Home » Blog » Resep Otak Otak Ikan Tenggiri Goreng

Resep Otak Otak Ikan Tenggiri Goreng

ikan tenggiri goreng
Photo by Spencer Selover from Pexels

Ikan tenggiri goreng – Makanan yang terbuat dari ikan rasanya memang berbeda. Pastinya makanan ini akan membuat Sahabat Sehat ketagihan karena rasanya enak dan lebih gurih. Sahabat Sehat bisa memakannya berkali-kali saking enaknya. Salah satu makanan olahan yang akan bikin ketagihan adalah Ikan Tenggiri Goreng. Makanan ini bisa menjadi lauk ataupun cemilan yang enak saat nonton televisi. 

Resep Otak Otak Ikan Tenggiri Goreng Jauh Lebih Gurih 

Otak otak ini bisa dibikin dari berbagai jenis ikan. Tetapi, Sahabat Sehat sebaiknya memilih memakai ikan tenggiri karena rasanya jauh lebih gurih. Otak-otak ini biasanya digoreng dan dicocol memakai saus.

Makanan ini cocok sekali dimakan sambil minum teh ataupun kopi. Otak-otak goreng ini warnanya putih agak pekat seperti cat tembok. Kalau digoreng, warna luarnya yang berubah tetapi warna dalam tetap putih.

Bentuk dari otak-otak goreng ini memanjang kecil-kecil. Rasa dari otak otak berbahan ikan tenggiri lebih gurih dan enak. Tekstur kenyal dan empuk bersatu dengan rasa gurih ikan tenggiri. Jadi, Sahabat Sehat bisa mencoba membuat otak otak goreng sendiri di rumah dan rasakan kelezatan dari otak otak goreng ini. 

Bahan Dasar Resep Otak Otak Ikan Tenggiri Goreng 

Saat Sahabat Sehat tertarik untuk membuat resep otak otak goreng, maka harus mempersiapkan beberapa bahan yang harus dibutuhkan. Sahabat sehat membutuhkan beberapa bahan dasar dan juga bumbu. Inilah beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat otak otak ikan tenggiri goreng

Bahan Dasar

  • 500 gram ikan fillet tenggiri 
  • 200 gram tepung sagu 
  • 4 sdm santan kental 
  • 2 butir telur, pakai putihan telur saja 

Bahan Bumbu 

  • 6 buah bawang merah 
  • 5 buah bawang putih 
  • 3 sdt garam
  • 2 ½ sdm gula pasir

Bahan Tambahan 

  • Daun bawang secukupnya 

Cara Membuat Otak Otak Ikan Tenggiri Goreng 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat otak otak ikan tenggiri goreng. Pastikan Sahabat Sehat menerapkan langkah-langkah yang tepat agar masakan olahan ini jadi sempurna. Sahabat sehat bisa memilih 200 gram tepung sagu atau 150 gram tepung sagu. Hasilnya akan terasa berbeda sedikit.

ikan tenggiri beku

Ikan Tenggiri Beku Sesa

Bila Sahabat sehat memilih pemakaian 200 gram tepung sagu, rasanya akan lebih alot dan kenyal seperti otak otak yang dijual di pasar. Tetapi, bila ingin hasil yang lebih empuk, maka pemakaian 150 gram tepung sagu lebih disarankan. Inilah beberapa langkah yang harus dilakukan. 

  1. Pertama-tama, fillet ikan tenggiri dihaluskan terlebih dulu. Sahabat sehat bisa memakai blender, digiling langsung, ataupun memakai food processor. Pemakaian blender agak tidak disarankan karena harus menambahkan air terlebih dulu. 
  2. Kemudian, campurlah bumbu-bumbu diatas yang sudah dihaluskan dengan fillet ikan tenggiri giling. 
  3. Kemudian, ambil santan kentalnya. Sahabat sehat bisa memakai santan instan yang dijual di pasaran. 
  4. Setelah itu, aduklah semua bahan secara rata. 
  5. Kalau sudah rata, maka masukkan 2 butir putih telur. Fungsi dari putih telur ini adalah pengembang alami dari otak-otak agar lebih enak dan kenyal
  6. Aduklah merata agar tekstur dari tepung sagu pas. Saat proses pengadukan pastinya tepung sagu terasa lengket di tangan. Sahabat sehat bisa melumuri tangan dengan minyak goreng agar tak terlalu lengket. 
  7. Lalu, langkah terakhir adalah masukkan daun bawang dan aduk merata. 
  8. Bentuk adonan agak memanjang, Sahabat sehat bisa mengambil adonan dengan sendok makan agar ukurannya sama. Setelah selesai kukus otak otak ikan tenggiri goreng sebelum dimakan atau digoreng. 

referensi: Masak Journey, IDNTimes

________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.