fbpx
Skip to content
Home » Blog » 20 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 7 Bulan

20 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil 7 Bulan

Memasuki trimester tiga kehamilan, Sahabat Sehat harus hati-hati menjaga perkembangan janin, termasuk dengan menyediakan makanan sehat. Maka selain mengikuti rekomendasi dokter, Sahabat Sehat juga perlu mempelajari makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan, seperti yang dibahas di bawah ini!

Mengenal makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan

Apa saja makanan yang sebaiknya Sahabat Sehat hindari atau tahan menjelang trimester tiga kehamilan? Cek daftar lengkapnya berikut ini!

DAPATKAN MAKANAN SEHAT UNTUK IBU HAMIL DI SESA.ID

  1. Steak

Suka makan steak? Sebaiknya Sahabat Sehat tahan sementara buat menyantapnya, terutama kalau steak-nya bukan well done karena dianggap kurang aman untuk janin.

  1. Telur setengah matang

Telur setengah matang termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan. Hal ini disebabkan adanya bakteri Salmonella yang dapat memicu infeksi pencernaan dan keracunan.

BACA JUGA:

  1. Beberapa jenis ikan

Ikan-ikan seperti marlin, dan todak adalah jenis-jenis ikan yang kurang dianjurkan konsumsinya untuk bumil karena tingginya merkuri.

  1. Unggas setengah matang

Daging unggas harus benar-benar diolah sampai matang. Tujuannya adalah mencegah bakteri Listeria yang dapat menyebabkan infeksi serius bagi ibu maupun janin.

  1. Beberapa jenis keju

Sahabat Sehat yang doyan keju perlu menghindari beberapa jenis tertentu seperti brie, camembert, Danish blue, soft cheese, dan yang terbuat dari kambing karena mengandung bakteri berbahaya.

  1. Hati 

Hati bisa menjadi makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil 7 bulan saat dikonsumsi berlebih karena menyebabkan overdosis A yang meningkatkan peluang bayi cacat.

  1. Susu dan produknya yang tak dipasteurisasi

Susu yang tak dipanaskan dalam suhu tertentu membahayakan bumil. Pasalnya, ada berbagai bakteri membahayakan seperti Toksoplasmosis, Campylobacter, serta Listeriosis.

  1. Beberapa jenis seafood

Sahabat Sehat yang suka seafood perlu ‘berpuasa’ sementara saat kehamilan masuk usia tujuh bulan, termasuk beberapa jenis kerang yang dinilai mengandung merkuri.

  1. Beberapa jenis buah dan sayur

Jangan salah, ada sayur dan buah yang masuk ke golongan makanan yang dilarang untuk ibu hamil, di antaranya pepaya mentah, tauge mentah, hingga jus yang belum dipasteurisasi.

  1. Makanan pedas

Disitat dari New Kids Center, makanan pedas bukan hanya menyebabkan keluhan seperti sakit perut, tetapi juga memperparah sensasi mual dan muntah pada bumil.

  1. Makanan berlemak

Makanan tinggi lemak, seperti dari gorengan dan mi instan, yang disantap berlebihan dapat membuat perkembangan otak pada janin terhambat.

  1. Junk food

Melepaskan diri dari junk food memang sulit. Namun, jenis makanan ini sebaiknya dikurangi atau dihentikan konsumsinya kalau tak ingin memicu penumpukan lemak jahat.

Junk food

  1. Sushi dan sashimi

Sushi dan sashimi dapat menjadi makanan yang sebaiknya jangan dikonsumi oleh ibu hamil 7 bulan karena tergolong mentah walau pengolahannya memakai bahan-bahan terbaik.

  1. Tiramisu

Penggunaan telur mentah pada mousse dan meringue pada tiramisu dinilai kurang aman untuk kesehatan janin, sehingga perlu dihindari sementara.

  1. Daging olahan

Kendati terkesan aman, daging olahan menggunakan sejumlah bahan yang kurang bagus buat perkembangan janin hingga potensi perkembangabiakan bakteri lebih tinggi.

  1. Daging cincang

Tahukah Sahabat Sehat kalau daging cincang termasuk salah satu tempat favorit bakteri Listeria? Daripada mengambil risiko, ada baiknya konsumsi makanan ini dihentikan sementara waktu.

  1. Kecambah mentah

Kecambah mentah, termasuk semanggi, lobak, dan alfalfa, dapat menjadi makanan yang dilarang untuk ibu hamil 7 bulan karena kerap menjadi tempat tumbuhnya kuman dan bakteri.

  1. Makanan dalam kaleng

Berikutnya, makanan dalam kaleng yang disimpan terlalu lama dalam pendingin dapat menjadi lokasi berkembangbiaknya bakteri yang jelas tak baik untuk ibu hamil.

  1. Susu terkontaminasi

Sahabat Sehat yang punya kebiasan menyimpan susu sembarangan harus waspada, karena resikonya terkontaminasi lebih besar dan membahayakan bumil.

  1. Makanan berbahan kafein

Studi dari March of Dimes merekomendasikan perempuan membatasi konsumsi kafein hingga 200 miligram per hari agar tak mengancam kesehatan.

 

banner_sesa_web_9_

Ingin menyantap makanan organik yang naik buat bumil? Sahabat Sehat bisa pesan di Sesa.id dengan download aplikasinya di App Store dan Play Store.

https://www.fimela.com/parenting/read/3754775/ibu-hamil-hindari-20-makanan-ini-untuk-menjaga-kesehatan-janin

https://doktersehat.com/ibu-dan-anak/kehamilan/makanan-yang-dilarang-untuk-ibu-hamil-7-bulan/

Gambar:

sesa.id

pexels.com