Home » Blog » Tumis Brokoli Tahu Saus Tiram, Hidangan Sehat yang Lezat!

Tumis Brokoli Tahu Saus Tiram, Hidangan Sehat yang Lezat!

tumis brokoli tahu

Untuk mengkonsumsi makanan sehat tidak selalu sulit membuatnya, seperti tumis brokoli tahu saus tiram yang bisa dibuat dengan mudah. Meski brokoli merupakan sayuran yang tampaknya kurang menarik, ternyata brokoli bisa menjadi bahan utama menu makanan yang lezat dan sehat.

Dimasak dengan tambahan tahu serta saus tiram sebagai penambah cita rasanya. Menu ini bisa menjadi andalan hidangan praktis dan sehat yang bisa Sahabat Sehat buat untuk disantap bersama keluarga di rumah.

Bahan Tumis Brokoli Tahu Saus Tiram

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang kaya vitamin dan sangat menyehatkan. Namun tak sedikit pula orang yang tidak menyukai brokoli jika direbus atau hanya dibuat jus. Untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa mengolahnya dengan cara membuat tumis brokoli.

Kombinasikan juga dengan tahu dan bahan lainnya agar lebih nikmat. Memasak menu brokoli tahu  yang ditumis dengan saus tiram tidaklah sulit dilakukan. Sahabat Sehat juga tidak membutuhkan bahan tambahan yang sulit diperoleh. Cara memasaknya juga cenderung mudah dan cepat.

Sekarang mari intip resep tumis brokoli dengan tahu dan bumbu saus tiram di bawah ini.

Bahan utama:

  1. 1 bonggol brokoli
  2. 4 buah tahu putih
  3. 1 buah wortel
  4. 50 gram udang, cincang kasar
  5. Air secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya

Bumbu tumis:

  1. 2 siung bawang putih
  2. ½ bawang bombay
  3. 1 buah cabai merah
  4. 1 sdm saus tiram
  5. Gula pasir dan garam secukupnya

Cara Memasak Tumis Brokoli Tahu Saus Tiram

Dengan bahan yang sederhana, menu ini bisa menjadi hidangan yang lezat sekaligus sehat. Proses pembuatannya juga tidak rumit, Sahabat Sehat bisa memasaknya dengan cepat dan mudah. Berikut ini cara memasak menu tumis brokoli dengan bumbu saus tiram:

Persiapan bahan:

  1. Langkah pertama, potong-potong brokoli yang sudah Anda siapkan. Anda bisa memotongnya per kuntum atau sesuai dengan selera Anda. Lalu setelah terpotong semua, cuci hingga bersih.
  2. Lanjutkan dengan mengupas wortel, memotongnya dengan bentuk seperti potongan brokoli atau sesuai selera. Kemudian cuci wortel tersebut sampai bersih.
  3. Selanjutnya, siapkan bawang bombay cuci hingga bersih lalu potong memanjang.
  4. Memarkan bawang putih lalu cincang halus.
  5. Cuci cabai merah lalu potong menyerong sesuai selera.
  6. Potong-potong tahu yang sudah disiapkan dengan bentuk kotak, sesuaikan ukurannya dengan keinginan Anda.
  7. Goreng tahu yang sudah dipotong-potong tersebut hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Lalu angkat dan tiriskan.

Masak semua bahan:

  1. Panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu.
  2. Jika sudah panas, masukkan potongan bawang bombay, cabai merah, dan bawang putih yang sudah dicacah halus. Tumis hingga bawang bombay tampak layu dan tercium bau harum.
  3. Selanjutnya masukkan udang yang sudah dicincang kasar sebelumnya. Aduk semuanya hingga merata dan mulai berubah warna.
  4. Masukkan wortel dan brokoli kemudian aduk hingga sayuran mulai layu.
  5. Selanjutnya, tambahkan tahu, saus tiram, gula dan pasir. Aduk hingga merata.
  6. Masukkan air secukupnya, aduk rata hingga semua bahan matang.
  7. Cek rasa, jika ada yang kurang lakukan koreksi rasa hingga benar-benar pas.
  8. Tumis brokoli dengan tahu dan saus tiram sudah siap disajikan.

 

Sahabat Sehat bisa menikmati menu tumis brokoli tahu dengan bumbu saus tiram ini bersama keluarga. Menu ini bisa menjadi menu utama maupun pendamping yang tepat untuk hidangan harian yang lebih sehat.

Selain itu, brokoli juga dapat dimasak dengan cepat dan mudah, menu ini juga sehat dan cocok untuk dikonsumsi segala usia. Agar lebih terjamin kandungan gizinya, Sahabat Sehat bisa membeli brokoli organik dari sesa.id. Selain dijamin sehat, Anda juga akan mendapatkan harga spesial.

Sumber: Selerasa