Home » Blog » 5 Manfaat Jus Brokoli, Minuman Kaya Nutrisi yang Menyehatkan

5 Manfaat Jus Brokoli, Minuman Kaya Nutrisi yang Menyehatkan

manfaat jus brokoli

Salah satu minuman sehat yang juga lezat untuk dikonsumsi adalah jus brokoli. Sahabat Sehat tidak perlu khawatir akan kesehatan bila rutin mengonsumsi jus brokoli. Pasalnya, ada banyak sekali manfaat jus brokoli yang bisa didapatkan.

Sudah bukan rahasia lagi jika brokoli mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Brokoli sendiri dapat diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari sup, tumisan, bakwan, hingga ayam brokoli saus keju. Selain itu, Sahabat Sehat juga bisa mengolahnya menjadi minuman kaya nutrisi, seperti jus brokoli.

 

Daftar Manfaat Jus Sayur Brokoli

Jus brokoli mengandung banyak sekali nutrisi, seperti zat besi, kalsium, serat, vitamin A, vitamin D, vitamin B, vitamin C, vitamin K, mineral, dan antioksidan. Hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bisa dipenuhi oleh jus brokoli. Lantas, apa saja manfaat jus brokoli yang bisa Sahabat Sehat dapatkan? Simak daftarnya dibawah ini:

  • Menjaga Metabolisme Tubuh

Kandungan vitamin C dan kalsium pada jus brokoli sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh, khususnya metabolisme. Dengan mengonsumsi jus brokoli secara rutin, Sahabat Sehat bisa meminimalisir berbagai penyakit pencernaan. Selain itu, jus brokoli juga kaya akan serat yang baik untuk program diet.

  • Detoksifikasi Tubuh

Selanjutnya, jus brokoli memiliki manfaat untuk detoksifikasi tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada jus brokoli mampu menghilangkan racun lewat pencernaan secara keseluruhan. Selain itu, konsumsi brokoli secara rutin juga dapat meningkatkan fungsi organ dan sistem tubuh.

  • Menangkal Radikal Bebas

Manfaat jus brokoli bagi tubuh selanjutnya adalah menangkal radikal bebas. Sahabat Sehat pasti tahu bahwa radikal bebas sangat membahayakan dan mampu menjadi penyebab utama berbagai penyakit kronis.

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada brokoli akan menangkal radikal bebas agar tidak masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya itu, jus brokoli juga mampu meningkatkan imunitas tubuh dan meredakan gejala flu yang dialami.

  • Mengatasi Anemia

Anemia atau penyakit kurang darah disebabkan oleh kurangnya hemoglobin dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jus brokoli secara rutin, pembentukan hemoglobin akan berjalan dengan lancar. Pasalnya, jus brokoli mengandung zat besi yang baik dikonsumsi penderita anemia.

  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

Seiring bertambahnya usia, Sahabat Sehat pasti akan menemui beragam masalah kesehatan, khususnya pada tulang dan sendi. Maka dari itu, Sahabat Sehat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi jus brokoli sejak dini.

Jus brokoli mampu memelihara kesehatan tulang berkat kandungan kalium di dalamnya. Tak hanya itu, jus brokoli juga dapat meminimalisir resiko peradangan sendi lantaran keberadaan antiviral, sulforaphane, anti karsinogen, dan antibakteri. Selain itu, konsumsi jus brokoli dengan rutin juga dapat mencegah penyakit osteoporosis. 

 

Tips Membuat Jus Brokoli

Dalam membuat jus brokoli, Sahabat Sehat tidak boleh asal-asalan agar manfaat yang didapat lebih maksimal. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membuat jus brokoli:

  1. Pilih brokoli yang segar, hal ini dikarenakan kandungan nutrisi brokoli yang lagu sudah berkurang
  2. Cuci brokoli sampai bersih sebelum membuat jus, karena brokoli yang belum dicuci bisa mengandung banyak bakteri, jamur, dan kuman penyakit
  3. Pastikan kebersihan tangan dan blender, untuk menjamin kehigienisan jus brokoli nantinya
  4. Buang bagian brokoli yang sudah rusak, untuk menghindari hama dan kotoran
  5. Jangan gunakan bahan pemanis tambahan, agar jus brokoli mampu memberikan manfaat secara optimal dan tetap rendah kalori 

Dengan menerapkan 5 tips di atas, pasti manfaat jus brokoli bisa didapat secara keseluruhan. Apalagi, bila Sahabat Sehat menggunakan brokoli organik dari Sesa sebagai bahan dasar pembuatannya. Selain sehat, rasa jus yang lezat juga bisa didapatkan.

Referensi : Dream, Hellosehat