Home » Blog » 6 Ide Menu Sarapan Pagi Sehat Untuk Diet Dan Kaya Akan Nutrisi

6 Ide Menu Sarapan Pagi Sehat Untuk Diet Dan Kaya Akan Nutrisi

sarapan pagi sehat untuk diet
Photo by Ioana Motoc from Pexels

Sarapan pagi sehat untuk diet – Apakah sahabat sehat tengah menjalani program diet ? saat menjalani program penurunan berat badan memilih makanan sehat perlu dilakukan. Terutama memilih menu untuk sarapan. Sarapan penting untuk dilakukan karena bisa mengatur pola makan sepanjang hari. Namun, mengkonsumsi makanan yang salah akan menggagalkan program diet sahabat sehat. 

Untuk itu, sebaiknya sahabat sehat memilih menu sarapan yang sehat dan bergizi. Hindari makanan yang mengandung minyak, bisa diganti dengan olahan makanan yang direbus, kukus atau dipanggang.

Banyak sekali menu sarapan sehat yang bisa membantu menurunkan berat badan. Bahkan, tidak hanya menyehatkan tapi rasanya pun sangat lezat. Berikut adalah beberapa ide menu sarapan pagi sehat untuk diet yang bisa sahabat sehat coba.

1. Buah pisang

Meskipun buah pisang mengandung serat namun tetap rendah kalori. Serat yang terkandung dalam pisang bisa membantu memperlambat pengosongan perut. Sehingga, bisa menekan keinginan untuk makan dan menahan rasa kenyang lebih lama. 

Untuk mengkonsumsinya sangat mudah. Dapat dikonsumsi secara langsung atau sebagai campuran oatmeal. Memperbanyak makanan yang berserat dari sayuran maupun buah-buahan mampu menurunkan berat badan lebih cepat.

2. Telur

Telur yang kaya akan protein, vitamin, mineral, selenium dan riboflavin menjadi sumber nutrisi yang sangat baik. Bahkan menurut penelitian sarapan telur bisa meningkatkan perasaan kenyang. Bahkan dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak, protein lebih ampuh menekan rasa lapar. 

Selain itu, kandungan protein yang tinggi dalam telur dapat menurunkan berat badan. Sebuah penelitian yang melibatkan partisipan membuktikan sarapan dengan telur mengalami penurunan berat badan dua kali lipat. Menikmatinya bisa disajikan dengan cara apapun. Misalnya direbus, orak arik atau dibuat telur mata sapi. 

3. Wheat germ 

Sarapan pagi sehat untuk diet selanjutnya adalah wheat germ atau mata gandum. Mungkin sahabat sehat masih asing dengan wheat germ. Wheat germ sendiri adalah inti gandum yang mempunyai kandungan penting. Seperti vitamin, mangan, selenium dan mineral. 

Dalam satu porsi wheat germ mengandung hampir 4 gram serat. Cobalah untuk mengkonsumsi wheat germ sebagai topping oatmeal atau yogurt. Rutin mengkonsumsi wheat germ mampu menurunkan berat badan dan menstabilkan gula darah.

4. Yogurt

Makanan hasil fermentasi ini sangat baik untuk program diet menurunkan berat badan. Namun, bila diperuntukkan untuk program diet sebaiknya sahabat sehat membeli plain yogurt. Karena, bebas kalori dan kandungan gula. Dengan begitu program diet akan lebih maksimal. Selain mengenyangkan, minuman ini juga dapat menjaga Kesehatan pencernaan. Agar lebih bervariasi penyajianya bisa ditambahkan toping yang menyehatkan. Misalnya buah-buahan segar.

5. Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi. Sehingga, bila dikonsumsi saat sarapan akan merasakan kenyang lebih lama. Paling enak menyajikan oatmeal dengan susu rendah lemak dan granola. Selain itu, oatmeal dapat memberikan tenaga lebih bagi yang mengkonsumsinya. Seperti mineral, vitamin B ataupun lemak tak jenuh. 

Dimana nutrisi tersebut sangat penting untuk memberikan energi untuk tubuh.Tidak hanya itu, masih banyak manfaat oatmeal untuk Kesehatan. Misalnya mampu menurunkan kadar kolesterol, membersihkan racun dalam usus dan menyehatkan jantung. 

6. Sereal

Sereal juga bisa menjadi sarapan pagi sehat untuk diet. Makanan ini akan semakin membuat kenyang bila dipadukan dengan susu rendah lemak. Rasa kenyang yang berlebih akan menghindari sahabat sehat untuk ngemil makanan lain. Kombinasi makanan yang kaya akan nutrisi ini juga sangat baik tubuh. Agar lebih enak, sahabat sehat bisa menaburkan toping kismis saat mengkonsumsinya. 

7. Smoothies

Smoothies adalah minuman dengan bahan dasar sayur dan buah yang enak dan menyegarkan. Teksturnya kental dan banyak orang menambahkan berbagai topping agar lebih enak. Cara bikinnya gampang dan tidak memakan banyak waktu. Sahabat Sehat bisa membuat smoothie untuk sarapan pagi dengan Nutribullet.

Ingin coba? Tonton video 3 resep smoothies untuk sarapan di bawah ini.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by sesa.id (@sesaindonesia)

 

Referensi: Kompas Health
________

Visi SESA adalah membantu banyak orang mencintai diri, dengan cara memenuhi semua hal yang dibutuhkan tubuh agar selalu sehat. Nutrisi seimbang, tidur cukup, gaya hidup natural, hidup berenergi dan pikiran yang baik. SESA menseleksi berbagai produk dari bahan makanan, minuman, perawatan wajah hingga produk elektronik yang akan membuat Sahabat Sehat #SehatBeneran. Belanja online sayur, buah dan produk organik lainnya di SESA Indonesia.