Home » Blog » Apa itu Salted Butter? Kandungan dan Efek Samping

Apa itu Salted Butter? Kandungan dan Efek Samping

salted butter adalah

Bagi Sahabat Sehat yang suka membuat roti atau kue pasti sudah tak asing dengan salah satu bahan pembuat kue yakni butter atau mentega dari lemak hewani. Butter sendiri dibagi menjadi dua jenis yakni salted butter dan unsalted butter. Salted butter adalah mentega yang mengandung garam.

Kandungan garam dalam mentega tersebut membuat cita rasanya menjadi sedikit lebih asin dibanding dengan unsalted butter. Mentega asin biasa digunakan untuk menumis dan sebagai bahan olesan kue dan martabak.

Sifat dari Salted Butter

Mentega asin memiliki sifat lebih tahan lama dan dapat disimpan selama 3-4 bulan. Hal ini karena salted butter memiliki kandungan tambahan berupa garam. Dan sebagaimana Sahabat Sehat ketahui bahwa garam merupakan salah satu bahan yang sering dipakai untuk mengawetkan makanan.

Sifat lain dari salted butter adalah setiap merek dari produk komersilnya memiliki rasa asin yang berbeda-beda karena kadar garam pada tiap-tiap produknya juga beragam. Akibat dari perbedaan kadar asin tersebut membuat pengguna sulit untuk mengontrol rasa saat membuat masakan.

Mentega asin memiliki kadar air yang relatif lebih tinggi dari unsalted butter. Diduga kadar air tersebut turut memberikan pengaruh pada tekstur kue Sahabat Sehat. Apakah benar demikian? Namun bagi penyuka rasa asin, salted butter dapat jadi pilihan bahan baku resep masakan.

Kandungan dalam Salted Butter

Salted butter adalah suatu mentega yang terbuat dari lemak hewani. Berdasarkan yang disampaikan oleh laman Fatsecret Indonesia, setiap 100 gram mentega asin, kalori yang terkandung di dalamnya bernilai sekitar 717 kkal. Adapun informasi gizi selengkapnya dapat Sahabat Sehat simak dibawah ini:

  • Energi : 3000 kJ
  • Lemak : 81,11 gr
  • Lemak Jenuh : 51,368 gr
  • Lemak tak Jenuh Ganda : 3,043 gr
  • Lemak tak Jenuh Tunggal : 21,021 gr
  • Kolesterol : 215 mg
  • Protein : 0,85 gr
  • Karbohidrat : 0,06 gr
  • Serat : 0 gr
  • Gula : 0,06 gr
  • Sodium : 576 mg
  • Kalium : 24 mg

Mentega mengandung asam lemak butirat yang dapat bekerja sebagai efek anti radang dalam usus besar dan mampu menghambat pertumbuhan kanker dalam saluran pencernaan. 

Tak hanya itu, butter juga memiliki kandungan nutrisi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan nutrisi mikro tersebut meliputi vitamin A, vitamin E, riboflavin, kalsium, fosfor, dan niasin.

Efek Samping Mentega

Beberapa penelitian ada yang menyatakan bahwa butter adalah penyebab penyumbatan arteri dan naiknya kolesterol. Namun, beberapa ahli lain juga menilai bahwa butter merupakan bahan baku tambahan yang lezat dan bergizi apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Penelitian dalam jurnal PLOS One 2016 menyebutkan bahwa kaitan antara mengonsumsi mentega dengan penyebab dari suatu kematian ditemukan sangat lemah. Kesimpulan lain juga menjelaskan bahwa kaitannya dengan penyakit kardiovaskular juga tidak signifikan.

Meski demikian, Sahabat Sehat juga perlu membatasi konsumsi mentega karena yang namanya lemak, kalori yang terkandung di dalamnya tetap tinggi dan dapat berakibat buruk untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Mentega biasanya menjadi sebuah pilihan yang lebih sehat dibanding dengan margarin, karena margarin sebagaimana diungkapkan oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi dalam KlikDokter, mengandung sangat banyak lemak jenuhnya yang sangat beresiko bagi kesehatan jantung.

Meski rasa yang diberikan oleh salted butter adalah gurih asin yang memikat, Sahabat Sehat juga perlu mengontrol konsumsinya dan tetap terapkan pola gaya hidup sehat.

Produk Salted Butter

Bingung mencari salted butter yang enak? Sahabat Sehat bisa mencoba Butter Anchor Salted 227 g karena rasa menteganya sangat kaya, terbuat dari susu sapi terbaik, dan tidak cepat kadaluarsa.

Info selengkapnya dapat Sahabat Sehat akses di sesa.id, mumpung ada potongan harga. Beli sekarang sebelum habis diborong yang lain!

 

Referensi:Ainurskitchen,Klikdokter ,Fatsecret
Photo by Markus Spiske from Pexels
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.