Home » Blog » 4 Bahan Dalam Resep Sate Telur Puyuh Yang Membuat Sehat

4 Bahan Dalam Resep Sate Telur Puyuh Yang Membuat Sehat

resep sate telur puyuh

resep sate telur puyuh – Telur puyuh menjadi salah satu bahan favorit karena sangat mudah diolah. Sahabat sehat sudah bisa mengkonsumsinya hanya dengan direbus. Namun, telur puyuh bisa diolah secara sederhana, seperti sate telur puyuh untuk mendapatkan cita rasa yang lebih nikmat. 

Selain sederhana, dalam resep sate telur puyuh pun menggunakan bahan-bahan yang baik untuk kesehatan. Berikut ini beberapa bahan dalam sate telur puyuh yang menyehatkan serta menambah cita rasanya. 

Gula Merah 

Gula merah umum digunakan untuk resep sate telur puyuh bacem. Bahan ini tidak hanya memberikan rasa manis tetapi juga warna yang lebih menarik. Ternyata, gula merah dalam sate telur puyuh pun memberikan manfaat bagi kesehatan. 

Gula merah memiliki kandungan zat besi serta niasin yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan dari bahan yang terbuat dari nira pohon palma ini juga sangat baik untuk mengatasi anemia atau kurang darah serta menjaga kolesterol. Telur puyuh sendiri juga baik untuk menambah darah. 

Lengkuas

Lengkuas tidak bisa dipisahkan dari resep sate telur puyuh kecap atau olahan sate telur puyuh lainnya. Menurut penelitan tanaman rimpang ini mengandung kandungan kimia yang baik untuk meningkatkan gairah seks. 

Anak-anak yang tadinya enggan makan mungkin akan makan dengan lahap setelah merasakan sate telur puyuh dengan tambahan lengkuas. Selain meningkatkan gairah seks untuk orang tua, lengkuas ternyata juga sangat baik untuk menambah nafsu makan anak-anak. Kandungan kimia atau senyawa dalam lengkuas akan keluar saat bahan ini ditumbuk. Jadi, jangan lupa menambahkan lengkuas pada resep sate telur puyuh Sahabat Sehat.   

Air Kelapa 

Air kelapa juga menjadi salah satu rahasia sate telut puyuh yang nikmat dan sehat. Pasalnya, air kelapa mengandung segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah membantu menstabilkan tekanan darah. 

Bahan yang satu ini mengandung kalium yang membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi. Selain itu, cairan ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah atau LDL. Saat diserap dalam tubuh, kandungan dalam air kelapa akan mengurangi tumpukan lemak. Dengan hilangnya tumpukan lemak dalam tubuh, maka semakin kecil pula risiko penyakit jantung.  

Asam Jawa 

Bahan rahasia lain yang membuat sate telur puyuh terasa nikmat dimulut sekaligus menyehatkan tubuh adalah asam jawa. Asam jawa mengandung zat antioksidan yang dapat mengurangi penyakit berbahaya seperti kanker atau gagal ginjal. Asam juga mengandung flavonoid yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Cara Membuat Sate Telur Puyuh

Haluskan beberapa bahan, seperti bawang merah, ketumbar, garam, bawang putih, dan gula pasir. Setelah halus, masukkan bumbu halus tersebut ke dalam panci. Tambahkan daun salam, lengkuas, asam jawa, dan gula merah lalu aduk rata. 

Masukkan telur puyuh yang sudah direbus kemudian tambahkan air kelapa. Aduk sebentar lalu tambahkan kecap. Aduk kembali dan masak selama 15 hingga 20 menit hingga bumbu meresap. Matikan api dan sisihkan. Setelah dingin, tusukkan 3 butir telur puyuh ke tusuk sate. Sahabat sehat bisa membakar sate telur puyuh tersebut atau langsung menyajikannya.

Sekarang, Sahabat Sehat tidak akan ragu lagi mencari resep sate telur puyuh. Terbukti jika resep sate telur puyuh memiliki bahan rahasia yang sangat baik untuk kesehatan. Tentu saja Sahabat Sehat juga harus menggunakan telur puyuh berkualitas dan segar. Penuhi kebutuhan telur puyuh berkualitas dengan harga yang terjangkau melalui Sesa.id.   

Referensi: Sehatq, Liputan6

 

Gambar oleh Soerachmad Soeryodibroto dari Pixabay