fbpx
Skip to content
Home » Blog » Apa Saja Sayuran yang Mengandung Vitamin C?

Apa Saja Sayuran yang Mengandung Vitamin C?

sayuran yang mengandung Vitamin C (1)

Menemukan sayuran yang mengandung Vitamin C tentunya bukan merupakan hal yang sulit untuk dilakukan oleh Sahabat Sehat. Mengonsumsi sayuran tentunya akan memberikan banyak sekali akhlak yang baik untuk tubuh.

Vitamin C sendiri merupakan salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, pilihan tepat Sahabat Sehat ketika mencari sayuran yang memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi.

Harga sayuran sendiri sangat terjangkau untuk semua kalangan. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi Sahabat Sehat untuk tidak mengonsumsi sayuran sayuran sehat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

DAPATKAN SAYUR YANG MENGANDUNG VITAMIN C DI SESA.ID

Apa Manfaat Mengonsumsi Sayuran yang Mengandung Vitamin C?

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang akan larut di dalam air dan berguna untuk mendukung sistem imun. Selain itu bisa juga berperan sebagai antioksidan dan juga anti radang. Oleh karena itu, sangat penting bagi Sahabat Sehat untuk mengonsumsi sayuran.

Terutama dengan kandungan Vitamin C yang tinggi. Sangat penting bagi Sahabat Sehat untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian. Karena pada umumnya orang-orang yang kekurangan Vitamin C ini akan sangat rentan terhadap berbagai macam jenis penyakit.

Contohnya penyakit yang bisa muncul akibat kekurangan Vitamin C yaitu gusi berdarah, sering memar, anemia, penyembuhan luka yang cukup lama dan masih banyak lagi lainnya. Tentu saja hidup Sahabat Sehat akan kurang terasa sempurna kalau sampai mengalami penyakit tertentu.

Daripada menunggu penyakit datang, akan lebih baik jika Sahabat Sehat melakukan langkah-langkah pencegahan dengan mengonsumsi sayuran yang sehat. Simak bebeapa sayuran yang bisa dikonsumsi di bawah ini.

BACA JUGA: 4 Jenis Sayuran yang Mengandung Vitamin B

Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Menemukan sayuran dengan kandungan Vitamin C yang tinggi, adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa rekomendasi untuk Sahabat Sehat yang ingin mengonsumsi sayuran dengan kandungan Vitamin C yang tinggi.

  1. Sawi

Sayuran yang mengandung Vitamin C pertama yaitu bernama sawi. Sayuran yang satu ini bisa memenuhi sekitar 25% dari kebutuhan Vitamin C yang ada di dalam tubuh atau sebagai informasi saja rata-rata orang dewasa membutuhkan 75-90 mg.

Ketika memasak sayur sawi sangat disarankan untuk tidak terlalu panas. Karena jika dimasak terlalu panas ini bisa menurunkan kandungan Vitamin C yang ada pada sayur sawi, sehat untuk dikonsumsi manusia.

Selain kaya akan Vitamin C, masih ada banyak sekali kandungan lain yang terdapat pada sayur sawi. Contohnya saja yaitu seperti serat, kalsium, kalium, vitamin A, dan masih ada beberapa lainnya.

Sawi Putih

Sawi Putih

  1. Bayam

Untuk mendapatkan 28 (mg) Vitamin C, Sahabat Sehat bisa menyiapkan 100 gram porsi bayam. Selain mengandung Vitamin C bayam juga memiliki kandungan lain seperti misalnya vitamin K, serat dan fosfor.

Ketika Sahabat Sehat ingin menikmati manfaatnya secara maksimal, sangat disarankan untuk tidak memasak bayam terlalu panas. Karena ketika memasak dengan suhu yang terlalu panas ini bisa merusak vitamin yang ada pada sayuran.

BACA JUGA: Sayuran yang Mengandung Vitamin D

  1. Brokoli

Sayuran yang mengandung Vitamin C selanjutnya yaitu brokoli. Ini merupakan salah satu jenis sayuran yang entah kenapa di Indonesia sangat populer dan banyak disukai oleh remaja remaja zaman sekarang.

Dengan mengonsumsi brokoli, 75% kebutuhan Vitamin C di dalam tubuh akan terpenuhi. Ini adalah ukuran untuk orang dewasa yang memang sudah seharusnya mendapatkan nutrisi yang benar.

Brokoli sendiri juga memiliki cita rasa yang sangat nikmat sehingga disukai oleh orang-orang. Untuk harganya sendiri juga masih sangat ramah di kantong untuk kalangan menengah ke bawah yang memiliki budget minimum ketika berbelanja.

  1. Kembang kol

Kembang kol juga menjadi salah satu sayuran yang mengandung Vitamin C. Perlu Sahabat Sehat ketahui bahwa sayuran ini memiliki lemak yang sangat bebas, kolesterol, dan masih ada beberapa masalah lainnya.

Kandungan Vitamin C yang terdapat pada kembang kol mencapai 48,2 gram untuk setiap 100 gram kembang kol. Jumlah kandungan yang bisa dikatakan sangat tinggi untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C harian yang Sahabat Sehat butuhkan.

Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan supaya tubuh Sahabat Sehat memiliki daya tahan yang cukup baik. Untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C. Sahabat Sehat bisa mengonsumsi sayuran yang mengandung Vitamin C di atas secara rutin.

Kembang Kol Organik

Kembang Kol Organik

Https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/sayuran-mengandung-vitamin-c/

Tags: