Home » Blog » Mengenal Apa Itu Sabun Organik dan Sederet Manfaatnya

Mengenal Apa Itu Sabun Organik dan Sederet Manfaatnya

apa itu sabun organik

Saat seseorang membersihkan diri, rasanya kurang lengkap kalau tidak menggunakan sabun. Selain mampu mengangkat kotoran, sabun juga mengandung wewangian yang aromanya beragam. Mulai dari harum lembut, menyegarkan, maskulin, dan sebagainya. Tapi kini hadir jenis sabun baru yang mulai banyak diminati, yaitu sabun organik. Apa itu sabun organik?

Sabun organik berbeda dengan sabun biasa. Sabun ini ramah lingkungan karena tidak mengandung bahan kimia. Seluruh bahan-bahan di dalamnya berasal dari tumbuhan atau hewan, seperti susu kambing, minyak kelapa, minyak zaitun, dan lainnya. Ternyata, bahan alami tidak hanya menjaga lingkungan saja, tetapi juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Berdasarkan penjelasan singkat di atas tentang apa itu sabun organik, mungkin saat ini waktunya mempertimbangkan untuk beralih menggunakan jenis sabun tersebut. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan, yaitu:

Cocok Untuk Kulit Sensitif

Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif perlu berhati-hati dalam memilih produk. Tidak semua sabun di pasaran cocok dengan kondisi kulit yang peka dan mudah bereaksi. Namun, berbeda dengan sabun organik yang mengandung bahan-bahan alami. Tanpa adanya bahan kimia, kulit aman dan tetap terjaga.

Apabila tingkat sensitivitas kulit cukup tinggi, sebaiknya tetap memperhatikan kandungan pada sabun organik. Sebab, jika kondisi sensitifnya sudah parah, bisa saja bereaksi saat terpapar oleh zat tertentu meskipun itu organik. Hal ini guna memastikan kulit tetap terasa nyaman setelah memakai sabun.

Mampu Mengobati Jerawat Punggung

Ada satu masalah kulit yang cukup mengganggu bahkan dapat menurunkan rasa percaya diri, yaitu jerawat punggung. Kalau jerawat ini muncul di wajah, mungkin lebih mudah mengobatinya. Lantas, bagaimana kalau ada di punggung? Maka, menggunakan sabun organik untuk mandi adalah jawabannya.

Bahan-bahan alami dalam sabun ini mampu mengatasi permasalahan tersebut. Selain untuk jerawat punggung, sabun organik juga efektif mengobati problem kulit lainnya, seperti psoriasis, panu, kurap, atau pun kadas.

Dapat Menjadi Anti-Aging

Apa itu sabun organik? Memang bisa jadi anti-aging?” Mungkin pertanyaan sejenis ini yang akan diterima kalau seseorang belum tahu bahwa sabun organik mampu mencegah penuaan. Jika dibandingkan dengan sabun biasa berbahan kimia, kandungan antioksidan yang berasal dari tumbuhan jumlahnya lebih tinggi.

Antioksidan sangat dibutuhkan seseorang, terutama jika banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Paparan radikal bebas dan polusi bisa ditangani oleh antioksidan pada sabun organik. Selain itu, antioksidan juga bisa berfungsi untuk memperbaiki jaringan-jaringan kulit yang rusak.

Mencegah Kulit Menjadi Kering

Satu lagi manfaat yang bisa didapat dari sabun organik adalah menjaga kelembutan kulit. Tak jarang seseorang mendapati kulitnya menjadi kering setelah mandi atau mencuci tangan. Hal ini tidak akan dialami apabila menggunakan sabun organik karena kandungannya yang alami.

Itulah sebabnya juga mengapa sabun organik tidak menghasilkan banyak busa serta aromanya tidak menyengat. Dalam sabun organik tidak terdapat zat untuk memproduksi busa yang sebenarnya dapat mengganggu keseimbangan kelembapan kulit. Oleh sebab itu, beberapa sabun organik juga dapat digunakan untuk balita dan anak-anak.

 

Itulah manfaat-manfaat yang bisa dirasakan dari sabun organik. Namun, perlu berhati-hati, saat ini ada banyak produk yang mengklaim dirinya organik. Padahal kalau dicek lebih detail masih mengandung bahan-bahan kimia, bahkan yang berbahaya. Jadi, pahami apa itu sabun organik dengan benar sebelum membeli produknya.

Untuk mendapatkan sabun organik yang terpercaya dan berkualitas, kamu bisa membelinya di sini. Sabunnya bisa digunakan untuk tubuh dan wajah sehingga perawatan menjadi lengkap hanya dengan satu produk saja.

 

Referensi: health.detik.com

Gambar dari Dr. Bronner Indonesia