsi bayi berusia 6 bulan. Kandungan kaya antioksidan mampu menangkal radikal bebas sehingga bayi memiliki imunitas baik.

4. Buah Jeruk

Sudah jadi rahasia umum jika jeruk memiliki kadar vitamin C tinggi, kandungan tersebut diperlukan tubuh untuk regenerasi agar daya tahan tubuh tetap optimal. Pilih jeruk yang tepat untuk bayi 6 bulan, yakni jenis jeruk baby yang rasanya lebih manis.

5. Buah Apel

Kandungan vitamin A, B dan C menjadikan apel cocok menjadi makanan pendamping ASI. Serat alaminya membantu kenyang lebih lama, mengurangi resiko infeksi saluran nafas, mengatasi diare, menyehatkan jantung hingga mencegah kanker. Olah apel menjadi jus agar lebih mudah dimakan bayi sahabat sehat.

6. Tomat

Meskipun menjadi perdebatan tak berujung tentang tomat sebagai buah atau sayur, ibu dapat memberikan tomat sebagai alternatif buah yang aman dikonsumsi bayi berusia 6 bulan. Tomat kaya magnesium, serat, fosfor, kalsium, vitamin A dan asam folat. Olah tomat menjadi jus atau disajikan bersama bubur.

7. Buah Pepaya

Buah tropis yang manis dan segar ini bisa jadi rekomendasi. Pepaya kaya berbagai macam vitamin, seperti vitamin A, C, B1, B2 dan E. Enzim papain dan serat sangat bagus bagi kesehatan pencernaan bayi. Pilih papaya matang yang manis dan bertektur lembut. Berikan dengan bijak agar tidak menjadi diare, ya.

8. Buah Kiwi

Selanjutnya buah primadona karena kandungan vitamin C, A, E, B, K, beta karoten, folatin dan zeaxanthine dapat meningkatkan sistem imun tubuh, menjaga kesehatan kulit dan pencernaan bayi. Penyajiannya mudah, potong kiwi kecil-kecil atau menjadi jus.

Rekomendasi buah untuk bayi kini telah Sahabat sehat ketahui. Soal mencari buah-buahan higiensis dan berkualitas kini lebih mudah di SESA. Cukup satu klik untuk nutrisi buah hati anda!

Referensi : Hamil.co.id 

Photo by Lisa from Pexels