Home » Blog » 6 Rahasia Bahan Tambahan Agar Sambal Goreng Telur Puyuh Terasa Lebih Nikmat

6 Rahasia Bahan Tambahan Agar Sambal Goreng Telur Puyuh Terasa Lebih Nikmat

sambal goreng telur puyuh

Mungkin, cita rasa sambal goreng telur puyuh di warung makan satu berbeda dengan warung lainnya. Salah satu kemungkinannya adalah bahan yang digunakan. Ada beberapa cara yang bisa Sahabat Sehat lakukan agar sambal goreng ini lebih nikmat dari biasanya. Berikut ini rahasianya. 

Tambahkan Kentang 

Kentang adalah salah satu bahan rahasia yang dimasukkan dalam resep sambal goreng telur puyuh. Bahan ini membuat isian dan cita rasa olahan sambal goreng menjadi lebih nikmat ketimbang hanya menggunakan satu bahan. Tekstur kentang lembut saat dikunyah di mulut berpadu dengan rasa telur puyuh yang gurih. Pastinya, ini akan membuat Sahabat Sehat ingin makan dan makan lagi. 

Tambahkan Petai 

Percaya atau tidak, olahan sambal goreng dengan telur puyuh dan petai sangat nikmat jika dibandingkan dengan sambal goreng dengan satu bahan saja. Petai memberikan sensasi renyah pada olahan sambal goreng. 

Perpaduan antara telur puyuh, petai, dan bumbu sambal goreng membuat rasa dan aromanya menggoyang lidah. Sahabat Sehat bisa menggunakan bahan rahasia lain yang ada jika tidak terlalu suka dengan rasa dan bau petai. 

Tambahkan Cabai 

Sahabat Sehat mungkin ingin menikmati sambal goreng telur puyuh original tanpa ada tambahan bahan. Rasanya akan tetap nikmat, tapi akan lebih nikmat lagi jika ditambahkan cabe merah dan cabe rawit. Sensasi pedas manis dari cabai dan gula mera membuat rasa sambal goreng menjadi sangat nikmat.

Menu ini sangat cocok dipadukan dengan nasi hangat. Tidak mengherankan jika Sahabat Sehat menemukan tutorial cara membuat sambal goreng ini dengan jumlah cabai yang berbeda. Rahasia ini sesuai untuk Sahabat Sehat yang suka pedas. Tambahkan jumlah cabai secara wajar sehingga tidak merusak rasa dan mengganggu pencernaan serta tenggorokan. 

Tambahkan Ebi      

Ebi adalah udang kecil yang dikeringkan. Bahan ini biasa digunakan oleh Sahabat Sehat sebagai bahan penyedap MSG. Dengan menambahkan sekitar 1 sendok makan ebi kering olahan sambal goreng menjadi lebih nikmat. 

Yang paling penting olahan tersebut tetap sehat karena tidak menggunakan MSG atau penyedap rasa lain yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahan ini rendah kalori dengan kandungan protein yang tinggi.   

Tambahkan Santan Kental 

Sambal goreng telur puyuh menjadi lebih nikmat jika ditambahkan santan kental. Salah satu alasannya karena santan kental mengeluarkan senyawa nonylmethylketon saat proses pemasakkan. Rasa olahan sambal goreng menjadi lebih kaya dan sedap. 

Bumbu sambal goreng pun menjadi lebih kental dan terasa di mulut. Rasanya akan berbeda jika Sahabat Sehat menggunakan santan encer walaupun sama-sama santan. 

Tambahkan Daun Sereh, Daun Salam, Serta Lengkuas 

Daun sereh, daun salam, dan lengkuas seperti menjadi bumbu wajib di berbagai masakan Indonesia, termasuk sambal goreng. Dengan menambahkan tiga bahan ini, maka aroma dari sambal goreng akan semakin kuat. 

Aroma wangi yang tercium akan membuat Sahabat Sehat lapar dan ingin segera melahap sambal goreng tersebut. Bahan ini juga dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. 

Intinya, cara memasak sambal goreng telur yang nikmat sangatlah mudah. Sahabat Sehat cukup menggunakan bahan-bahan rahasia di atas. Bahan-bahan tersebut sangat mudah ditemukan dan umum digunakan di dapur. 

Begitu sambal goreng siap, aromanya wangi dan menggugah selera makan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan telur puyuh segar dan berkualitas setiap kali memasak sambal goreng telur puyuh. Sesa.id menyediakan telur puyuh berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk kebutuhan dapur Sahabat Sehat. 

Referensi: Fimela, Cookpad

Gambar oleh DanaTentis dari Pixabay