Home » Blog » 6 Kelebihan dan Kekurangan Wajan Ceramic, Alat Dapur ‘Kekinian’

6 Kelebihan dan Kekurangan Wajan Ceramic, Alat Dapur ‘Kekinian’

wajan ceramic

Teknik memasak baik tidak lepas dari peran peralatan dapur. Begitu pentingnya hingga mampu memberikan dampak pada hasil masakan hingga kesehatan keluarga. Bagaimana bisa? Sebab, wajan menjadi peralatan dapur yang riskan, alat satu ini sering digunakan untuk menggoreng dan menumis. Sedangkan masakan favorit orang Indonesia adalah gorengan dan masakan yang ditumis karena cita rasa yang kaya saat dimakan.

Pernyataan tersebut menjadi relevan dengan seringnya penggunaan wajan. Hingga banyak industri berlomba-lomba untuk menghadirkan varian terbaru dari wajan untuk pengalaman memasak yang lebih efisien.

Wajan berjenis telfon menjadi varian yang tengah diperbincangkan karena fiturnya yang anti lengket, tahan lama dan mudah dibersihkan. Dalam penggunaan jangka waktu lama, nyatanya material berbahan kimia PTFE ini mengelupas dan bercampur dengan masakan, dampaknya membahayakan tubuh bila termakan.

Sejak kejadian tersebut, para pakar memutar otak untuk menemukan material yang tepat dijadikan bahan pelapis peralatan dapur tanpa menimbulkan efek samping dalam jangka waktu lama. 

Kabar baiknya, kini telah ditemukan material yang aman dengan spesifikasi serupa dengan teflon, yakni wajan berbahan dasar ceramic atau keramik. 

Apa Itu Wajan Ceramic?

Wajan jenis ini dibuat dari tanah liat yang melalui proses pembakaran, sehingga sangat aman digunakan karena tidak mengandung zat kimia terurai bersama masakan. Saat ini wajan ceramic menjadi incaran Sahabat sehat yang sadar pentingnya kesehatan lewat peralatan dapur.

Kelebihan Wajan Keramic

Kelebihan berikut ini menjadi alasan mengapa wajan berbahan ceramic pantas jadi primadona dan patut dimiliki.

1. Menyerap Panas Dengan Baik

Bahan dasar tanah liat mampu menyerap panas dengan baik karena konduktivitas panas dihatarkan secara rata. Dengan begitu masakan lebih cepat matang dan tidak mudah hangus. 

2. Mudah Dibersihkan

Peralatan dapur apapun yang berbahan dasar keramik akan lebih mudah dibersihkan karena permukaan halus dan licin. Bagi Sahabat sehat yang suka memasak tapi enggan memiliki banyak waktu untuk mencuci peralatan dapur, wajan ceramic bisa jadi solusi. Bahkan, Sahabat sehat bisa membersihkan hanya menggunakan spons cuci dengan lembut. 

3. Tampilan Menarik

Wanita sangat suka dengan barang yang menarik dan indah, sama halnya dengan wajan ceramic. Desainnya yang elegan dengan warna yang beragam patut dikoleksi untuk aktivitas memasak lebih menyenangkan. Di dapur seharian? siapa takut..

Apakah Ada Kekurangannya?

Tidak ada yang sempurna termasuk pada barang sekalipun, kelebihan yang ditawarkan wajan ceramic nyatanya masih memiliki sedikit kekurangan. Namun, kekurangan tersebut masih bisa dikondisikan.

1. Massa Lebih Berat

Dibandingkan dengan jenis wajan lainnya, ceramic sedikit lebih berat karena bahan dasarnya. Kekurangan tersebut bisa saja menjadi sedikit tidak nyaman ketika digunakan memasak dalam porsi besar. 

2. Harga Relatif Mahal

Harga menentukan kualitas, spesifikasi dan keamanan yang diberikan patut dihargai lebih. Sahabat sehat bisa menekan jumlah pengeluaran dengan mencari informasi merk dengan harga miring tetapi kualitas tetap baik. 

3. Mudah Tergores

Berbeda dengan telfon yang bila tergores akan mengikis zat kimia pelapis yang berbahaya, wajan ceramic hanya akan menimbulkan kerusakan pada wajan dalam jangka waktu lama. Pastikan spatula yang sahabat sehat gunakan berbahan kayu. 

Itulah fakta dibalik wajan ceramic yang ‘kekinian’ dan menjadi idaman para ibu muda. Kini, sahabat sehat bisa mendapatkan akses mudah dan aman untuk menemukan wajan ceramic impian! kunjungi di sini dan dapatkan promo menarik khusus hari ini!